Share Like
Simpan

Sesaat lagi masa cuti Ibu pasca melahirkan akan berakhir. Itu artinya, Ibu harus kembali ke rutinitas kantor dan tak lagi bisa bersama si Kecil setiap saat. Sebagai seorang Ibu, rasa sedih tentu ada. Saya juga mengalaminya dulu, beberapa hari jelang minggu pertama kembali ke kantor setelah melahirkan. Saya begitu takut bayi sehat saya tidak bisa tumbuh dengan optimal karena kebutuhan nutrisinya kurang terpenuhi ketika saya mulai bekerja nanti.

Supaya tak terus-menerus khawatir, akhirnya saya melakukan konsultasi kesehatan anak langsung dengan dokter saya. Dari konsultasi ini, perlahan kekhawatiran saya pun mereda setelah tahu bahwa kecukupan nutrisi bagi si Kecil tetap bisa saya berikan lewat program ASI eksklusif. Sebab ASI memiliki kandungan nutrisi yang siap memenuhi kebutuhan gizi si Kecil di masa-masa awal kehidupannya. Berikut beberapa kandungan nutrisi pada ASI dan manfaatnya dalam membantu si Kecil tumbuh optimal:

  • Karbohidrat

Seperti halnya kita, si Kecil juga membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi sekaligus untuk memaksimalkan fungsi organnya, Bu. Namun, di tahap awal kehidupannya, ia hanya bisa mencerna karbohidrat dalam bentuk sederhana yang dikenal dengan istilah Laktosa. Zat ini bisa ditemukan pada ASI. Itulah sebabnya, ASI penting diberikan kepada si Kecil di enam bulan hingga dua tahun pertama kehidupannya agar tumbuh kembangnya optimal.

  • Protein

Di samping karbohidrat, si Kecil juga membutuhkan Protein, Bu. Lagi-lagi, ASI menjadi sarana terbaik yang bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan ini demi pertumbuhan si Kecil. Protein tinggi yang terkandung dalam ASI akan membangun, memelihara, dan memperbaiki jaringan baru, termasuk jaringan kulit, mata, otot, hati, paru-paru, otak, serta organ penting lainnya.

Tak hanya itu, protein juga berperan dalam proses produksi enzim, hormon, dan antibodi. Saat si Kecil memasuki usia 6 bulan ke atas, Ibu juga dapat menambah makanan MPASI yang terbuat dari daging, telur, dan sereal ke dalam menu bayi sehat agar asupan si Kecil lebih variatif dan ia tak mudah bosan dengan makanannya.

  • Lemak

Ibu tentu setuju ya bahwa selain fisik, otak si Kecil juga harus berkembang dengan baik. Memiliki kandungan asam lemak, ASI bisa membantu Ibu memaksimalkan perkembangan otak si Kecil. Sebab, sejak dua minggu pasca melahirkan,

  • Vitamin D

Untuk memperkuat tulang-tulangnya, si Kecil membutuhkan asupan Vitamin D yang cukup. Kabar baiknya, ASI bisa membantu Ibu mewujudkan tulang si Kecil sehat karena kandungan Vitamin D-nya mencapai 12 persen dari total yang diperlukan. A

 Nah, kini Ibu sudah semakin tahu kan bahwa pemberian ASI sangat penting agar bayi sehat dan tumbuh kembangnya optimal. Oleh sebab itu, tetaplah bersemangat memberikan ASI untuk si Kecil ya, Bu. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter jika Ibu mengalami kendala seperti ASI tidak mau keluar atau jumlah ASI yang keluar terlalu sedikit.