Whatsapp Share Like Simpan

Memasuki usia untuk memulai MPASI, bayi sudah boleh mengonsumsi makanan padat pertamanya atau MPASI karena sistem pencernaannya sudah cukup siap. Supaya bayi selalu memperoleh manfaat dari MPASI yang ia lahap, Ibu sebaiknya memilih bahan makan berupa buah atau sayur yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh, seperti apel. Buah yang satu ini sangat cocok dijadikan makanan bayi 6 bulan karena memiliki berbagai manfaat. Berikut sederet manfaat apel untuk anak:

1. Melancarkan Pencernaan

Jika bayi sering mengalami konstipasi alias susah buang air besar, Ibu bisa menjadikan apel sebagai menu MPASI bayi. Ini karena kandungan serat di dalam buah apel sangat baik dalam meringankan kerja usus dan melancarkan pencernaan. Pilihlah apel yang memiliki rasa manis dan pastikan daging buahnya dalam keadaan segar serta tidak memiliki memar pada bagian kulitnya.

Agar bayi lebih mudah menikmati makanan bayinya dan mendapatkan manfaat apel untuk anak, kupas apel dan kukuslah hingga melunak kemudian hancurkan. Meski secara umum buah ini tidak memiliki kandungan berbahaya, tak ada salahnya Ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan makanan bayi dari apel kepada bayi.

2. Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang lebih sering ditemukan pada bayi dibanding orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi usus besar yang membuat feses menjadi sangat encer dan berlendir. Alih-alih memberikan obat untuk mengobati disentri, lebih baik pakailah buah apel sebagai pengobatan pertama. 

Pilihlah apel yang manis dan matang kemudian kukus hingga lunak. Jadikan apel kukus ini sebagai makanan bayi yang diberikan beberapa kali dalam sehari. Penggunaan apel sebagai makanan bayi 6 bulan yang dapat mengobati disentri telah dianjurkan oleh American Medical Association, tapi pastikan bayi tetap mendapatkan perawatan medis saat terkena penyakit semacam ini, ya.

Artikel Sejenis

3. Meredakan Batuk

Manfaat apel untuk anak berikutnya adalah dapat membantu meredakan batuk. Batuk memang tidak terlalu membahayakan, tapi bayi yang mengalami penyakit ini akan kesulitan beristirahat di malam hari sehingga kesehatannya bisa terganggu. 

Untuk meredakan batuk, rebuslah buah apel yang manis dan ambil sarinya untuk diberikan pada bayi. Bisa juga dengan membuat jus apel yang kemudian disaring untuk mendapatkan airnya. Sajikan dingin agar lebih nikmat ya, Bu.

4. Menyehatkan Tubuh

Terakhir, apel adalah jenis buah yang sangat baik untuk menyehatkan tubuh. Ini karena buah apel mengandung banyak jenis vitamin dan mineral. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, potassium, magnesium, dan fosfor. Keenam kandungan tersebut memiliki beragam manfaat yang baik untuk dikonsumsi bayi.

Ibu juga bisa mengolah apel dengan cara lain sesuai kreativitas, misalnya dengan dipanggang hingga lunak, dibuat jus, diolah menjadi es atau kue, atau dijadikan puree agar bayi bisa mendapatkan manfaatnya sekaligus menikmati rasanya. Boleh juga mencampurkan apel dengan buah atau sumber makanan lainnya. Untuk hasil lebih optimal, gunakanlah apel organik yang jauh lebih sehat karena bebas pestisida ya, Bu.

Kandungan Apel & Manfaatnya untuk Bayi

Buah apel juga sangat baik untuk kesehatan bayi berkat berbagai kandungan yang dimilikinya. Inilah kandungan apel beserta manfaatnya untuk bayi:

  • Vitamin A. Selain wortel, vitamin A juga terkandung di buah apel. Ibu pasti sudah tahu kan manfaat dari vitamin A? Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang, serta membantu memperkuat sistem imun.
  • Vitamin C. Beberapa manfaat Vitamin C untuk bayi antara lain untuk menurunkan risiko serangan jantung, mencegah penuaan dini, meningkatkan mood, mencegah penyakit, melawan sel kanker, serta memperbaiki jaringan sel kulit.
  • Vitamin E. Vitamin E yang terkandung di dalam apel berperan sebagai antioksidan, menyehatkan mata, menjaga keseimbangan hormon, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Potassium. Beberapa manfaat Potassium bagi bayi yaitu mencegah penyakit stroke dan jantung, menjaga kesehatan tulang, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, dan mengoptimalkan kerja fungsi saraf.
  • Magnesium. Magnesium merupakan jenis mineral yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala, meningkatkan kebugaran tubuh, menjaga kesehatan jantung, serta membantu mengatasi stres.
  • Fosfor. Selain baik untuk kesehatan tulang, fosfor juga memiliki banyak manfaat lainnya. Antara lain menjaga keseimbangan asam-basa tubuh, pembentukan DNA, membantu kerja ginjal, serta baik untuk fungsi otot dan saraf.

Ternyata banyak ya manfaat apel untuk anak, Bu. Jadi Ibu jangan ragu menjadikan apel sebagai makanan bayi 6 bulan ke atas. Pilihlah apel yang manis serta segar, kupas kulitnya sebelum diberikan pada bayi dan pastikan Ibu telah berkonsultasi dengan tenaga medis sebelum mencampurkan buah lezat ini pada makanan bayi.

Ibu punya pertanyaan seputar tumbuh kembang bayi? Jangan ragu untuk melakukan konsultasi anak pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!