Share Like
Simpan

Sudah berapa bulan usia si Kecil sekarang? Memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah boleh mengonsumsi makanan bayi dalam bentuk padat karena sistem pencernaannya sudah cukup siap. Agar ia selalu mendapat manfaat dari makanan bayi yang dilahapnya, pilihlah sayur atau buah yang memiliki kandungan penting untuk tubuh, seperti apel.

Buah yang satu ini sangat cocok dijadikan makanan bayi karena memiliki berbagai manfaat seperti berikut:

1. Mengurangi sakit perut

Jika si Kecil sering mengalami konstipasi alias susah buang air besar, Ibu bisa menjadikan apel sebagai makanan bayi karena kandungan serat di dalamnya sangat baik dalam meringankan kerja usus dan melancarkan pencernaan. Pilihlah apel yang memiliki rasa manis dan pastikan daging buahnya dalam keadaan segar serta tidak memiliki memar pada bagian kulitnya.

Agar si Kecil lebih mudah menikmati makanan bayinya, kupas apel dan rebuslah hingga melunak kemudian hancurkan. Meski secara umum buah ini tidak memiliki kandungan berbahaya, tak ada salahnya Ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan makanan bayi dari apel kepada si Kecil.

2. Mengobati disentri

Disentri merupakan penyakit yang lebih sering ditemukan pada bayi dibanding orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi usus besar yang membuat feses menjadi sangat encer dan berlendir. Untuk membantu mengobati disentri, Ibu boleh memilih buah apel yang manis dan matang kemudian kukus hingga lunak. Jadikan apel kukus ini sebagai makanan bayi yang diberikan beberapa kali dalam sehari.

Penggunaan apel sebagai makanan bayi yang dapat mengobati disentri telah dianjurkan oleh American Medical Association, namun pastikan si Kecil tetap mendapatkan perawatan medis saat terkena penyakit semacam ini, ya.

3. Meredakan batuk

Batuk memang tidak terlalu membahayakan, namun bayi yang mengalami penyakit ini akan kesulitan beristirahat di malam hari sehingga kesehatannya bisa terganggu. Untuk meredakan batuk, rebuslah buah apel yang manis dan ambil sarinya untuk diberikan pada si Kecil.

Ibu juga bisa mengolah apel dengan cara lain sesuai kreativitas, misalnya dengan dipanggang hingga lunak atau dijadikan puree agar si Kecil bisa mendapatkan manfaatnya sekaligus menikmati rasanya . Untuk hasil lebih optimal, gunakan apel organik yang jauh lebih sehat karena bebas pestisida.

Ternyata banyak ya manfaat apel, jadi Ibu jangan ragu menjadikan apel sebagai makanan bayi untuk si Kecil yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Pilihlah apel yang manis serta segar, kupas kulitnya sebelum diberikan pada si Kecil dan pastikan Ibu telah berkonsultasi dengan tenaga medis sebelum mencampurkan buah lezat ini pada makanan si Kecil.