Whatsapp Share Like Simpan

Apa itu nutrisi? Nutrisi merupakan sejumlah zat gizi yang berasal dari bahan pangan atau makanan yang tersedia di alam. Nutrisi sangat penting untuk membangun sel-sel dan jaringan tubuh, mendukung fungsi organ tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas dan dari berbagai jenis penyakit. Jika berbicara mengenai apa itu nutrisi, maka perlu Ibu ketahui pula mengenai pentingnya zat gizi tersebut untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Sebab, hingga saat ini masih banyak permasalahan seputar nutrisi yang dialami oleh anak-anak Indonesia. Sebelum memahami mengenai apa itu nutrisi, penting bagi Ibu untuk mengetahui tentang malnutrisi pada anak supaya bisa dicegah sedini mungkin. Dilansir dari laman resmi who.int, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa malnutrisi adalah kondisi ketika terjadinya ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh, entah itu kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi yang dialami seseorang. Kondisi kekurangan gizi ini meliputi stunting, berat badan kurang, dan sangat kurus. Sementara, kelebihan nutrisi meliputi berat badan berlebih hingga menyebabkan obesitas. Tahukah Ibu bahwa kondisi malnutrisi bisa menyerang siapapun, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Namun, sebagian besar kasus malnutrisi dialami oleh anak-anak yang berusia di bawah empat tahun. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Ibu memiliki peran yang besar untuk mulai memahami konsep apa itu nutrisi, apa saja jenisnya, dan apa manfaatnya untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Apa Saja Jenis Nutrisi untuk Anak?

Untuk memahami konsep apa itu nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang anak, perlu pemahaman lain mengenai apa saja jenis nutrisi yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil. Sebab, nutrisi memiliki beragam jenis dengan manfaatnya masing-masing. Pada dasarnya, nutrisi dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu makronutrien (nutrisi makro) dan mikronutrien (nutrisi mikro). Apa itu nutrisi makro? Makronutrien (nutrisi makro) merupakan komponen nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar, seperti protein dan karbohidrat. Lalu, apa itu nutrisi mikro? Nah, mikronutrien (nutrisi mikro) merupakan komponen nutrisi yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, seperti vitamin dan mineral. Meskipun begitu, makronutrien dan mikronutrien sama-sama penting dan harus dipenuhi secara seimbang. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai masing-masing jenis nutrisi agar Ibu lebih memahami konsep apa itu nutrisi dan manfaatnya untuk anak.

Apa itu Nutrisi Protein?

Ibu pasti sering mendengar istilah nutrisi satu ini. Namun, sebenarnya, apa itu nutrisi protein? Mengapa kehadirannya sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil? Jadi, protein merupakan bagian dari semua sel hidup dan bagian terbesar tubuh sesudah air. Protein memiliki fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. 

Protein yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi asam amino. Asam amino ini ada beberapa jenis, namun asam amino esensial atau disebut juga 9AAE merupakan jenis yang paling penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan bantuan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. 

Dalam memahami apa itu nutrisi protein, Ibu perlu tahu juga bahwa protein terbagi ke dalam dua sumber, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Sementara, asupan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus dipenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Bagaimana jika kekurangan satu jenis asam amino esensial (9AAE)? Maka, kemungkinan besar akan mengurangi fungsi optimal tubuh dan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan. 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi dalam tubuh. Oleh karena itu, 9 asam amino esensial (9AAE) merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung potensi optimal tumbuh kembang si Kecil. 

Artikel Sejenis

Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

Apa itu Nutrisi Karbohidrat?

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang berfungsi sebagai penghasil energi dalam tubuh. Nutrisi ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Apa itu nutrisi karbohidrat kompleks? Jenis karbohidrat yang memerlukan waktu lebih lama untuk diproses dalam tubuh dibandingkan karbohidrat sederhana. Namun, karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang dapat memberikan energi secara konsisten tanpa membuat tubuh mendapat asupan kalori berlebih secara tiba-tiba. Beberapa sumber karbohidrat sederhana, di antaranya nasi putih, roti putih, kue kering, dan lainnya. Sedangkan, sumber karbohidrat kompleks mengandung serat yang tinggi, seperti nasi merah, kacang, gandum, pisang, dan lain-lain. Seperti yang Ibu ketahui, karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh, sehingga kehadirannya dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa pertumbuhan. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian si Kecil sesuai batas normal, supaya tidak menimbulkan penumpukan lemak dalam tubuh. 

Apa itu Nutrisi Lemak?

Lemak termasuk ke dalam mikronutrien (nutrisi makro) yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak semua jenis lemak jahat lho, Bu, ada pula lemak baik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti asam lemak omega 3 yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, ada beberapa fungsi lemak lainnya yang tak kalah penting, di antaranya untuk membantu penyerapan vitamin A, D, dan E, sebagai sumber energi, membantu menyehatkan kulit dan rambut, serta membantu melindungi organ tubuh. 

Apa itu Nutrisi Vitamin?

Ibu pasti sering melihat anjuran kepada anak-anak untuk mengonsumsi vitamin harian dalam masa pertumbuhannya. Sebenarnya, apa itu nutrisi vitamin? Vitamin merupakan nutrisi tambahan yang masuk ke dalam jenis mikronutrien (nutrisi mikro) yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja organ tubuh. Tubuh manusia membutuhkan nutrisi ini karena ada beberapa jenis vitamin yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memerlukan bantuan dari sumber vitamin berkualitas. Vitamin juga terbagi ke dalam berbagai jenis, seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Setiap jenis vitamin memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Meskipun penting, namun Ibu tetap harus menyeimbangkan asupan vitamin sesuai dengan batas normal. 

Apa itu Nutrisi Mineral?

Sama seperti vitamin, mineral termasuk ke dalam mikronutrien (nutrisi mikro) yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Meskipun begitu, kebutuhan mineral tetap harus dipenuhi dengan seimbang dan sesuai batas normal. Sebab, kekurangan mineral tertentu dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh. Mineral juga terbagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya kalsium, kalium, zat besi, zinc, fosfor, yodium, selenium, magnesium, natrium, klorida, tembaga, mangan, flouride, sulfur, dan lainnya. Fungsi dan manfaat mineral sangat beragam tergantung dari jenisnya, seperti membantu meningkatkan sistem imun, sistem darah, kesehatan tulang dan gigi, hingga perlindungan sel-sel dalam tubuh. 

Nah, bagaimana Bu? Sudah paham apa itu nutrisi dan manfaat dari setiap jenisnya, kan? Seperti yang telah disebutkan, nutrisi 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) ini bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ yang diperkaya juga dengan 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ diformulasikan khusus anak usia 1-3 tahun dengan tiga varian rasa, yaitu vanilla, madu, dan cokelat yang pasti disukai si Kecil.