Share Like
Simpan

Hewan apa yang Ibu pelihara saat ini? Kalau saya sih dari dulu suka sekali memelihara kucing. Selain sebagai hobi, memelihara hewan ternyata juga banyak manfaat positifnya, lho.

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Personality and Social Psychology, orang yang memelihara hewan akan merasa lebih percaya diri dan tidak kesepian, dibandingkan dengan orang tidak memiliki hewan peliharaan.

Namun, ada satu kekhawatiran saya waktu hamil dulu. Sebenarnya, amankah bila kita tetap “akrab” dengan hewan peliharaan saat sedang hamil? Berbicara tentang hal tersebut, saya jadi mau sharing pengalaman, nih.

Jadi, saya memelihara seekor kucing jenis anggora sejak sebelum hamil si Kecil dulu. Setelah positif hamil, banyak kerabat yang mengingatkan saya akan bahaya memelihara hewan di saat sedang hamil. Salah satunya adalah penyakit toksoplasma.

Secara ilmiah, toksoplasma  gondii merupakan parasit yang menumpang hidup pada hewan-hewan seperti kucing, anjing, kelinci, dan kambing. Parasit ini bisa ditemukan pada kotoran hewan-hewan tersebut.

Setelah berbincang dengan dokter, saya mendapat informasi bahwa penyakit ini cukup berbahaya untuk Ibu hamil seperti saya. Akibat terburuknya bisa berupa bayi lahir cacat atau keguguran. Akan tetapi, dokter juga memberi pengertian, kalau tidak semua kucing atau hewan peliharaan lain adalah penyebab gangguan kesehatan Ibu hamil. Sehingga, jangan langsung merasa takut ya, Bu.

Nah, supaya lebih aman, alangkah baiknya jika Ibu menjaga kesehatan hewan peliharaan yang Ibu miliki dengan cara berikut ini:

  1. Hindari bersentuhan wajah secara langsung dengan hewan peliharaan. Misalnya, mencium hewan kesayangan Ibu atau tidur bersama. Sebaiknya, jangan dilakukan dulu selama hamil ya, Bu.
  2. Sebisa mungkin, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap hewan peliharaan Ibu secara berkala. Pemeriksaan ini berfungsi agar hewan peliharan lebih aman di sekitar Ibu terutama saat hamil.
  3. Hindari pemberian makan daging mentah pada anjing atau kucing. Hal ini bisa menyebabkan risiko infeksi oleh parasit bertambah.
  4. Saat hamil, hindari memandikan hewan kesayangan Ibu di kamar mandi yang sama. Ibu bisa memandikannya di luar rumah dulu, ya.
  5. Biasakan cuci tangan dengan sabun antiseptik usai bermain dengan hewan peliharaan.

Ternyata banyak juga hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan kita, ya. Pastinya, hal tersebut bermanfaat agar Ibu dan janin terhindarkan dari berbagai macam penyakit.

Selain kesehatan hewan peliharaan, tentu kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan juga harus diperhatikan. Salah satu caranya dengan memenuhi asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. Waktu hamil dulu, saya memilih susu Frisian Flag Mama yang diperkaya dengan kandungan ALA/AA, Serat Inulin, Kolin, serta 28 Vitamin dan Mineral lainnya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi harian Ibu dan janin bisa terus terpenuhi dengan baik. Semoga persalinan nanti berjalan dengan lancar ya, Bu!