Hai, Bu! Sudah berapa minggu usia kandungan saat ini? Di trimester pertama, apakah ada tanda hamil kembar yang Ibu rasakan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh?.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Saat mengandung janin kembar, tanda kehamilan yang dirasakan juga akan berbeda, mulai dari lebih besarnya ukuran perut hingga mual yang jauh lebih parah. Untuk mengetahui apa saja tanda hamil kembar, yuk simak informasi berikut ini.

Tanda Hamil Kembar

Tidak semua wanita mendapat kesempatan untuk menjalani kehamilan kembar. Ibu patut bangga jika termasuk salah satu diantaranya. Sebab, cukup banyak Ibu yang berusaha mengikuti program hamil kembar.

Berbagai cara hamil bayi kembar terkadang dilakukan agar bisa mendapatkan dua buah hati sekaligus. Kelahiran kembar bisa memiliki jenis kelamin yang berbeda, tetapi bisa juga sama. Namun, bayi kembar dengan perbedaan jenis kelamin atau kembar non identik lebih umum terjadi.

Peluang pasangan suami-istri untuk memiliki anak kembar sebenarnya bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah faktor genetik. Lantas, apakah ada tanda hamil kembar yang bisa menjadi patokan? Simak uraiannya berikut ini, ya Bu.

Artikel Sejenis

  1. Mual dan Muntah yang Parah

    Jika Ibu mengalami tanda hamil kembar berupa mual dan muntah yang cukup parah, bisa jadi karena adanya perubahan hormonal yang lebih signifikan. Dengan pertumbuhan janin kembar, secara otomatis produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat 2 kali lipat dan menyebabkan tanda-tanda kehamilan yang jauh lebih intens dibanding wanita mengandung pada umumnya.

    Mual dan muntah yang parah ini juga dipengaruhi oleh peningkatan Human chorionic gonadotropin atau hCG adalah jenis hormon yang diproduksi oleh plasenta selama proses kehamilan. Meningkatnya produksi hormon hCG bisa menjadi salah satu tanda hamil kembar menurut medis.

    Normalnya, hormon hCG memang akan meningkat pada saat kehamilan. Namun, pada tanda hamil kembar, hormon hCG akan sangat meningkat. Kadar hCG yang tinggi dapat menyebabkan mual hebat hingga muntah pada ibu hamil. Meski demikian, peningkatan hormon ini tidak selalu menjadi tanda hamil kembar. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh produksi hormon yang bervariasi pada setiap wanita dan bisa meningkat karena faktor lainnya.

  2. Susah Bernapas

    Susah bernapas bukan merupakan tanda kehamilan yang umum dialami wanita dengan janin tunggal, namun hal ini biasa terjadi pada Ibu dengan 2 janin. Tingginya hormon progesteron pada saat mengandung janin kembar menyebabkan perubahan cara penyerapan oksigen dalam tubuh yang membuat Ibu harus beradaptasi sehingga menjadi lebih sensitif terhadap karbon dioksida yang dikeluarkan saat bernapas.

  3. Perut Lebih Besar

    Saat usia kandungan baru berjalan beberapa minggu, biasanya ukuran perut Ibu belum berubah terlalu drastis. Namun lain halnya jika Ibu mengandung janin kembar. Di trimester pertama, Ibu bisa mengalami peningkatan berat badan cukup drastis disertai dengan membesarnya ukuran perut melebihi wanita hamil pada umumnya.

    Tanda hamil kembar juga bisa tandai dengan kenaikan berat badan secara drastis. Jika sejak awal kehamilan kenaikan berat badan Ibu cukup drastis, maka kemungkinan besar itu merupakan tanda hamil kembar.

    Perbedaan berat badan antara hamil bayi kembar dengan hamil normal dapat mencapai 4,5 kilogram di usia kehamilan yang sama. Ukuran rahim serta volume darah yang meningkat lebih banyak daripada hamil satu bayi pun merupakan penyebab peningkatan berat badan pada hamil kembar.

  4. Lebih Mudah Lelah

    Kelelahan merupakan salah satu tanda kehamilan yang umum dialami, namun hal ini akan semakin terasa jika Ibu memiliki calon bayi kembar. Tubuh akan bekerja lebih keras menyediakan energi untuk mendukung pertumbuhan janin sehingga hanya menyisakan sedikit tenaga bagi Ibu untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

    Bila Ibu merasakan badan lebih mudah lelah, itu bisa menjadi satu dari sekian tanda hamil yang perlu disadari, Untuk memastikannya, Ibu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan ya.

  5. Adanya Pergerakan Janin

    Umumnya, pergerakan janin baru bisa dirasakan saat memasuki trimester kedua atau ketiga kehamilan. Namun, adanya fetal movement atau pergerakan janin di trimester pertama bisa jadi merupakan tanda hamil kembar.

    Selain pergerakan janin, tanda hamil kembar juga mulai terdengar detak jantung ganda. Untuk mendeteksinya, dokter menggunakan alat yang disebut Doppler. Mengutip dari American Pregnancy Association, detak jantung yang terdengar ganda biasanya menjadi tanda hamil kembar.

    Meski demikian, detak jantung ganda yang diperoleh dari doppler tidak bisa dijadikan penanda mutlak kehamilan kembar. Ini disebabkan karena detak jantung kedua yang muncul bisa berasal dari jantung ibu atau merupakan gema dari detak jantung bayi.

  6. Sakit punggung

    Tanda kehamilan ini biasanya baru muncul saat trimester kedua atau ketiga ketika berat janin semakin bertambah sehingga otot-otot tubuh diharuskan bekerja lebih keras. Pada wanita dengan kehamilan kembar, sakit punggung datang lebih awal di trimester pertama karena berat 2 janin membuat otot-otot mengalami ketegangan dan menimbulkan rasa nyeri.

    Jika mengalami salah satu tanda-tanda kehamilan tersebut, ada baiknya segera melakukan USG atau ultrasonografi untuk mengetahui kondisi janin. Dengan mengetahuinya secara pasti, Ibu dapat menyesuaikan asupan nutrisi yang dikonsumsi untuk menunjang pertumbuhan calon bayi kembar yang sudah dinanti kehadirannya.

  7. Tinggi Fundus Lebih Besar

    Fundus adalah jarak antara puncak tulang kemaluan dengan puncak rahim yang diukur selama kehamilan. Tinggi fundus semakin bertambah seiring pertambahan berat badan dan usia kehamilan sehingga dijadikan sebagai salah satu indikator kesehatan janin.

    Wanita yang hamil anak kembar akan memiliki ciri berupa bobot janin yang lebih besar. Rahim pun meregang lebih jauh agar kedua janin mendapatkan cukup ruang. Dampaknya, wanita yang hamil kembar akan memiliki tinggi fundus lebih besar dibandingkan kehamilan normal.

  8. Hasil Tes AFP Tidak Normal

    Mengutip dari Stanford Children’s, Alpha fetoprotein atau AFP adalah sejenis serum yang terdapat selama masa kehamilan. Pemantauan AFP dilakukan pada trimester kedua. Tujuannya adalah untuk mengetahui jumlah protein khusus yang diproduksi hati janin serta mendeteksi adanya kecacatan pada janin.

    Selain itu, tes AFP juga bisa menunjukkan kehamilan lebih dari satu janin. Jumlah AFP yang positif atau lebih tinggi dibandingkan nilai normal dapat menandakan bahwa Anda mengandung dua janin atau bahkan lebih.

    Tanda hamil kembar di atas bukan hanya perlu diketahui oleh Ibu yang tengah mengandung dua buah hati sekaligus, melainkan juga bagi Ibu yang tengah mengikuti program hamil kembar. Apapun cara hamil bayi kembar yang sedang diupayakan, jangan lupa untuk selalu memenuhi nutrisi agar kesehatan Ibu dan Janin selalu terjaga. 

Tips Saat Hamil Kembar

cara hamil bayi kembar

Selain memahami tanda hamil kembar, Ibu juga harus mengetahui hal-hal yang bisa mendukung tubuh agar tetap sehat dan bugar selama mengandung janin kembar. Pasalnya, kehamilan kembar bisa dikatakan sebagai kehamilan berisiko tinggi yang bisa membuat Ibu mengalami komplikasi kehamilan mulai dari diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, gangguan pada plasenta, hingga preeklamsia.

Begitu hasil test pack hamil kembar Ibu dapatkan, simak beberapa tips berikut agar Ibu tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat.

  1. Makan lebih banyak

    Dalam kehamilan tunggal biasa, setiap ibu hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori per hari untuk membantu perkembangan bayi yang sehat. Sedangkan dalam kehamilan kembar, kebutuhan kalori juga meningkat menjadi sekitar 3.500 kalori per hari. Maka dari itu, makanan yang Ibu konsumsi porsinya harus lebih banyak.

    Jangan kaget jika kebutuhan kalori yang meningkat pada Ibu yang hamil kembar juga akan meningkatkan berat badan. Rata-rata, peningkatan berat badan yang akan dialami sekitar 18-22 kilogram. 

  2. Olahraga

    Mengingat olahraga juga sangat penting bagi ibu hamil, penting bagi Ibu untuk mencari tahu jenis olahraga untuk ibu hamil kembar agar tubuh tetap bugar dan bermanfaat bagi bayi dalam kandungan. banyak tutorial atau kelas senam kehamilan yang bisa Ibu jangkau. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai kebutuhan Ibu.

    Namun, jangan terlalu memaksakan untuk berolahraga ya, Bu. Olahraga yang berlebihan menjadi salah satu pantangan untuk ibu hamil kembar lantaran ia membawa dua bayi dalam kandungannya. Sebab, olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan stres pada otot, jantung, dan sendi ibu hamil.

  3. Pahami Risiko Hamil Kembar

    Kehamilan kembar sering diklaim dengan kehamilan berisiko tinggi. Ya, risiko memang lebih rentan terjadi pada Ibu atau bayi di kehamilan kembar.

    Beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan adalah persalinan prematur, bedrest selama hamil, persalinan caesar, dan lainnya. Seberapa besar risiko tersebut akan terjadi bergantung pada banyaknya faktor kondisi dari ibu itu sendiri, diantaranya berupa riwayat kesehatan secara menyeluruh, riwayat persalinan sebelumnya, faktor genetik, gaya hidup, dan lainnya.

    Untuk mengurangi kekhawatiran, Ibu bisa berdiskusi dengan sesama ibu hamil kembar lainnya atau yang pernah hamil anak kembar. Pilih teman sharing yang realistis tetapi tidak terlalu mendramatisir. Selain teman sharing, Ibu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

  4. Istirahat

    Selain makanan dan tetap menjaga kebugaran dengan olahraga, Ibu juga harus menjaga pola istirahat ketika mengetahui hasil test pack hamil kembar. Luangkan waktu untuk beristirahat setiap hari selama 20-30 menit, untuk berbaring atau hanya diam sejenak dari aktivitas. Waktu ini juga bisa digunakan untuk menghitung tendangan janin.

  5. Makan Makanan Bergizi

    Hal ini menjadi hal yang paling penting, Bu. Setelah mengetahui tanda hamil kembar, asupan makanan bergizi juga penting. Selain kalori, gizi lainnya seperti protein dan vitamin dari buah dan sayur juga harus terpenuhi. Lebih banyak konsumsi makanan yang bergizi lebih aman untuk Ibu. Sebisa mungkin hindari makan-makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil kembar, seperti makanan cepat saji agar kesehatan si kembar tetap terjaga.

Berbicara tentang tanda hamil kembar dan tips-tipsnya, sebaiknya Ibu perlu menjaga kesehatan diri sendiri dan janin sejak trimester awal. Ibu tetap harus memenuhi asupan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang bayi lebih optimal. Pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang direkomendasikan untuk Ibu hamil, karena kehamilan kembar membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak agar kesehatan Ibu dan tumbuh kembang bayi kembar lebih optimal.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial yaitu jenis protein siap serap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh) untuk mendukung pertumbuhan sel otak, otot dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng agar kebutuhan nutrisi Ibu selama periode kehamilan tercukupi.

Frisian Flag Primamum adalah susu ibu hamil dengan 9AAE + 9 Nutrisi Penting untuk melengkapi nutrisi Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag Primamum mengandung energi sebanyak 180 kalori, protein 9 gram, DHA 34 mg dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. DHA dibutuhkan janin untuk mendukung pertumbuhan sel otaknya. Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Tak kalah penting dari itu, Ibu juga bisa memantau Hari Perkiraan Lahir (HPL) si kembar melalui fitur Kalkulator Kehamilan yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima (AKP). Penasaran? Yuk, langsung gabung di halaman ini.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.