Share Like
Simpan

Hai, Bu! Sudah berapa minggu usia kandungan saat ini? Di trimester pertama, ada berbagai tanda kehamilan yang Ibu rasakan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Namun saat mengandung janin kembar, tanda kehamilan yang dirasakan juga akan berbeda, mulai dari lebih besarnya ukuran perut hingga mual yang jauh lebih parah.

Untuk mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan janin kembar, yuk simak informasi berikut ini:

1. Mual dan Muntah yang Parah

Jika Ibu mengalami tanda kehamilan berupa mual dan muntah yang cukup parah, bisa jadi karena adanya perubahan hormonal yang lebih signifikan. Dengan pertumbuhan janin kembar, secara otomatis produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat 2 kali lipat dan menyebabkan tanda-tanda kehamilan yang jauh lebih intens dibanding wanita mengandung pada umumnya.

2. Susah Bernapas

Susah bernapas bukan merupakan tanda kehamilan yang umum dialami wanita dengan janin tunggal, namun hal ini biasa terjadi pada Ibu dengan 2 janin. Tingginya hormon progesteron pada saat mengandung janin kembar menyebabkan perubahan cara penyerapan oksigen dalam tubuh yang membuat Ibu harus beradaptasi sehingga menjadi lebih sensitif terhadap karbon dioksida yang dikeluarkan saat bernapas.

3. Perut Lebih Besar

Saat usia kandungan baru beberapa minggu, biasanya ukuran perut belum berubah terlalu drastis tetapi berbeda halnya jika Ibu mengandung janin kembar. Di trimester pertama, Ibu bisa mengalami peningkatan berat badan cukup drastis disertai dengan membesarnya ukuran perut melebihi wanita hamil pada umumnya.

4. Lebih Mudah Lelah

Kelelahan merupakan salah satu tanda kehamilan yang umum dialami, namun hal ini akan semakin terasa jika Ibu memiliki calon bayi kembar. Tubuh akan bekerja lebih keras menyediakan energi untuk mendukung pertumbuhan janin sehingga hanya menyisakan sedikit tenaga bagi Ibu untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Adanya Pergerakan Janin

Umumnya, pergerakan janin baru bisa dirasakan saat memasuki trimester kedua atau ketiga kehamilan. Namun, adanya fetal movement atau pergerakan janin di trimester pertama bisa jadi merupakan tanda kehamilan janin kembar.

6. Sakit punggung

Tanda kehamilan ini biasanya baru muncul saat trimester kedua atau ketiga ketika berat janin semakin bertambah sehingga otot-otot tubuh diharuskan bekerja lebih keras. Pada wanita dengan kehamilan kembar, sakit punggung datang lebih awal di trimester pertama karena berat 2 janin membuat otot-otot mengalami ketegangan dan menimbulkan rasa nyeri.

Jika mengalami salah satu tanda-tanda kehamilan tersebut, ada baiknya segera melakukan USG atau ultrasonografi untuk mengetahui kondisi janin. Dengan mengetahuinya secara pasti, Ibu dapat menyesuaikan asupan nutrisi yang dikonsumsi untuk menunjang pertumbuhan calon bayi kembar yang sudah dinanti kehadirannya.