Whatsapp Share Like Simpan

Hai, Bu! Sudah berapa minggu usia kandungan saat ini? Di trimester pertama, apakah ada tanda hamil kembar yang Ibu rasakan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh.

Saat mengandung janin kembar, tanda kehamilan yang dirasakan juga akan berbeda, mulai dari lebih besarnya ukuran perut hingga mual yang jauh lebih parah. Untuk mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan janin kembar, yuk simak informasi berikut ini:

  1. Mual dan Muntah yang Parah

    Jika Ibu mengalami tanda kehamilan berupa mual dan muntah yang cukup parah, bisa jadi karena adanya perubahan hormonal yang lebih signifikan. Dengan pertumbuhan janin kembar, secara otomatis produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat 2 kali lipat dan menyebabkan tanda-tanda kehamilan yang jauh lebih intens dibanding wanita mengandung pada umumnya.

    Mual dan muntah yang parah ini juga dipengaruhi oleh peningkatan Human chorionic gonadotropin atau hCG adalah jenis hormon yang diproduksi oleh plasenta selama proses kehamilan. Meningkatnya produksi hormon hCG bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil kembar.

    Secara normal hormon hCG memang akan meningkat. Namun, pada ciri hamil kembar, hormon hCG akan sangat meningkat. Kadar hCG yang tinggi dapat menyebabkan mual hebat hingga muntah pada ibu hamil. Meski demikian, peningkatan hormon ini tidak selalu mengindikasi ciri-ciri hamil anak kembar di dalam kandungan Anda. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh produksi hormon yang bervariasi pada setiap wanita dan bisa meningkat karena faktor lainnya.

    Artikel Sejenis

  2. Susah Bernapas

    Susah bernapas bukan merupakan tanda kehamilan yang umum dialami wanita dengan janin tunggal, namun hal ini biasa terjadi pada Ibu dengan 2 janin. Tingginya hormon progesteron pada saat mengandung janin kembar menyebabkan perubahan cara penyerapan oksigen dalam tubuh yang membuat Ibu harus beradaptasi sehingga menjadi lebih sensitif terhadap karbon dioksida yang dikeluarkan saat bernapas.

  3. Perut Lebih Besar

    Saat usia kandungan baru beberapa minggu, biasanya ukuran perut belum berubah terlalu drastis tetapi berbeda halnya jika Ibu mengandung janin kembar. Di trimester pertama, Ibu bisa mengalami peningkatan berat badan cukup drastis disertai dengan membesarnya ukuran perut melebihi wanita hamil pada umumnya.

    Tanda hamil kembar juga bisa tandai dengan kenaikan berat badan secara drastis. Jika sejak awal kehamilan kenaikan berat badan Anda cukup drastis maka bisa jadi ini tanda-tanda hamil kembar.

    Perbedaan berat badan antara hamil bayi kembar dengan hamil normal dapat mencapai 4,5 kilogram di usia kehamilan yang sama. Ukuran rahim serta volume darah yang meningkat lebih banyak daripada hamil satu bayi pun merupakan penyebab peningkatan berat badan pada hamil kembar.

  4. Lebih Mudah Lelah

    Kelelahan merupakan salah satu tanda kehamilan yang umum dialami, namun hal ini akan semakin terasa jika Ibu memiliki calon bayi kembar. Tubuh akan bekerja lebih keras menyediakan energi untuk mendukung pertumbuhan janin sehingga hanya menyisakan sedikit tenaga bagi Ibu untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

  5. Adanya Pergerakan Janin

    Umumnya, pergerakan janin baru bisa dirasakan saat memasuki trimester kedua atau ketiga kehamilan. Namun, adanya fetal movement atau pergerakan janin di trimester pertama bisa jadi merupakan tanda kehamilan janin kembar.

    Selain pergerakan janin, tanda hamil kembar juga mulai terdengar detak jantung ganda. Untuk mendeteksinya, dokter menggunakan alat yang disebut Doppler. Mengutip dari American Pregnancy Association, detak jantung yang terdengar ganda biasanya menjadi ciri dari hamil kembar.

    Meski demikian, detak jantung ganda yang diperoleh dari doppler tidak bisa dijadikan penanda mutlak kehamilan kembar. Ini disebabkan karena detak jantung kedua yang muncul bisa berasal dari jantung ibu atau merupakan gema dari detak jantung bayi.

  6. Sakit punggung

    Tanda kehamilan ini biasanya baru muncul saat trimester kedua atau ketiga ketika berat janin semakin bertambah sehingga otot-otot tubuh diharuskan bekerja lebih keras. Pada wanita dengan kehamilan kembar, sakit punggung datang lebih awal di trimester pertama karena berat 2 janin membuat otot-otot mengalami ketegangan dan menimbulkan rasa nyeri.

    Jika mengalami salah satu tanda-tanda kehamilan tersebut, ada baiknya segera melakukan USG atau ultrasonografi untuk mengetahui kondisi janin. Dengan mengetahuinya secara pasti, Ibu dapat menyesuaikan asupan nutrisi yang dikonsumsi untuk menunjang pertumbuhan calon bayi kembar yang sudah dinanti kehadirannya.

  7. Tinggi Fundus Lebih Besar

    Fundus adalah jarak antara puncak tulang kemaluan dengan puncak rahim yang diukur selama kehamilan. Tinggi fundus semakin bertambah seiring pertambahan berat badan dan usia kehamilan sehingga dijadikan sebagai salah satu indikator kesehatan janin.

    Wanita yang hamil anak kembar akan memiliki ciri berupa bobot janin yang lebih besar. Rahim pun meregang lebih jauh agar kedua janin mendapatkan cukup ruang. Dampaknya, wanita yang hamil kembar akan memiliki tinggi fundus lebih besar dibandingkan kehamilan normal.

  8. Hasil Tes AFP Tidak Normal

    Mengutip dari Stanford Children’s, Alpha fetoprotein atau AFP adalah sejenis serum yang terdapat selama masa kehamilan. Pemantauan AFP dilakukan pada trimester kedua. Tujuannya adalah untuk mengetahui jumlah protein khusus yang diproduksi hati janin serta mendeteksi adanya kecacatan pada janin.

    Selain itu, tes AFP juga bisa menunjukkan kehamilan lebih dari satu janin. Jumlah AFP yang positif atau lebih tinggi dibandingkan nilai normal dapat menandakan bahwa Anda mengandung dua janin atau bahkan lebih.

Tips Saat Hamil Kembar

Selain memahami tanda hamil kembar, Ibu juga harus mengetahui hal-hal yang bisa mendukung tubuh agar tetap sehat dan bugar selama mengandung janin kembar. Simak penjelasan ringkasnya di sini, ya, Bu.

Makan lebih banyak

Dalam kehamilan tunggal biasa, setiap ibu hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori per hari untuk membantu perkembangan bayi yang sehat. Sedangkan dalam kehamilan kembar, kebutuhan kalori juga meningkat menjadi sekitar 3.500 kalori per hari. Karena itu, makanan yang Mama konsumsi harus lebih banyak.

Jangan kaget, jika kebutuhan kalori yang meningkat pada Ibu yang hamil kembar juga akan meningkatkan berat badan. Rata-rata, peningkatan berat badan yang akan dialami sekitar 18-22 kilogram. 

Olahraga

Mengingat olahraga juga sangat penting bagi ibu hamil, penting bagi Ibu untuk mencari tahu jenis olahraga untuk ibu hamil kembar agar tubuh tetap bugar dan bermanfaat bagi bayi dalam kandungan. banyak tutorial atau kelas senam kehamilan yang bisa Ibu jangkau. Pilihlah sesuai kebutuhan Ibu.

Pahami Risiko Hamil Kembar

Kehamilan kembar sering diklaim dengan kehamilan berisiko tinggi. Ya, risiko memang lebih rentan terjadi pada Ibu atau bayi di kehamilan kembar.

Beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan adalah persalinan prematur, bedrest selama hamil, persalinan caesar, dan lainnya. Seberapa besar risiko tersebut akan terjadi bergantung pada banyaknya faktor kondisi dari ibu itu sendiri, diantaranya berupa riwayat kesehatan secara menyeluruh, riwayat persalinan sebelumnya, faktor genetik, gaya hidup, dan lainnya.

Untuk mengurangi kekhawatiran, Ibu bisa berdiskusi dengan sesama ibu hamil kembar lainnya atau yang pernah hamil anak kembar. Pilih teman sharing yang realistis tetapi tidak terlalu mendramatisir. Selain teman sharing, Ibu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

Istirahat

Selain makanan dan tetap menjaga kebugaran dengan olahraga, Ibu juga harus menjaga pola istirahat ketika mengetahui ciri bentuk hamil kembar. Luangkan waktu untuk beristirahat setiap hari selama 20-30 menit, untuk berbaring atau hanya diam sejenak dari aktivitas. Waktu ini juga bisa digunakan untuk menghitung tendangan janin.

Makan Makanan Bergizi

Hal ini menjadi hal yang paling penting, Bu. Setelah mengetahui ciri-ciri hamil kembar, asupan makanan bergizi juga penting. Selain kalori, gizi lainnya seperti protein dan vitamin dari buah dan sayur juga harus terpenuhi. Lebih banyak konsumsi makanan yang bergizi lebih aman untuk Ibu.

Berbicara tentang tanda hamil kembar dan tips-tipsnya, sebaiknya Ibu perlu menjaga kesehatan diri sendiri dan janin sejak trimester awal. Ibu tetap harus memenuhi asupan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang bayi lebih optimal. Pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang direkomendasikan untuk Ibu hamil, karena kehamilan kembar membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak agar kesehatan Ibu dan tumbuh kembang bayi kembar lebih optimal.

Salah satu asupan nutrisi yang dianjurkan selama masa kehamilan kembar adalah susu Frisian Flag MAMA karena mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat pangan (inulin), serta 29 vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui.[RP(1]  Dalam menjalani kehamilan kembar, Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 gelas susu Frisian Flag MAMA untuk mencukupi kebutuhan gizi harian Ibu dan si Kecil. Selain dari susu, Ibu juga tetap perlu memenuhi asupan nutrisi dari makanan bergizi lainnya.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz