Whatsapp Share Like Simpan

Saat ini kita sedang tidak bebas keluar rumah ya, Bu. Mau tak mau, kita harus banyak berdiam diri di rumah saja. Wajar apabila ada rasa bosan melanda. Untuk menghalau rasa bosan tersebut, lebih baik Ibu melakukan banyak kegiatan di rumah bersama buah hati. Ini bisa menjadi cara bagi Ibu menghabiskan banyak waktu dengan si Kecil sambil mengajarkannya berbagai macam hal baru. Berikut ini ada beberapa contoh kegiatan yang dapat Ibu lakukan di rumah bersama si Kecil untuk mengisi waktu luang. Catat, ya!

Membaca Buku

Membaca adalah sebuah kegiatan di rumah yang sangat bermanfaat. Manfaat utama dari membaca tentu saja untuk menambah banyak wawasan. Selain itu, masih ada beragam manfaat lain yang bisa didapatkan oleh si Kecil, seperti mengasah kreativitas dan imajinasi, menambah kosa kata baru, melatih kemampuan berbahasa, melatih konsentrasi, membangun nilai sosial dan perilaku positif, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, ajak anak untuk rajin membaca sejak dini ya, Bu. Jika Ibu membiasakan buah hati membaca sejak kecil, maka ia akan menyukai aktivitas ini alih-alih aktivitas lain yang kurang bermanfaat.

Membersihkan Rumah

Selama ini Ibu mungkin tidak sempat membersihkan dan menata rumah dengan baik. Nah, mumpung hanya di rumah saja, manfaatkan kesempatan ini, yuk. Ajak juga si Kecil untuk membantu Ibu dengan melakukan kegiatan yang sederhana. Misalnya saja menata mainan, menyingkirkan mainan yang sudah tidak terpakai, atau membuang sampah-sampah di kamarnya.

Si Kecil memang perlu diajari untuk menjaga kebersihan dan merawat barang miliknya sendiri. Cara ini akan membuat si Kecil jadi lebih mandiri, bertanggung jawab, dan terbiasa melakukan pekerjaan rumah.

Artikel Sejenis

Bermain

Tidak ada yang lebih disukai anak-anak kecuali bermain. Jadi, luangkan waktu untuk mengajak si Kecil bermain bersama ya, Bu. Ajak ia bermain permainan edukatif yang dapat mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilannya. Contohnya saja bermain puzzle, balok, plastisin, bermain peran, dan lainnya.

Si Kecil pasti akan sangat senang jika Ibu bisa menemaninya bermain. Dengan bermain bersama, Ibu dapat mengajari si Kecil agar kemampuannya terasah dengan baik. Selain itu, ikatan Ibu dengan buah hati juga akan terjalin dengan erat.

Berkreasi dengan Barang Bekas

Kalau Ibu memiliki banyak barang bekas menumpuk di rumah, jangan langsung dibuang, ya. Sulap saja menjadi prakarya untuk digunakan lagi. Berkreasi membuat prakarya dari barang bekas bisa jadi kegiatan di rumah yang menyenangkan lho, Bu. Bukan cuma menyenangkan, berkreasi juga mempunyai banyak manfaat bagi si Kecil.

Kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas, mengasah kemampuan motorik, dan mengajarkannya untuk bisa memanfaatkan barang bekas. Mulailah dengan berkreasi yang mudah terlebih dulu, seperti membuat mobil-mobilan dari botol bekas. Meski sangat sederhana, tapi karena mainan tersebut ia ciptakan sendiri, ia pasti akan sangat menyukainya, Bu.

 

Baca juga: Ketahui Porsi Aktivitas Fisik Sesuai Usia Anak [1-3 Tahun]

Berolahraga

Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil, Ibu bukan cuma harus memberikan makanan bernutrisi setiap hari. Ia juga akan membutuhkan aktivitas fisik untuk membuat tubuhnya tetap bugar. Lakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan selama 15-20 menit. Berolahraga akan membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan energi, menunjang kesehatan dan memori otak, memperbaiki kualitas tidur, serta menjaga kesehatan otot dan tulang si Kecil.

Piknik di Halaman Belakang

Tak sabar rasanya ingin bisa segera berlibur ya, Bu. Namun karena saat ini masih belum bisa, jadi untuk sementara piknik saja dulu di halaman belakang. Ciptakan suasana layaknya piknik yang asli, seperti menggelar tikar dan membuat bekal makanan di dalam keranjang.

Dikelilingi oleh tanaman hijau di halaman sambil disinari matahari sore, kegiatan di rumah ini pasti akan membuat suasana hati menjadi ceria dan tidak bosan lagi. Si Kecil juga tentu akan sangat senang karena bisa menghirup udara segar dan bebas berlarian.

Berkebun

Percantik rumah dengan menanam berbagai jenis tanaman yang berwarna-warni yuk, Bu. Tanaman akan membuat rumah jadi lebih asri dan nyaman untuk dipandang. Kegiatan berkebun juga sangat bermanfaat untuk si Kecil, lho. Ia dapat mengenal berbagai macam tumbuhan dan hewan, belajar merawat lingkungan, dan mengasah kemampuan motorik halusnya. Tak masalah jika si Kecil jadi kotor, selama ia bisa belajar tentang hal baru dan membersihkan diri setelahnya.

Membuat Camilan Sendiri

Dibandingkan beli camilan yang kandungan nutrisi dan kebersihannya belum terjamin, lebih baik buat sendiri saja, Bu. Si Kecil pasti juga senang bisa membuat camilan favoritnya sendiri karena ia bisa berkreasi sesuai keinginannya. Ajak si Kecil untuk membuat kue, biskuit, atau es krim dari bahan-bahan makanan yang bernutrisi tinggi. Dengan melakukan kegiatan di rumah ini, si Kecil tetap bisa menikmati snack yang enak tapi tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

 

Melakukan kegiatan di rumah yang bermanfaat seperti di atas akan menjadi masa-masa yang menyenangkan bagi Ibu dan buah hati. Rasa bosan si Kecil akan sedikit terobati dan pastinya ia juga mendapatkan banyak manfaat. Selamat beraktivitas bersama buah hati ya, Bu.

Jika Ibu masih punya pertanyaan seputar anak, jangan ragu untuk melakukan berkonsultasi pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!

Sumber:

Kompas.com