Whatsapp Share Like Simpan

Sedang hari libur tapi tidak bisa mengajak anak bepergian, nih. Anak-anak pun jadi rentan rewel karena merasa bosan di rumah. Tenang, Bu. Isi saja liburannya dengan melakukan aktivitas fisik seru yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Melakukan aktivitas yang melibatkan fisik akan membuat anak aktif bergerak sehingga badannya jadi lebih sehat dan kuat. Kira-kira apa ya kegiatan yang akan membuat anak bersemangat dan menjadikannya “Anak Prima Tangguh”? Yuk intip beberapa ide berikut ini!

1. Olahraga

Olahraga jelas merupakan aktivitas fisik yang sangat menyehatkan badan. Untuk olahraga yang bisa dilakukan di rumah, Ibu bisa mencoba senam, lompat tali, lempar bola, sepak bola, yoga, atau berenang. Olahraga akan lebih optimal dilakukan pada pagi hari di tempat yang terbuka seperti di teras atau halaman belakang, Bu, supaya tubuh mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan. Namun jika rumah Ibu tidak memiliki tempat terbuka, Ibu masih tetap bisa melakukannya di dalam rumah. Pastikan saja Ibu sudah membuat area kosong agar tidak merusak barang dan perabotan, ya.

2. Mencari Harta Karun

Asah otak anak dengan bermain mencari harta karun yuk, Bu. Seperti perompak yang berpetualang mencari harta karun, Ibu bisa menirunya dengan menyembunyikan mainan atau snack favorit anak di suatu tempat.

Buatlah peta dan petunjuk agar anak berusaha untuk menemukan harta karun tersebut. Biarkan ia berusaha memecahkan petunjuknya sendiri. Baru saat ia merasa kesulitan, Ibu bisa sedikit membantunya. Biar permainan ini jadi lebih seru, lengkapi juga dengan kostum ala bajak laut ya, Bu. Dijamin anak pasti akan sangat bersemangat memainkannya.

3. Bermain Peran

Ide aktivitas fisik lainnya untuk dilakukan bersama anak di rumah adalah bermain peran. Di sini Ibu dan buah hati bisa berpura-pura menjalani profesi atau menjadi karakter tertentu. Misalnya saja berpura-pura berada di supermarket.

Artikel Sejenis

Letakkan barang-barang di atas meja, kemudian berikan papan harga. Minta anak untuk berpura-pura menjadi pembeli, sementara Ibu adalah petugas kasirnya. Anak bebas untuk berbelanja apa yang ia mau untuk diletakkan di sebuah keranjang. Setelah itu ia harus membayar dengan uang mainan. Seru sekali, kan?

4. Petak Umpet

Nah, kalau permainan yang satu ini sih sudah sangat familiar ya, Bu. Petak umpet adalah salah satu jenis permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak di mana saja. Ibu dan anak bisa bergantian untuk sembunyi dan mencari di area sekitar rumah. Selain mudah untuk dilakukan, permainan ini juga dapat mengasah otak dan kreativitas anak lho, Bu.

5. Berkebun

Meski sedang liburan, tak ada salahnya lho mengajak anak belajar, Bu. Tentunya belajar di kala liburan harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan supaya anak tidak cepat merasa bosan. Ide untuk belajar yang menyenangkan adalah dengan berkebun.

Kegiatan ini dapat mengajari anak tentang nama-nama tumbuhan. Selain itu, anak juga bisa belajar membersihkan lingkungan rumah dan merawat tanaman. Dengan begitu, ia jadi bisa lebih mencintai dan menghargai lingkungan.

6. Membersihkan Rumah

Kebersihan rumah harus dijaga dengan baik untuk menghindarkan keluarga dari penyakit yang disebabkan oleh kotoran. Namun membersihkan rumah tidak hanya tugas Ibu saja, anak-anak pun harus ikut andil di dalamnya. Anak bisa diberikan tugas yang ringan dan mudah dilakukan, seperti merapikan mainan, membersihkan kamar, atau menyirami tanaman.

Melatih anak untuk melakukan pekerjaan rumah akan membuatnya terbiasa untuk rajin dan mau bekerja. Anak juga akan lebih menghargai bahwa membersihkan rumah merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan, sehingga ia akan lebih menjaga kebersihan tempat tinggalnya.

7. Memasak

Saat liburan anak-anak biasanya akan mudah merasa lapar dan sering merengek untuk dibuatkan makanan. Alih-alih langsung kerepotan memasak sendiri, mengapa tidak mengajak anak untuk memasak bersama, Bu?

Memasak bersama juga bisa menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan, kok. Anak-anak dapat belajar bagaimana caranya memasak dan menyantap hasil masakannya sendiri tentunya akan lebih memuaskan, bukan? Karena kegiatan memasak cukup berbahaya, maka Ibu bisa memberikan tugas yang lebih aman saja, seperti memasukkan bahan makanan, memecahkan telur, atau mengaduk. Setelah matang, Ibu dan buah hati bisa langsung menyantapnya bersama.

8. Menari Mengikuti Lagu

Musik merupakan media belajar yang efektif untuk merangsang kemampuan anak lho, Bu. Ibu bisa mengajak anak untuk menari sambil mengikuti irama lagu. Aktivitas ini akan membuatnya dapat bergerak dengan lincah sambil mengasah kemampuan motorik kasarnya. Ajak ia untuk melompat, berdiri dengan satu kaki, meliukkan badan, atau berjoget ke kanan dan ke kiri. Pasti seru sekali, Bu.

Bagaimana dengan Ibu? Apakah Ibu punya ide lain untuk aktivitas fisik seru yang bisa dilakukan bersama anak di rumah? Dengan sering beraktivitas bersama buah hati, ikatan emosional antara Ibu dan anak pun akan lebih terjalin dengan erat. Jadi, jangan malas untuk beraktivitas bersama anak ya, Bu.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

 

Sumber:

TheAsianParent, Kumparan