Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah saat si Kecil sudah punya waktu bermain dengan Ayah? Wah, si Kecil pasti senang banget, deh! Tahukah Ibu? Menurut artikel online yang saya baca, ternyata hubungan baik antara Ayah dan anak dapat membantu si Kecil dalam menghadapi masalah psikologis atau depresi di kemudian hari. Itu sebabnya, saya sering mengingatkan suami untuk menyempatkan waktu berkualitas bersama sang buah hati. Namun, tak bisa dipungkiri kesibukan sehari-hari seperti bekerja, membuat si Kecil sulit untuk mendapatkan momen bersama Ayah. Nah, tidak perlu khawatir karena ternyata ada banyak kok kegiatan menyenangkan yang bisa disesuaikan dengan waktu lenggang Ayah!

Waktu Bermain Selama 30 Menit

Apakah Ayah memiliki jadwal kerja yang sangat padat? Jika iya, aktivitas lari pagi sangat cocok untuk dilakukan dengan si Kecil dan Ayah, Bu. Yuk, mulai ajak si Kecil untuk lari pagi selama 30 menit di sekitar daerah rumah. Selain sehat, kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai waktu berkualitas bersama si Kecil.

Jika Ayah atau si Kecil sulit bangun pagi, aktivitas lari pagi bisa diganti dengan masak bersama. Menu masakannya juga tidak perlu yang sulit-sulit, seperti telur atau ikan sarden saja sudah cukup, Bu.

Waktu Bermain Selama 1 Jam

Si Kecil sudah pandai jalan dan berlari? Ini saatnya untuk Ayah mengajaknya berolahraga luar ruangan seperti bermain sepak bola, kejar-kejaran, berenang, atau lempar tangkap bola. Dengan ide aktivitas anakini, tubuh si Kecil akan lebih sehat dan tinggi, Bu.

Setelah seharian disibukkan dengan pekerjaan kantor yang melelahkan, mungkin bermain di luar rumah bukanlah aktivitas tepat untuk Ayah, Bu. Jadi, kira-kira aktivitas apa yang cocok untuk permasalahan ini? Yuk, ajak si Kecil bermain ular tangga atau permainan sejenisnya. Selain itu, karena jenis permainan tersebut membutuhkan strategi agar menang, ini dapat meningkatkan kecerdasan si Kecil, Bu.  

Waktu Bermain Selama 2 Jam

Ayah punya waktu kosong selama dua jam untuk bermain dengan si Kecil. Kira-kira asyiknya melakukan aktivitas apa, ya? Tidak perlu bingung, ajak saja si Kecil makan di luar. Nah, agar lebih dekat, jika memungkinkan, sesekali biarkan si Kecil pergi makan siang berdua saja dengan Ayah.  

Pilihan lainnya, Ayah juga bisa mengajak si Kecil untuk pergi ke taman bermain. Pastikan taman tersebut memiliki banyak pilihan peralatan bermain seperti perosotan, ayunan, rumah-rumahan, dan mainan seru lainnya, ya.

Waktu Bermain Selama 4 Jam

Saya rasa empat jam bukanlah waktu bermain yang singkat untuk si Kecil. Itu sebabnya, ada banyak sekali kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama si Kecil. Biasanya, saya akan mendorong sang suami untuk mengajak si Kecil jalan-jalan ke mall. Di mall, Ayah dan si Kecil bisa pergi menonton bioskop dan menyantap es krim setelahnya. Terdengar menyenangkan, bukan? Jika ini pertama kalinya Ayah pergi bersama si Kecil, Ibu bisa berbagi tips soal makanan yang disukai si Kecil saat di mall serta cara menenangkannya saat tantrum.

Waktu Bermain Selama 5 Jam Lebih

Apakah Ayah sedang cuti kerja? Pas banget, nih, untuk ajak si Kecil jalan-jalan keluar kota, entah itu liburan pulang hari atau menginap. Selain untuk menciptakan waktu kebersamaan dengan si Kecil, aktivitas ini juga bisa jadi pelepas penat Ayah dan Ibu. Yuk, rencanakan liburan ke luar kota setidaknya dua bulan sekali. Pastikan Ibu menyiapkan segala kebutuhan si Kecil saat liburan agar ia mengalami pengalaman menyenangkan bersama Ayah dan Ibu.

Meluangkan waktu bermain dengan Ayah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, kan? Nah, kira-kira aktivitas seperti apa yang paling menarik perhatian Ibu? Jangan ragu untuk bagikan di kolom komentar bawah ini, ya!