Whatsapp Share Like Simpan

Tidak bisa sering keluar rumah memang membosankan ya, Bu. Namun karena kondisi sedang tidak memungkinkan, kita harus lebih bersabar. Saat ini kesehatan keluarga adalah hal yang terpenting. Biar tidak bosan, lakukan aktivitas fisik bersama-sama saja, yuk.

Kegiatan fisik dapat membuat tubuh bergerak sehingga akan memberikan manfaat dari segi kesehatan. Bagi anak, aktivitas yang melibatkan fisik dapat melatih kemampuan motoriknya, baik halus maupun kasar. Jika dilakukan bersama-sama, beraktivitas fisik dapat mempererat hubungan antara Ibu dan buah hati, lho. Berikut ada beberapa rekomendasi aktivitas fisik yang bisa Ibu lakukan bersama anak selama di rumah aja:

Membersihkan Rumah

Mumpung banyak menghabiskan waktu di rumah, ajak anak untuk beres-beres rumah yuk, Bu. Rumah yang bersih tentu akan memberikan kenyamanan pada penghuninya, bukan? Selain itu, kebersihan rumah juga penting supaya tidak ada kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Ibu bisa memberikan anak tugas yang mudah terlebih dulu. Misalnya dengan menyuruhnya untuk memilah-milah barang pribadinya yang sudah tidak terpakai untuk disumbangkan. Minta juga ia untuk merapikan kamarnya sendiri. Dengan cara ini, anak akan belajar arti kebersihan dan merawat tempat tinggalnya. Ia juga bisa belajar untuk menghargai dan bertanggung jawab terhadap barang-barangnya.

Berkebun

Jangan hanya bersih saja, rumah juga perlu diperindah lho, Bu. Caranya adalah dengan menanam atau meletakkan beberapa tanaman hias di halaman dan sudut-sudut rumah. Warna hijau dari daun dan warna-warni bunga dari tanaman tersebut akan menyejukkan mata para penghuninya.

Artikel Sejenis

Bersama anak, Ibu bisa menanam bibit tanaman di dalam pot. Selain menanam tanaman, ajak juga ia untuk menyapu halaman, mencabut rumput liar, dan menyirami tanaman. Semua aktivitas fisik tersebut dapat melatih kemampuan motorik halus anak, Bu. Anak juga akan belajar untuk menyayangi lingkungan dan makhluk hidup lain.

Petak Umpet

Melakukan aktivitas fisik sambil bermain bersama buah hati juga tidak kalah seru lho, Bu. Anak pasti akan sangat senang karena Ibu bisa bermain bersamanya. Permainan petak umpet adalah salah satu jenis permainan tradisional yang tidak akan pernah ketinggalan zaman. Cara bermainnya juga mudah dilakukan oleh anak-anak.

Dengan bermain petak umpet, anak akan terus bergerak aktif untuk berlari dan mencari tempat bersembunyi atau menemukan orang yang bersembunyi. Tak hanya itu, kemampuan berpikir anak juga akan ikut terasah dengan baik.

Baca juga: Aktivitas Fisik yang Cocok untuk Anak 1-3 Tahun

Bermain Bola

Di pagi atau sore hari, Ibu boleh mengajak anak untuk beraktivitas di halaman dan bermain bola bersama. Meski sedang berada di rumah saja, kita tetap harus menghirup udara segar di luar, Bu. Bermain bersama anak di halaman bisa menjadi salah satu cara yang pas untuk menghabiskan waktu di luar.

Bermain sepak bola atau lempar bola dapat bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik anak. Aktivitas fisik tersebut juga bisa melatih keseimbangan serta koordinasi antara mata dan tangan anak.

Bermain Air

Saat cuaca gerah, bermain air sepertinya akan sangat menyegarkan ya, Bu. Anak-anak juga pasti sudah rindu berenang, tapi karena kondisinya belum mendukung, untuk saat ini Ibu bisa mengajaknya bermain air di rumah terlebih dulu. Bisa dengan berenang di kolam plastik, bermain pistol air, atau saling lempar balon air. Aktivitas semacam ini akan meningkatkan kemampuan motorik serta koordinasi antara mata dan tangannya. Tak hanya itu saja, bermain air juga dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak lho, Bu.

Stretching

Lama berada di rumah bisa membuat badan terasa kaku. Lemaskan dulu yuk dengan stretching alias peregangan. Badan yang kaku akan membuat rasa tidak nyaman dan malas untuk beraktivitas. Jadi, sebaiknya biasakan diri bersama anak untuk stretching di pagi hari setelah bangun tidur selama 15 menit.

Jangan sepelekan peregangan, Bu, karena ternyata manfaatnya ada banyak. Diantaranya adalah:

  • Meningkatkan aliran darah ke otot.
  • Mengoptimalkan kinerja kegiatan fisik.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Menghilangkan stres.
  • Meningkatkan rentang gerak.
  • Menenangkan pikiran.
  • Meringankan sakit kepala.

Membuat Kue

Mumpung di rumah bersama anak-anak eksperimen memasak saja yuk, Bu, misalnya saja membuat kue atau camilan kesukaan anak. Memasak sendiri tentu akan lebih terjamin kesehatan, kebersihan, kualitas, dan yang jelas lebih bisa berhemat. Anak juga bisa ikut dilibatkan untuk memasak bersama karena ia pasti akan sangat bersemangat membuat adonan, mencetak, hingga menghiasnya.

Kegiatan ini akan melatih anak untuk terbiasa bekerja di dapur, terutama anak perempuan. Begitu pula dengan anak laki-laki agar ia bisa lebih mandiri saat sudah lebih besar nanti.

Kalau Ibu, sering melakukan aktivitas fisik apa bersama buah hati selama di rumah aja? Manfaatkan waktu ini untuk lebih sering berkumpul bersama keluarga dan melakukan banyak kegiatan bersama, karena tidak ada yang lebih berharga selain kesehatan dan kebersamaan dengan keluarga tercinta. Selamat beraktivitas bersama keluarga dan semoga Ibu sekeluarga selalu sehat.

Susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI akan membantu anak sehat dari dalam dengan kandungan nutrisinya yang lengkap. Susu ini telah diperkaya dengan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan beberapa gizi penting seperti omega 3, prebiotik inulin, dan selenium.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

Sumber:

TheAsianParent