Si Kecil sudah memasuki usia 1 tahun? Wah, selamat ya, Bu. Usia 1 tahun merupakan masa yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Ibu dapat mendukung perkembangan si Kecil dengan memberikan asupan makanan bayi 1 tahun yang bergizi. Di samping itu, pastikan Ibu selalu memenuhi kebutuhan gizinya dengan memberikan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung tinggi DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Mungkin Ibu bingung makanan bayi 1 tahun seperti apa yang sekiranya dapat meningkatkan tumbuh kembang si Kecil. Sebaiknya Ibu memilih asupan yang mengandung nutrisi penting untuk tahap perkembangannya.

Lantas, apa saja makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi 1 tahun? Simak daftar sumber makanan di bawah ini ya, Bu.

Perkembangan Makan Bayi 1 Tahun

Sebelum mengetahui daftar makanan bayi 1 tahun, Ibu perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa perkembangan makan si Kecil di usia ini. UNICEF menyatakan bahwa anak usia 1 tahun sudah mampu makan sendiri.

Kemampuan mengunyah si Kecil hampir sama dengan orang dewasa, sehingga bisa diperkenalkan dengan makanan bertekstur padat. Peralihan dari ASI ke susu pertumbuhan juga bisa dilakukan sejak usia satu tahun. 

Artikel Sejenis

Bayi di bawah usia dua tahun sebaiknya mengonsumsi susu yang mengandung lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat. Sebagai pilihannya, Ibu bisa memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dilengkapi dengan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Sumber Makanan Bayi 1 Tahun yang Bergizi

Ada banyak sumber makanan bayi yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil. Berikut beberapa pilihannya:

  1. Susu
  2. susu untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

    Susu termasuk salah satu asupan bayi 1 tahun yang sebaiknya Ibu berikan secara rutin. Sebab, susu mengandung nutrisi penting untuk meningkatkan tumbuh kembang si Kecil.

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung 9AAE yang lengkap dan tinggi DHA. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil.

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak si Kecil. 

    Beberapa di antaranya seperti omega-3 (ALA), omega-6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

    Tidak hanya itu lho, Bu. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ pun mengandung kombinasi prima untuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

    Misalnya seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

  3. Telur
  4. telur untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

    Selain rasanya yang gurih, ternyata telur termasuk makanan bayi 1 tahun agar cepat gemuk yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk si Kecil lho, Bu.

    Dalam satu butir telur terdapat ragam nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang untuk tumbuh kembang si Kecil.

    Ibu bisa membuat omelette dengan campuran brokoli dan wortel yang sudah dihaluskan. Bisa juga ditambahkan dengan susu agar tekstur omelette jadi lebih halus dan lembut. 

    Meskipun makanan bayi 1 tahun yang satu ini kaya manfaat, Ibu tetap perlu memberikan telur sesuai batas normal dan tidak berlebihan, karena telur mengandung kolesterol yang tinggi. 

  5. Ikan
  6. telur untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

     

    Selain susu dan telur, makanan bayi 1 tahun yang tinggi protein selanjutnya yaitu ikan. Jadi tidak heran ya Bu kalau ikan selalu ada dalam setiap menu MPASI 12 bulan.

    Ada banyak jenis ikan yang bisa Ibu pilih sebagai asupan agar cepat gemuk, mulai dari ikan salmon, ikan tuna, ikan dori, ikan nila, dan berbagai jenis makanan laut (seafood) lainnya, seperti udang, cumi, kerang, dan lain-lain.

    Sebelum Ibu memberikan si Kecil makanan bayi 1 tahun yang berbahan dasar ikan, sebaiknya Ibu memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki riwayat alergi makanan laut (seafood).

    Kalau si Kecil ternyata memiliki alergi terhadap ikan, Ibu tidak perlu khawatir berlebihan ya. Sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Selain itu, Ibu juga perlu mengolah ikan secara tepat agar tidak ada duri yang masih menyangkut. Pastikan tekstur makanan bayi 12 bulan ini sudah cukup lembut agar si Kecil lebih mudah mengunyah dan menelannya. 

  7. Daging
  8. daging untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

    Pilihan makanan bayi 1 tahun yang selanjutnya yaitu daging, baik itu daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam, maupun daging unggas lainnya. 

    Selain ikan, daging juga termasuk makanan bayi 1 tahun yang mengandung tinggi protein, sehingga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu makan harian si Kecil.

    Selain kaya protein, daging juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, mulai dari karbohidrat, lemak, omega-3, serta berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. 

    Apabila si Kecil masih belum memiliki gigi yang lengkap, pastikan Ibu mengolah daging hingga empuk untuk disajikan sebagai menu makanan bayi 1 tahun. 

    Baca Juga: Benarkah Lemak Penting Bagi Anak? Ini Faktanya

  9. Kacang-kacangan
  10. kacang-kacangan untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

    Di jaman dulu, kacang-kacangan sering kali jadi nutrisi utama untuk anak-anak yang baru belajar untuk makan yang biasanya identik dengan bubur kacang hijau atau kacang merah.

    Meski bernutrisi, kacang-kacangan belum memiliki nutrisi 9AAE yang lengkap. Sehingga tetap memerlukan protein hewani untuk menyeimbangakn kebutuhan nutrisinya.

    Jika ingin menambahkan kacang-kacangan ke dalam menu MPASI 12 bulan, Ibu bisa menggunakan kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, almond, dan lain sebagainya. 

    Perlu diingat ya Bu, beberapa anak ada yang memberikan reaksi alergi saat mengonsumsinya. Untuk itu, Ibu perlu memperhatikan reaksi si Kecil setelah pertama kali mengonsumsinya.

  11. Buah-buahan dan Sayuran
  12. buah-buahan dan sayuran untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

    Makanan bayi 1 tahun yang sayang untuk dilewatkan yaitu buah-buahan dan sayuran. Pastikan Ibu mengimbangi porsi buah dan sayur dengan makanan tinggi protein lainnya agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

    Meskipun buah dan sayur kaya vitamin, tetapi kandungan proteinnya cukup sedikit, sehingga harus ditambah dari sumber protein hewani lain.

    Beberapa jenis buah dan sayur yang bisa Ibu masukkan ke dalam menu makanan bayi 1 tahun, seperti pisang, alpukat, stroberi, tomat, brokoli, wortel, kembang kol, dan lain sebagainya.

    Pastikan Ibu mengolah buah dan sayur dengan tepat dan hindari mengolah bahan pangan ini terlalu lama agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak.

Baca juga: Manfaat Makan Buah untuk Kesehatan Si Kecil

Apapun jenis asupan yang Ibu olah, pastikan di dalamnya mengandung berbagai nutrisi prima untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, terutama perkembangan otaknya. 

Ide Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Bayi yang telah memasuki usia 12 bulan sudah mulai bisa mengonsumsi makanan padat tanpa dihaluskan. Namun, Ibu perlu tetap menyesuaikan tekstur makanan MPASI 12 bulan dengan kemampuan mengunyah si Kecil.

Berikut ini sejumlah beberapa resep makanan bayi 12 bulan yang bisa Ibu coba berikan untuk si Kecil:

1. Mac and Cheese

mac and cheese untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 100 g makaroni, rebus hingga matang
  • 250 ml susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, larutkan dengan air
  • 65 g keju cheddar parut
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 1 sdm cream cheese
  • ½ sdm tepung terigu
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdm mentega

Cara membuat:

  1. Panaskan mentega, masukkan tepung terigu dan bawang putih bubuk. Aduk rata. 
  2. Tuang susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah dilarutkan dengan air, masak hingga mengental.
  3. Masukkan keju cheddar, lalu aduk hingga rata dan mengental.
  4. Masukkan makaroni yang telah direbus ke dalam panci. 
  5. Tambahkan garam, penyedap rasa, dan cream cheese.
  6. Aduk terus saat memasak hingga cream cheese larut, lalu angkat.
  7. Panggang mac and cheese dalam oven bersuhu 180° C sekitar 10 menit.
  8. Angkat setelah keju meleleh dan permukaannya kecoklatan.
  9. Makanan bayi 1 tahun ini siap disajikan untuk si Kecil.

2. Perkedel Kentang

perkedel kentang untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang ukuran sedang
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • Garam secukupnya
  • Daun seledri, cincang halus
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci bersih kentang, lalu potong dadu atau kotak. Pastikan air cucian kentang sudah tidak berwarna putih keruh.
  2. Masukkan kentang ke dalam mangkuk tahan panas, kemudian tutup mangkuk dengan aluminium foil.
  3. Panaskan dandang, lalu kukus kentang selama kurang lebih 45 menit atau sampai lunak.
  4. Setelah kentang matang, angkat dari dandang dan haluskan dengan garpu.
  5. Tambahkan kuning telur, seledri, dan kaldu jamur bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur. 
  6. Bulatkan dan pipihkan adonan perkedel setelah adonan dingin.
  7. Untuk bahan pelapis, kocok putih telur bersama sedikit garam hingga mengembang.
  8. Panaskan minyak terlebih dahulu, lalu celupkan perkedel ke dalam putih telur sebelum digoreng.
  9. Goreng perkedel dengan api sedang hingga satu sisi berwarna kuning keemasan. 
  10. Biarkan satu sisi tersebut matang sempurna sebelum dibalik. Angkat dan tiriskan setelah matang.

3. Nasi Tim Ayam

nasi tim untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 3 sdm daging ayam
  • 2 cup nasi putih
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 batang daun bawang
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya air kaldu ayam

Cara membuat:

  1. Rebus daging ayam hingga keluar kaldunya, lalu suwir-suwir dan cincang daging ayam hingga halus.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan hingga harum.
  3. Tuang air kaldu ayam, lalu masak hingga mendidih selama beberapa menit.
  4. Tambahkan nasi dan daging ayam cincang, lalu masak dengan api sedang. Sesekali aduk dan haluskan nasi dengan sendok agar lebih hancur.
  5. Tambahkan garam dan daun bawang secukupnya, lalu masak hingga matang dan harum.
  6. Hidangkan nasi tim ayam sebagai menu MPASI 12 bulan selagi hangat.

4. Bola-bola Nasi Nori 

bola-bola nasi nori untuk makanan anak 1 tahun - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 1 gelas beras putih
  • ½ gelas beras ketan
  • ½ sdt minyak wijen
  • ¼ sdt garam
  • ½ kaleng tuna
  • 1 bungkus nori
  • Secukupnya mayonnaise

Cara membuat:

  1. Masak beras putih dan beras ketan sekaligus untuk membuat bola-bola nasi yang kenyal dan tidak mudah hancur.
  2. Tuang tuna dan mayonaise ke dalam wadah. Aduk hingga rata.
  3. Panggang nori dengan api kecil hingga sedikit layu, kemudian remas-remas hingga hancur.
  4. Campurkan minyak wijen, nori, dan garam dengan nasi hangat. Aduk rata.
  5. Kepal nasi hingga berbentuk bola-bola, lalu isi dengan tuna. Lakukan hingga semua bahan habis.
  6. MPASI bola-bola nasi nori siap disajikan untuk si Kecil.

5. Sup Jagung Telur

sup jagung telur untuk makanan bayi 1 tahun - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 1 buah jagung manis pipil
  • 50 gram daging ayam, potong kecil-kecil
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, dirajang
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 375 ml air
  • ½ sdm saus tiram
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga mengeluarkan aroma yang sedap. Tambahkan air dan didihkan.
  2. Tambahkan daging ayam dan jagung ke dalam rebusan. Aduk hingga rata.
  3. Bumbui dengan garam dan merica, lalu masukkan telur. Aduk rata.
  4. Tambahkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk terus-menerus hingga mengental.
  5. Setelah sup matang, matikan api. Sajikan sup jagung telur dalam keadaan hangat agar lebih nikmat.

Itulah beberapa resep makanan bayi 12 bulan yang bisa Ibu coba di rumah. Ibu bisa menyesuaikan resep-resep tersebut dengan selera dan kebutuhan nutrisi bayi.

Baca juga: 10 Makanan Bergizi untuk Tumbuh Kembang Bayi yang Optimal

Porsi Makan Bayi 1 Tahun

Menginjak usia 1 tahun, sudah waktunya si Kecil diberi makan 3-4 kali sehari yang diselingi dengan pemberian camilan sebanyak 1-2 kali di antara waktu-waktu makan tersebut. 

Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia, porsi makan bayi 1 tahun adalah sekitar tiga perempat mangkuk ukuran 250 ml atau sekitar 12 sendok makan. 

Semakin banyak variasi makanan bayi 1 tahun yang diberikan, maka semakin banyak pula nutrisi yang diperoleh.

Selain porsi makan bayi 1 tahun, Ibu juga perlu memerhatikan jenis makanannya. Pastikan makanan si Kecil yang diberikan mengandung nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah pentingnya dari itu, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk, coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.