Whatsapp Share Like Simpan

Bu, si Kecil sudah memasuki usia 1 tahun? Wah, selamat ya, Bu. Di usia ini biasanya bayi sedang mengalami tumbuh kembang yang pesat, sehingga Ibu harus memaksimalkannya dengan pemberian makanan bayi 1 tahun yang bergizi dan stimulasi yang sesuai usia. 

Menginjak usia 1 tahun, sudah waktunya si Kecil diberi makan tiga kali sehari yang diselingi dengan pemberian camilan di antara waktu-waktu makan tersebut. Yang penting untuk Ibu perhatikan yaitu pemberian makanan bayi 1 tahun yang bervariasi. Semakin banyak variasinya, maka semakin banyak pula nutrisi yang si Kecil peroleh. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa mengurangi risiko si Kecil menjadi picky eater karena lidahnya bisa mengenal berbagai jenis, rasa, dan tekstur makanan. 

Mungkin Ibu juga bingung makanan bayi 1 tahun seperti apa yang sekiranya dapat meningkatkan tumbuh kembang si Kecil. Yang pasti, makanan bayi 1 tahun ini harus mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah 9 Asam Amino Esensial (9 AAE). 

9 AAE merupakan protein esensial yang harus dikonsumsi secara rutin setiap hari, karena tubuh si Kecil tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan tinggi protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

9 AAE ini sangat bermanfaat untuk fungsi dasar tubuh, seperti pertumbuhan tulang dan otot, perkembangan otak, menstimulasi hormon pertumbuhan, dan mengangkut zat gizi lain. Jadi, kalau si Kecil kekurangan 9 AAE, maka potensi tinggi badan dan kecerdasannya bisa terhambat lho, Bu. Lantas, apa saja makanan bayi 1 tahun yang dapat meningkatkan tumbuh kembang si Kecil? Simak daftarnya di bawah ini.

Artikel Sejenis

Susu

Susu termasuk makanan bayi 1 tahun yang sebaiknya Ibu berikan secara rutin karena mengandung nutrisi prima untuk meningkatkan tumbuh kembang si Kecil. Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung 9 AAE yang lengkap dan DHA 4x lebih tinggi. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil.

Selain mengandung 9AAE yang lengkap, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan/atau 3+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Eits, Tidak hanya itu lho, Bu, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ pun mengandung kombinasi prima untuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Telur

Selain rasanya yang gurih, mudah didapatkan, dan mudah diolah, ternyata telur termasuk makanan bayi 1 tahun yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk si Kecil lho, Bu. Dalam satu butir telur terdapat nutrisi yang beragam, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Ibu bisa mengolah telur dengan mudah, misalnya Ibu bisa membuat omelette dengan campuran brokoli dan wortel yang sudah dihaluskan. Bisa juga ditambahkan dengan susu agar tekstur omelette jadi lebih halus dan lembut. Meskipun makanan bayi 1 tahun yang satu ini kaya manfaat, Ibu tetap perlu memberikan telur sesuai batas normal dan tidak berlebihan, karena telur mengandung kolesterol yang tinggi. 

Ikan

Selain susu dan telur, makanan bayi 1 tahun yang tinggi protein selanjutnya yaitu ikan. Jadi tidak heran ya Bu kalau ikan selalu ada dalam setiap menu MPASI dan makanan padat anak-anak.. Ada banyak jenis ikan yang bisa Ibu pilih, mulai dari ikan salmon, ikan tuna, ikan dori, ikan nila, dan berbagai jenis makanan laut (seafood) lainnya, seperti udang, cumi, kerang, dan lain-lain.

Namun, sebelum Ibu memberikan si Kecil makanan bayi 1 tahun yang berbahan dasar ikan, sebaiknya Ibu memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki riwayat alergi makanan laut (seafood). Ini karena sebagian anak ada yang memiliki riwayat alergi jika mengonsumsi ikan. Kalau si Kecil ternyata memiliki alergi terhadap ikan, Ibu tidak perlu khawatir berlebihan ya. Sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selain itu, Ibu juga perlu mengolah ikan secara tepat agar tidak ada duri yang masih menyangkut. Pastikan tekstur makanan bayi 1 tahun ini sudah cukup lembut agar si Kecil lebih mudah mengunyah dan menelannya. 

Daging 

Pilihan makanan bayi 1 tahun yang selanjutnya yaitu daging, baik itu daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam, maupun daging unggas lainnya. Tak kalah dengan ikan, daging juga termasuk makanan bayi 1 tahun yang mengandung tinggi protein, sehingga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu makan harian si Kecil.

Selain kaya protein, daging juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, mulai dari karbohidrat, lemak, omega 3, serta berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Karena si Kecil masih belum memiliki gigi yang lengkap, pastikan Ibu mengolah daging hingga empuk saat menyajikan menu makanan bayi 1 tahun. 

Baca Juga: Benarkah Fungsi Lemak Penting Bagi Anak? Ini Faktanya

Kacang-kacangan

Di jaman dulu, kacang-kacangan sering kali jadi nutrisi utama untuk anak-anak yang baru belajar untuk makan. Biasanya identik dengan bubur kacang hijau atau kacang merah. Meski bernutrisi, kacang-kacangan belum memiliki nutrisi 9AAE yang lengkap. Sehingga tetap memerlukan protein hewani untuk menyeimbangakn kebutuhan nutrisinya.

Jika ingin menambahkan kacang-kacangan dalam menu makanan bayi 1 tahun, Ibu bisa menggunakan kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, almond, dan lain sebagainya. Perlu diingat ya Bu, beberapa anak ada yang memberikan reaksi alergi saat mengonsumsinya. Untuk itu, Ibu perlu memperhatikan reaksi si Kecil setelah pertama kali mengonsumsinya. Jika aman, Ibu boleh terus memberikannya ke dalam menu MPASI si Kecil.

Buah-buah dan sayuran

Makanan bayi 1 tahun yang sayang untuk dilewatkan yaitu buah-buahan dan sayuran. Pastikan Ibu mengimbangi porsi buah dan sayur dengan makanan tinggi protein lainnya agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Sebab, meskipun buah dan sayur kaya vitamin, tetapi kandungan proteinnya cukup sedikit, sehingga harus ditambah dari sumber protein hewani lain.

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang bisa Ibu masukkan ke dalam menu makanan bayi 1 tahun, seperti pisang, alpukat, stroberi, tomat, brokoli, wortel, kembang kol, dan lain sebagainya. Ibu juga perlu memastikan kebersihan makanan bayi 1 tahun ini terjaga dengan baik agar tidak ada bakteri atau kuman yang masih menempel di dalamnya. Setelah itu, Ibu perlu mengolah buah dan sayur dengan tepat, sebaiknya hindari mengolah bahan pangan ini terlalu lama agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak ya, Bu. 

Apapun jenis makanan bayi 1 tahun yang Ibu olah, pastikan di dalamnya mengandung berbagai nutrisi prima untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Selain fokus memberikan asupan nutrisi yang tepat, Ibu juga perlu memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil secara rutin. Caranya mudah lho, Ibu bisa memanfaatkan Akademi Keluarga Prima fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima

Melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima, Ibu bisa mengetahui grafik pertumbuhan si Kecil yang ideal karena sesuai dengan panduan dari WHO dan CDC. Yuk, langsung coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz