Whatsapp Share Like Simpan

Ibu khawatir makanan yang mengandung lemak membahayakan kesehatan si Kecil? Eits, faktanya tidak semua lemak itu jahat lho, Bu. Bahkan, fungsi lemak sangat penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Namun, Ibu juga tetap harus cermat memilih makanan yang mengandung lemak baik, agar manfaat yang didapatkan lebih optimal.

Selama ini banyak orang tua yang paham bahwa zat gizi makro, seperti karbohidrat dan protein merupakan nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang anak agar lebih prima. Sama seperti keduanya, lemak juga merupakan zat gizi makro yang perlu dimasukkan ke dalam menu makanan harian si Kecil.

Secara umum, lemak terbagi ke dalam 3 jenis, di antaranya lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak trans. Lemak tak jenuh inilah yang disebut sebagai lemak baik. Jenis lemak tak jenuh yang paling umum dikenal adalah asam lemak omega 3 (ALA /Asam Linolenat), DHA, dan asam lemak omega 6 (LA /Asam Linoleat).

Dengan kehadiran lemak, si Kecil bisa memiliki energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, sebenarnya ada banyak fungsi lemak yang penting bagi tubuh si Kecil. Nah, di artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai fungsi lemak serta sumber makanannya. Jadi, simak penjelasan mengenai peran dan fungsi lemak bagi anak sampai selesai ya, Bu!

Fakta Fungsi Lemak yang Penting Bagi Anak

Sebelum membahas mengenai makanan mengandung lemak yang penting untuk anak, sebaiknya kita simak dulu fungsi lemak secara keseluruhan bagi tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa fungsi lemak bagi tubuh, antara lain:

Artikel Sejenis

  • Sumber energi bagi tubuh

    Tahukah Ibu, ternyata fungsi lemak yang paling utama yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh lho. Satu gram lemak menghasilkan 9 kalori. Tanpa asupan lemak yang cukup, si Kecil tidak memiliki energi yang optimal untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

    Meskipun fungsi lemak penting untuk menambah energi, tetapi bukan berarti Ibu bisa memberikan lemak secara berlebihan kepada si Kecil, ya. Ibu tetap perlu memastikan jenis dan kuantitas asupan lemak yang masuk, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk menambah energi pun, Ibu tetap perlu mencukupi asupan karbohidrat dan protein bagi si Kecil agar bisa mencukupi kebutuhan energinya sehari-hari.

  • Mendukung perkembangan otak

    Tak sampai di situ lho, Bu, fungsi lemak bagi anak-anak juga penting untuk mendukung perkembangan jaringan otak dan saraf, serta proses tumbuh kembang. Apalagi pada 2 tahun pertama kehidupannya, otak anak sedang berkembang dengan pesat, sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang penting, termasuk omega 3 (ALA) dan omega 6 (LA ).

  • Membantu penyerapan vitamin

    Fungsi lemak juga penting untuk membantu penyerapan beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Keempat vitamin ini merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, agar vitamin tersebut dapat diserap oleh tubuh dengan lebih baik, si Kecil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik dengan secukupnya.

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

    Fungsi lemak juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya, lemak dibutuhkan untuk memproduksi sebum atau minyak alami tubuh guna menjaga kelembapan kulit dan rambut si Kecil. Fungsi lemak juga berperan dalam pembentukan sel dan jaringan kulit, serta rambut yang baru.

    Melansir laman resmi parents.com, beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa lemak baik, seperti asam lemak omega 3 (ALA) dan asam lemak omega 6 (LA) berperan dalam membantu proses penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan rambut, serta mencegah dan mengurangi kerontokan di kemudian hari.

Wah… Fungsi lemak ternyata luar biasa ya, Bu? Oleh karena itu, tak ada salahnya lho memberikan si Kecil makanan yang mengandung lemak agar tumbuh kembangnya lebih prima. Namun, Ibu harus lebih cermat memilih jenis makanan yang mengandung lemak baik dan aman dikonsumsi oleh si Kecil agar tumbuh prima dan kreatif.

Sumber Lemak Baik yang Aman Dikonsumsi Anak

Supaya si Kecil mendapatkan fungsi lemak dengan lebih optimal, tentunya Ibu perlu memberikan ia makanan yang mengandung lemak, kan? Nah, di bawah ini ada beberapa makanan mengandung lemak yang aman dikonsumsi anak-anak, antara lain:

  • Susu

    Manfaat lemak bisa si Kecil dapatkan dengan rutin mengonsumsi susu. Apakah Ibu bingung memilih jenis susu yang baik dikonsumsi si Kecil? Sebaiknya Ibu memilih susu yang mengandung lemak baik seperti Omega 3 (ALA), DHA dan Omega 6 (LA).

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi pilihan tepat karena mengandung omega 3 (ALA), omega 6 (LA), DHA 4x lebih tinggi, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi serta dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap untuk meningkatkan akal kreatif si Kecil. 

    Selain lemak, 9AAE juga sangat penting untuk si Kecil. Sebab, 9AAE tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan tinggi protein secara rutin dan setiap hari. Tanpa 9AAE, nutrisi penting lainnya, seperti DHA tidak bisa dibawa ke dalam sel-sel tubuh yang membutuhkannya.

    Nah, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu bubuk pertumbuhan yang tepat bagi anak usia 1-3 tahun agar tumbuh kreatif, tangkas, dan berani. 

    Apa yang terjadi jika si Kecil kekurangan 9AAE? Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menyebutkan kekurangan semua jenis 9AAE akan menurunkan potensi tinggi badan dan kecerdasan anak sebesar -50%. Ibu pasti tidak ingin hal ini dialami si Kecil, kan? Untuk itu, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil.

  • Telur

    Selain sebagai sumber protein, telur juga mengandung lemak yang dapat mendukung kesehatan si Kecil. Fungsi lemak dalam telur dapat mendukung perkembangan otak si Kecil, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, serta menjaga kesehatan organ tubuh.

    Selain mudah didapatkan, harganya cukup terjangkau, rasanya yang gurih, apa ya yang kurang dari telur? Meskipun Telur termasuk makanan bergizi tinggi, tetapi Ibu juga tetap harus mencukupi asupannya sesuai dengan batas normal. Sebab, telur juga mengandung kolesterol yang tinggi.

  • Ikan

    Ibu juga bisa memberikan olahan ikan kepada si Kecil agar ia mendapatkan fungsi lemak. Dengan begitu, ikan bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak, menjaga kesehatan sistem saraf, mendukung daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis ikan yang bisa diolah, di antaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan bandeng, ikan kembung, dan lain sebagainya.

  • Daging

    Si Kecil gemar mengonsumsi daging, baik itu daging sapi maupun daging ayam? Kabar gembiranya, daging merupakan makanan yang kaya protein dan lemak, sehingga dapat mendukung kesehatan si Kecil. Tentunya dengan pemberian yang sesuai batas normal dan tidak berlebihan ya, Bu.

  • Minyak nabati

    Nah, satu lagi bahan masakan yang mengandung tinggi lemak, yaitu minyak nabati. Sebenarnya ada banyak jenis minyak nabati yang bisa Ibu pilih, di antaranya minyak zaitun, minyak kanola, minyak gandum, minyak biji bunga matahari, minyak wijen, dan lain-lain. Meskipun si Kecil bisa mendapatkan manfaat lemak baik dalam minyak nabati, tetapi Ibu harus memastikan jenis dan kuantitas lemak yang dikonsumsi si Kecil. 

Fungsi lemak nyatanya terbukti penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil ya, Bu? Jadi, sudah tidak ada alasan dong untuk memberikan si Kecil makanan mengandung lemak baik? Ibu juga perlu menyeimbangkan makanan bernutrisi si Kecil dengan sumber makanan lainnya agar kebutuhan gizi harian si Kecil terpenuhi dengan Prima, salah satunya yaitu susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+

Seperti yang telah dijelaskan di atas, selain mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) lengkap dan kombinasi nutrisi untuk otak, yaitu DHA 4x lebih tinggi, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Supaya si Kecil bisa tumbuh kreatif, tangkas, dan pemberani, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Ibu bisa langsung gunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz