Whatsapp Share Like Simpan

Bayi susah BAB alias sembelit adalah hal yang umum ditemui saat memulai fase MPASI. Walaupun hal ini sangat normal dan dialami oleh sebagian besar bayi, tapi sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut ya, Bu. Ketika mengalami sembelit bayi tentu akan merasa tidak nyaman. Bahkan, ia bisa kehilangan nafsu makan saat mengalaminya. Kalau sudah begitu, waktu makannya pun jadi terganggu. Maka dari itu, Ibu harus segera mengatasinya dengan cara memberikan makanan yang dapat membantu memperlancar buang air besar.

Ciri-ciri Bayi Susah BAB

Untuk mengetahui apakah bayi mengalami sembelit atau konstipasi, Ibu perlu melihat apakah terdapat beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Perut terasa kembung.
  • Buang air besar disertai dengan mengejan.
  • Sering mual.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Proses BAB terlihat tidak tuntas,.
  • Bayi rewel karena kram atau sakit pada perut bawah.
  • Feses keras, kering, atau menggumpal.
  • Feses berukuran sangat kecil atau besar.

Makanan untuk Memperlancar Sembelit

Makanan untuk Memperlancar Sembelit

Ketika bayi susah BAB, Ibu bisa coba mengatasinya dengan memberikan makanan yang kaya serat. Zat ini berperan dalam menyehatkan dan memperlancar pencernaan, sehingga bayi akan lebih mudah buang air besar. Berikut ada beberapa jenis makanan pelancar BAB yang bisa Ibu berikan kepada bayi:

  • Tomat. Buah ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun tomat ternyata juga tinggi akan kandungan serat dan memiliki peran dalam menjaga kesehatan fungsi tinggi. Perpaduan dari keduanya pun akan sangat berkhasiat dalam menyehatkan sistem pencernaan bayi.
  • Pepaya. Kalau buah berwarna jingga yang satu ini memang sudah dikenal ampuh dalam melancarkan buang air besar berkat kandungan enzim papain yang dapat mempermudah protein untuk dicerna. Pepaya juga bersifat antioksidan dan antikanker, sehingga akan melindungi bayi dari radikal bebas dan zat penyebab kanker.
  • Pir. Pir merupakan jenis buah yang mengandung banyak air sehingga akan membantu bayi yang sedang mengalami konstipasi sekaligus mencukupi kebutuhan cairan supaya bayi tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.
  • Buah naga. Buah ini tidak hanya tinggi kandungan vitamin dan mineral, tapi juga kaya air dan serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Dengan teksturnya yang lembut, buah naga akan mempermudah bayi saat mengonsumsinya. Rasanya pun manis dan menyegarkan. Untuk buah naga yang memiliki daging buah berwarna merah akan mempengaruhi warna urin dan feses bayi menjadi merah gelap.
  • Apel merah. Banyaknya kandungan serat di dalam buah apel merah tentu akan sangat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan melunakkan feses. Lalu ada juga kandungan asam organik dan kalium yang berperan dalam menyehatkan tulang, jantung, dan fungsi saraf.
  • Alpukat. Kandungan serat di dalam alpukat cukup tinggi, yakni sekitar 2,2 gram di setiap 100 gram. Ini artinya buah ini akan membantu permasalahan konstipasi dan memperlancar buang air besar pada bayi. Alpukat juga dikenal akan kandungan lemak baik yang bisa meningkatkan berat badan bayi untuk mencapai berat badan normal.
  • Plum. Kandungan sorbitol di dalam plum dapat langsung membuat proses BAB pada bayi berlangsung dengan lancar. Buah plum juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa melindungi bayi dari berbagai penyakit. Ada pula kandungan kalium yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
  • Beri. Aneka buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan cranberry, dikenal kaya akan kandungan serat yang dapat menjadi solusi bayi susah BAB. Kandungan kalorinya yang rendah juga akan berfungsi bagi kesehatan, khususnya untuk mencegah sembelit.
  • Oatmeal. Oatmeal mengandung beta-glucan yang akan berubah menjadi lapisan gel ketika bereaksi dengan air untuk melapisi saluran pencernaan dan dinding perut. Lapisan ini berfungsi sebagai bahan makanan untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus. Jika bakteri baik terjaga pertumbuhannya, maka usus pun jadi lebih sehat yang berpengaruh terhadap proses buang air besar.
  • Brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan gizinya. Selain mengatasi bayi susah BAB, brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan C. Ini membuat sayuran ini bermanfaat untuk menyehatkan penglihatan dan memperkuat sistem imun tubuh bayi.

 

Baca juga: Terlalu Banyak Serat Membuat Sembelit?

Artikel Sejenis

Tips Memperlancar Bayi Susah BAB

Tips Memperlancar Bayi Susah BAB

Di samping memberikan makanan yang membantu proses buang air besar, terdapat beberapa tips lainnya yang bisa Ibu lakukan saat bayi mengalami sembelit, yaitu:

  • Memperbanyak asupan air putih. Untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas, berikan ia lebih banyak air putih untuk membantu melunakkan fesesnya, sehingga proses keluarnya jadi lebih mudah.
  • Melatih kaki bayi. Letakkan bayi pada posisi telentang, lalu angkat kedua kakinya. Buatlah gerakan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Cara ini dapat melepaskan tekanan pada usus dan perut agar dapat bekerja dengan lebih optimal.
  • Memijat perut bayi. Untuk membuat pencernaan bayi berfungsi dengan baik, Ibu bisa memijat perut bayi dengan lembut. Caranya dengan meletakkan bayi dalam posisi telentang, lalu lakukan gerakan memutar searah jarum jam dimulai dari pusarnya. Lakukan secara perlahan saja supaya bayi tidak merasa kesakitan ya, Bu.
  • Memandikan bayi dengan air hangat. Buatlah bayi merasa rileks dengan memandikannya di air hangat. Setelah itu, berikan pijatan lembut pada perutnya seperti cara di atas.

 

Langsung coba berikan beberapa makanan dan lakukan tips di atas saat bayi susah BAB ya, Bu. Semoga setelah itu bayi bisa buang air besar dengan lancar dan nafsu makannya meningkat lagi. Selamat mencoba.

Ibu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak? Langsung kunjungi laman Tanya Pakar saja ya, Bu. Para ahli di sana akan menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk bisa memakai fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Id.theasianparent

Popmama

Health.gird.id