Share Like
Simpan

Selamat, kehamilan Ibu sudah memasuki trimester kedua. Apakah Ibu sering merasa lelah dalam waktu yang lama? Atau sering juga jatuh sakit? Padahal Ibu sudah tidak lagi mengalami morning sickness seperti di trimester pertama. Kenapa Ibu tetap merasakan efek kelelahan ya? Bisa jadi Ibu kekurangan Asam Folat! Ini tidak bisa dianggap remeh karena Asam Folat untuk ibu hamil memiliki peran penting dalam fungsi otak serta daya tahan tubuh. Kandungan ini bahkan juga bisa mencegah anak lahir cacat, kelainan otak, dan sumsung tulang belakang. Saya sempat mengalaminya ketika mengandung si Kecil dulu, Bu. Berikut tanda-tanda kekurangan Asam Folat atau Vitamin B9 yang pernah saya rasakan.  

1. Sering Merasa Lelah

Sering merasa lelah tentu merupakan hal yang biasa dirasakan Ibu hamil, bukan? Namun hati-hati menyamakan rasa lelah yang normal terjadi saat hamil dengan kelelahan akibat kekurangan Asam Folat, Bu. Dari pengalaman saya, ketika kekurangan Asam Folat, tubuh jadi terasa lebih lelah. Jika Ibu merasakan gejala yang sama, ada baiknya hal ini dikonsultasikan ke dokter, ya.

2. Mudah Jatuh Sakit

Ketika kekurangan Asam Folat saat hamil, saya merasa jadi mudah sakit, Bu. Ternyata dari artikel online yang saya baca, penelitian yang dilakukan Harvard University, menyebutkan bahwa kekurangan nutrisi tertentu, salah satunya Asam Folat, dapat mengganggu daya tahan tubuh dan kesehatan Ibu hamil, lho. Alhasil, tubuh pun jadi mudah jatuh sakit.

3. Anemia

Dari hasil konsultasi dengan dokter, disebutkan bahwa anemia merupakan kondisi kesehatan di mana jumlah hemoglobin atau sel darah merah berada pada angka di bawah normal. Sama halnya dengan dua gejala di atas, anemia juga menjadi salah satu gejala dari kurangan Asam Folat pada tubuh Ibu hamil. Ini disebabkan karena kurangnya nutrisi ini membuat tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh Ibu, termasuk janin.

4. Kulit Terlihat Pucat

Apakah Ibu merasa kulit tubuh terlihat lebih pucat dari biasanya? Segera periksakan ke dokter ya, karena ini bisa jadi tanda Ibu kekurangan Asam Folat. Asam Folat memiliki peran penting dalam produksi sel darah merah, Bu. Kondisi kurang Asam Folat dapat berujung pada anemia yang dapat membuat kulit pucat. Jadi, ada baiknya Ibu memerhatikan kembali tanda-tanda kulit mulai terlihat tidak sehat atau memucat saat hamil.

5. Mengalami Masalah Pencernaan

Vitamin B adalah salah satu nutrisi yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Nah, orang yang mengalami kekurangan Asam Folat biasanya mengalami berbagai masalah pencernaan, antara lain diare, hilang nafsu makan, berat badan berkurang. Hal ini perlu segera diatasi agar Ibu dan si Kecil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.  

6. Rambut Rontok dan Memutih

Gejala yang satu ini tergolong cukup ekstrem, Bu. Untungnya saya tidak mengalaminya ketika kekurangan Asam Folat saat hamil dulu. Dari hasil konsultasi dokter, ketika kadar Asam Folat berada di bawah angka normal, umumnya nutrisi rambut pun akan ikut terganggu. Inilah yang menyebabkan kerontokan rambut serta munculnya uban.

Nah, jika saat ini Ibu mengalami gejala-gejala di atas, salah satu pertolongan pertama untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak konsumsi pepaya, brokoli, kacang-kacangan, bayam, jeruk, wortel, alpukat, atau sumber asam folat untuk ibu hamil lainnya. Ibu juga tetap perlu rutin memeriksakan kondisi Ibu pada dokter ya, agar dapat terus mendukung si Kecil lahir pintar, kuat, dan tinggi.