Bu, jangan panik jika produksi ASI saat ini tidak terlalu banyak. Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Mulai dari mengonsumsi susu dengan kandungan yang tepat agar kuantitas dan kualitas ASI terjaga hingga makanan untuk ibu menyusui. Salah satu asupan selain makanan untuk ibu menyusui yang perlu dikonsumsi adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Kekhawatiran soal produksi ASI terkadang membuat sebagian Ibu panik dan mencari segala cara agar buah hatinya mendapatkan asupan ASI yang mencukupi. Salah satu cara yang sering dipilih yaitu mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui.

Makanan untuk ibu menyusui dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI, sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. Apalagi jika si Kecil sering terbangun dari tidurnya karena lapar. Lantas, apa saja jenis makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu memperlancar ASI? Simak rekomendasinya berikut ini, ya!

Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Tahukah Ibu, apa saja jenis makanan untuk ibu menyusui? Yuk, catat daftarnya berikut ini: 

  1. Susu

    Ibu sedang mencari makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas dan gemuk? Selain mengonsumsi beberapa makanan tersebut, Ibu sebaiknya juga rutin minum susu yang diformulasi khusus ibu hamil dan menyusui, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM karena susu ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Ibu.

    Artikel Sejenis

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung kaya nutrisi yang penting bagi Ibu dan si Kecil lho. Di dalamnya mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap, yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil.

    Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

    Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu ibu menyusui untuk menambah ASI dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

  2. Daun Katuk

    Tahukah Ibu jika daun katuk sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa membantu melancarkan produksi ASI? Ini karena sayuran ini mengandung laktagogum yang efektif dalam meningkatkan produksi ASI.

    Makanan untuk ibu menyusui ini juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, B, C, zat besi, dan kalsium yang tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi Ibu selama menyusui.

  3. Daun Kelor

    Selain daun katuk, daun kelor juga direkomendasikan oleh IDAI sebagai salah satu makanan untuk ibu menyusui. Saat mengonsumsi daun kelor, Ibu akan mendapatkan manfaat lainnya dari segi kesehatan. Tanaman ini dipercaya baik dalam menjaga kestabilan gula darah, tekanan darah, anemia, dan masalah malnutrisi.

  4. Salmon

    Tak hanya baik dikonsumsi selama hamil, salmon ternyata juga bisa menjadi makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas dan gemuk lho. Kandungan omega 3 dan asam lemak esensial di dalamnya bisa membantu memperlancar jumlah ASI. Mengonsumsi salmon saat menyusui turut mendukung perkembangan dan kecerdasan otak si Kecil.

    Baca juga: 3 Ikan Setara Salmon Ini dapat Optimalkan Tumbuh Kembang

  5. Oat

    oat makanan untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Oat adalah makanan untuk ibu menyusui yang kaya akan kandungan gizi, mulai dari vitamin B, serat, kalsium, hingga zat besi. Dikarenakan terbuat dari gandum, maka oat akan bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI selama menyusui buah hati. Jadikan oat sebagai sarapan yang ditambahkan dengan aneka buah-buahan menyegarkan yang juga kaya nutrisi.

  6. Beras Coklat

    Berdasarkan sebuah studi yang berkaitan tentang ASI, beras coklat dikatakan efektif dalam merangsang hormon yang dapat meningkatkan kadar ASI. Selain sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui, beras ini juga lebih sehat jika dibandingkan dengan beras putih karena mampu memberikan ekstra energi yang Ibu perlukan setelah melahirkan. 

  7. Ubi

    Kandungan beta karoten di dalam ubi bermanfaat untuk membantu memperbanyak suplai ASI. Di dalam makanan untuk ibu menyusui ini juga terkandung berbagai zat gizi lainnya, mulai dari vitamin B1, B2, B6, fosfor, potasium, serat, hingga magnesium yang efektif untuk memberikan rasa santai agar Ibu terhindar dari stres karena lelah mengurus si Kecil. Ubi bisa diolah menjadi hidangan kesukaan yang bernutrisi.

    Baca juga: Tips Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu (ASI)

  8. Bayam

    Dalam setiap rekomendasi asupan nutrisi, sayuran hijau ini selalu masuk ke dalam salah satu daftarnya. Yup! Bayam memang termasuk sayuran yang memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai makanan untuk ibu menyusui. Bayam juga baik dikonsumsi setelah melahirkan karena akan membantu mengembalikan kadar zat besi yang hilang jika mengalami perdarahan saat melahirkan.

  9. Wortel

    Wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat dikenal sebagai nutrisi yang menyehatkan mata. Namun ternyata vitamin A juga baik dalam meningkatkan jumlah ASI lho, Bu. Inilah sebabnya wortel juga termasuk sebagai kategori makanan untuk ibu menyusui yang disarankan untuk rutin dikonsumsi.

  10. Asparagus

    Sayuran yang satu ini juga disebut sebagai salah satu asupan wajib bagi Ibu yang sedang dalam masa menyusui. Asparagus mampu merangsang hormon-hormon yang berperan dalam memproduksi ASI.

    Selain itu, makanan untuk ibu menyusui ini juga tinggi akan kandungan vitamin A, K, dan serat, sehingga akan membantu meningkatkan sistem imun, membantu proses pembekuan darah, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  11. Pare

    Meski rasanya pahit, tapi siapa sangka kalau pare merupakan salah satu makanan untuk ibu menyusui. Ya, pare merupakan sayuran yang tinggi kandungan fitonutrien dan folat yang dapat merangsang kelancaran ASI.

    Di dalam pare juga terkandung vitamin K, fitokimia lutein, likopen dan antioksidan. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, potong-potong pare secara tipis lalu lumuri dengan garam sambil diremas-remas. Setelah itu, tumis pare untuk dijadikan lauk bersama nasi.

  12. Pepaya Muda

    Pepaya muda dapat meningkatkan hormon oksitosin di dalam tubuh yang akan berpengaruh pada produksi ASI. Buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C, dan E.

    Memiliki kandungan kalori yang rendah, Ibu bisa mengonsumsi pepaya muda sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui dengan mencampurkannya bersama sayuran lain untuk dijadikan hidangan yang lezat. 

  13. Yoghurt

    Yoghurt makanan untuk ibu menyusui - ibudanbalita

    Yoghurt merupakan produk susu yang memiliki banyak manfaat berkat berbagai nutrisi yang ada di dalamnya. Di dalam yoghurt terkandung nutrisi seperti protein, vitamin B12, fosfor, kalsium, dan potasium dalam kadar yang tinggi.

    Mengonsumsi yoghurt secara teratur dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh, menyehatkan sistem pencernaan, dan tentunya bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk ibu menyusui yang bernutrisi. 

  14. Kacang-kacangan

    Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti almond, macadamia, dan mete, merupakan pilihan populer makanan untuk ibu menyusui yang dapat memperlancar ASI. Ketiganya juga mengandung lemak baik dan antioksidan, sehingga dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

    Kacang bisa dijadikan sebagai camilan sehat ketika perut lapar setelah menyusui. Namun sebaiknya olah sendiri kacang tersebut agar bebas dari zat-zat berbahaya ya, Bu.

  15. Biji Chia

    Biji chia atau chia seeds mengandung nutrisi yang baik dikonsumsi oleh Ibu selama menyusui, seperti protein, asam lemak omega 3, dan serat. Karenanya, biji chia dapat berfungsi sebagai makanan pelancar ASI, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

    Chia seeds bisa dikonsumsi dengan cara direndam dulu semalaman. Setelah itu, Ibu bisa menaburkannya di atas oats, pudding, atau smoothies sebagai sarapan di pagi hari.

  16. Biji Wijen Hitam

    Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang dipercaya dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Selain itu, makanan pelancar ASI yang mengandung kalsium ini juga efektif untuk memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan. Busui bisa mencampurkan biji wijen ini dengan susu, atau makanan lainnya yang akan dikonsumsi. Namun ingat, jangan konsumsi secara berlebihan ya.

  17. Labu Siam

    Kebutuhan asam folat ibu menyusui memang tidak sebesar ibu hamil. Namun kebutuhan asam folat saat kamu menyusui tetap dua kali lebih tinggi dibandingkan saat tidak hamil. Asam folat ini penting untuk membantu perkembangan sel, hemoglobin, dan jaringan organ si Kecil. Ibu bisa mengonsumsi minimal 100 gram labu siam setiap hari untuk menambah asam folat.

  18. Kurma

    Kurma merupakan salah satu camilan manis yang kaya kandungan kalsium, yang dapat mendorong produksi ASI. Kandungan seratnya juga sangat baik untuk ibu menyusui agar terhindar dari sembelit atau konstipasi.

Baca juga: 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui yang Prima

Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

Manfaat ASI eksklusif untuk ibu dan bayi - ibudanbalita

ASI eksklusif sebaiknya diberikan kepada si Kecil sejak lahir hingga usianya enam bulan. Selama periode tersebut, sebaiknya si Kecil hanya mengonsumsi ASI, tanpa ada tambahan asupan dari makanan apapun.

Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk terus meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sebab, ASI eksklusif bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Ibu dan bayi, di antaranya:

  • Menjaga sistem imun tubuh si Kecil
  • Membantu meningkatkan kecerdasan si Kecil
  • Berat badan si Kecil lebih seimbang
  • Tulang bayi lebih kuat
  • Si Kecil mendapat banyak asupan kolesterol 
  • Mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)
  • Memperkuat hubungan antara Ibu dan si Kecil
  • Mengurangi stres pada Ibu
  • Sebagai KB alami
  • Mengurangi perdarahan rahim usai persalinan
  • Membantu Ibu menurunkan berat badan
  • Menghemat biaya pengeluaran 

Manfaat di atas dapat diperoleh apabila diimbangi menghindari pantangan makanan untuk ibu menyusui, istirahat dan tidur yang cukup, serta kurangi stres agar produksi ASI tetap terjaga. Minta Ayah untuk sama-sama mengurus bayi ya, Bu, agar beban Ibu tidak terlalu berat.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Ibu perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Selain mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui, Ibu juga harus fokus memantau tumbuh kembang si Kecil agar tumbuh lebih prima. Caranya dengan memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima dari Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil berdasarkan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Yuk, coba fiturnya sekarang juga!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.