Tahukah, Ibu? Sejumlah penelitian menyebutkan berbagai manfaat konsumsi ikan untuk anak, terutama untuk perkembangan fisik dan kecerdasan otak. Ikan salmon jadi salah satu jenis ikan yang dikenal punya manfaat baik. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa harga ikan tersebut relatif mahal. Meskipun begitu, Ibu tidak perlu khawatir, ada juga jenis ikan setara salmon dengan manfaat yang tidak kalah baik bagi tumbuh kembang anak. Sebelum mengetahui apa saja ikan tersebut, pastikan Ibu juga melengkapi nutrisi si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan. Ibu bisa memberikannya susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan  9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Tahukah, Ibu? Bahkan jenis ikan setara salmon ini bisa ditemukan sebagai jenis ikan lokal dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, meskipun punya harga yang jauh dibandingkan dengan salmon, jenis ikan setara salom ini tidak kalah menawarkan nutrisi dibanding ikan impor. Kira-kira jenis ikan apa saja yang punya manfaat dan dikategorikan sebagai ikan setara salmon tersebut? Yuk, simak selengkapnya.

Ikan kembung

Salah satu jenis ikan setara salmon yang mudah Ibu temukan adalah ikan kembung. Salah satu pilihan Ikan setara salmon ini bisa ibu ditemukan di pasar modern maupun tradisional. Ikan kembung sebagai alternatif ikan setara salmon kaya akan nutrisi. 

Menurut Ketua UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Endang D. Lestari, SpA(K), MPH, ikan kembung dinilai kaya akan kandungan DHA dan Omega 3. Satu ons ikan kembung sebagai alternatif ikan setara salmon ini mengandung sekitar 2,6 gram Omega 3. Bagi anak usia di bawah 6 tahun direkomendasikan mengonsumsi ikan kembung sebanyak 3-5 ons per minggu.

Ikan lele 

Banyak yang menganggap bahwa ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang punya kandungan nutrisi yang rendah. Namun, ikan lele ternyata juga dianggap sebagai salah satu jenis ikan setara salmon. Perlu dipahami bahwa kandungan nutrisi dalam ikan lele tidak bisa diremehkan, Bu. 

Artikel Sejenis

Ikan air tawar yang juga jadi alternatif dari ikan setara salmon satu ini kaya akan kandungan protein dan fosfor. Kedua kandungan tersebut dinilai jadi kandungan yang penting untuk tumbuh kembang anak. 

Pasalnya, fosfor berguna mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi tidak hanya untuk anak, bahkan ikan setara salmon ini juga kerap kali disaranakan untuk dikonsumsi oleh Ibu di masa kehamilan. 

Untuk anak-anak sendiri, cukup disarankan Ibu menghadirkan menu kreasi dari ikan lele sebanyak dua kali seminggu. Hal ini diperlukan agar anak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang optimal dari ikan setara salmon ini. 

Ikan teri 

Meskipun punya tubuh yang kecil, tapi siapa sangka bahwa ikan teri bisa menjadi makanan bergizi untuk anak dan jadi alternatif untuk ikan setara salmon, Bu? Salah satu jenis ikan setara salmon ini terkenal punya cita rasa yang gurih, sehingga kerap kali jadi pelengkap untuk hidangan di Indonesia. 

Tidak hanya menawarkan cita rasa tersebut, ternyata ikan teri juga kaya akan kalsium. Konsumsi kalsium juga dibutuhkan tidak hanya untuk anak, tapi juga bagi Ibu di saat hamil. Perlu dipahami bahwa janin mengambil asupan kalsium Ibu untuk berkembang.

Menurut sejumlah penelitian, dalam 100 gr ikan teri terdapat 500-972 mg Kalsium. Kadar tersebut dinilai cukup untuk melengkapi kebutuhan kalsium anak dengan kisaran 700-1000 mg kalsium setiap harinya. 

Namun hal tersebut juga tergantung dari usia dan berat badannya. Oleh karena itu, Ibu juga harus sering melakukan konsultasi kepada dokter dalam mengetahui kebutuhan nutrisi anak Selain itu, nutrisi yang ada di dalam ikan setara salmon ini juga menjaga daya tahan tubuh sehingga anak lebih kuat.

Baca juga: 16 Ikan yang Bagus untuk MPASI agar Si Kecil Lebih Sehat

Manfaat konsumsi ikan bagi kesehatan

Bagaimana, Bu? Kini sudah paham bahwa konsumsi ikan, terutama ikan setara salmon punya manfaat yang besar bagi pertumbuhan anak. Jadi, Ibu tidak usah khawatir lagi dengan harga ikan yang tinggi. 

Banyak jenis ikan lain yang terjangkau dan punya nutrisi yang sama seperti ikan mahal. Di luar itu, kandungan ikan setara salmon ini juga punya peran baik bagi kesehatan anak.

Mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh 

Manfaat ikan setara salmon untuk menjaga kesehatan datang dari kandungan asam lemak. Setiap ikan punya kandungan asam lemak yang baik. Namun kadar paling tinggi bisa Ibu temukan di jenis ikan laut. Meskipun begitu jumlah asam lemak omega-3 pada ikan setara salmon yang hidup di air tawar tetap lebih tinggi dibandingkan dengan hewan lain seperti ayam dan daging sapi.

Selain asam lemak omega-3, beberapa ikan setara salmon juga mengandung asam lemak omega 6 yang tidak dapat diproduksi secara alami di tubuh. Asam lemak yang berperan dalam manfaat ikan setara salmon ini akan membantu tubuh untuk menjaga kesehatan terkait kadar kolesterol. 

Selain itu, komponen ini juga akan membuat otot lebih peka untuk merespons hormon insulin. Tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, asam lemak yang dikandung oleh ikan setara salmon juga meningkatkan fungsi otak secara optimal. Dengan optimalnya fungsi otak, maka hal tersebut mampu membantu anak untuk tumbuh jadi cerdas. 

Ibu juga bisa mendapatkan manfaat asam lemak omega 3 dan omega 6 dari susu bubuk pertumbuhan Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Apalagi susu ini juga diperkaya dengan kandungan 9 Asam Amino Esensia (9AAE) yang lengkap serta kombinasi nutrisi penting lainnya.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Berkat kandungan seleniumnya, konsumsi manfaat ikan lainnya adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, selenium juga berperan dalam fungsi kognitif. Selain menjaga imun tubuh si kecil, manfaat ikan nila dari kandungan selenium dalam ikan nila yaitu melawan radikal bebas. Selenium dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan penyakit akibat radikal bebas, seperti penuaan dini dan kanker.

Memproduksi sel baru

Hampir seluruh jenis ikan, termasuk ikan setara salmon punya kandungan protein yang tinggi. Dengan kadar protein yang tinggi dinilai membantu kemampuan tubuh dalam memproduksi sel baru. 

Dalam aktivitas sehari-hari di masa tumbuh kembang anak, sel di dalam tubuh terus melakukan regenerasi agar mengoptimalisasi pertumbuhan secara lebih baik. Untuk itu, kandungan protein yang ditemukan di dalam hidangan olahan ikan setara salmon punya peran penting dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Sumber energi aktivitas anak

Protein yang dikandung oleh ikan setara salmon juga bisa jadi sumber energi penting untuk bantu aktivitas anak. Selain bahwa selain karbohidrat dan lemak, protein juga termasuk sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Mengingat aktivitas anak di masa pertumbuhannya cukup aktif dan padat, saat tubuh melakukan proses pengolahan makanan untuk membentuk sumber energi, tubuh akan menggunakan karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. 

Sedangkan, protein berperan sebagai cadangan energi dan akan digunakan saat tubuh membutuhkannya. Sumber energi cadangan ini bisa didapatkan oleh tubuh berkat makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan setara salmon. 

Protein juga punya peranan dalam mengangkut dan menyimpan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat gizi yang diangkut oleh protein dari ikan ini meliputi vitamin, mineral, gula darah, kolesterol, dan oksigen. Contoh protein pengangkut adalah hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru menuju jaringan tubuh lainnya. 

Dalam melancarkan kinerja tubuh, penting bagi Ibu untuk memperkenalkan makanan tinggi protein kepada si kecil Selain mengangkut zat gizi, ada juga protein yang menyimpan zat gizi seperti ferritin. Oleh karena itu, makanan yang mengandung protein dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut dan menyimpan zat gizi. 

Selain kandungan nutrisi yang didapatkan dari ikan setara salmon, Ibu juga perlu memastikan bahwa anak mendapatkan asupan 9 Asam Amino Esensial setiap saat. Kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung mencoba fiturnya di sini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.