Whatsapp Share Like
Simpan

Tahukah, Ibu? Sejumlah penelitian menyebutkan berbagai manfaat konsumsi ikan untuk anak, terutama untuk perkembangan fisik dan kecerdasan otak si Kecil. Namun, beberapa jenis ikan harganya cukup tinggi, ya. Misalnya, Salmon. Salah satu penyebabnya adalah jenis ikan tersebut termasuk ikan impor. Namun, Ibu tak perlu sedih. Ada juga kok, ikan lokal yang harganya terjangkau, dan tak kalah bernutrisi dibanding ikan impor. Apa saja ikan tersebut? Yuk, simak selengkapnya.

1. Ikan Kembung

Ikan yang mudah ditemukan di pasar modern maupun tradisional ini ternyata kaya nutrisi lho, Bu. Menurut Ketua UKK Gizi dan Penyakit Metabolik, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Endang D. Lestari, SpA(K), MPH, ikan kembung kaya DHA dan Omega 3. Satu ons ikan kembung mengandung sekitar 2,6 gram Omega 3. Bagi anak usia di bawah 6 tahun direkomendasikan mengonsumsi ikan kembung sebanyak 3-5 ons per minggu. 

2. Ikan Lele

Kandungan nutrisi dalam ikan lele tidak bisa diremehkan lho, Bu. Ikan air tawar satu ini kaya Protein dan Fosfor yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Bahkan, Fosfor berguna mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga Ibu disarankan untuk mengonsumsinya sejak masa kehamilan. Si kecil sendiri disarankan mengonsumsi lele dua kali seminggu untuk mengoptimalkan asupan nutrisi dari ikan satu ini, Bu. 

3. Ikan Teri

Siapa sangka ikan teri bisa menjadi makanan bergizi untuk anak, Bu? Santapan yang terkenal gurih ini kaya akan Kalsium.  Apalagi, dalam masa hamil, janin mengambil asupan kalsium Ibu untuk berkembang. Menurut sejumlah penelitian, dalam 100 gr ikan teri terdapat 500-972 mg Kalsium, sedangkan si Kecil memerlukan 700-1000 mg kalsium setiap hari, tergantung usia dan berat badannya. Selain itu, nutrisi ini juga menjaga daya tahan tubuh sehingga si Kecil lebih kuat.

Bagaimana, Bu? Manfaat konsumsi ikan untuk anak sangatlah besar, bukan? Salah satunya membuat si Kecil lebih pintar, kuat, dan tinggi.  Jadi, Ibu tidak usah khawatir lagi dengan harga ikan yang tinggi. Banyak jenis ikan lain yang terjangkau dan punya nutrisi yang sama seperti ikan mahal. Yuk, konsumsi ikan sekarang!