Share Like
Simpan

Selamat , Bu! Tak terasa saat ini Ibu sudah masuk ke trimester ke-2. Trimester yang satu ini jadi periode favorit saya waktu mengandung si Kecil dulu, lho. Kenapa? Soalnya ini karenadi trimester ini, gangguan kesehatan seperti mual dan muntah yang biasa terjadi di 3 bulan kemarin sudah banyak berkurang. Efeknya, selera makan yang sempat hilang jadi kembali lagi. Nah, ini dia kesempatan emas buat kita untuk kembali memanjakan diri dengan makanan favorit!

Oh iya Bu, Ngomong-ngomong soal makanan, apa Ibu sudah punya resep favorit di masa kehamilan ini? Kalau dulu, saya suka banget masak Steak Tenggiri. Selain enak, cara membuatnya juga mudah. Yuk, kita lihat sama-sama:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Daging ikan tenggiri secukupnya
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdm garam
  • 4 sdm margarin
  • 3 buah bawang putih
  • 5 sdm air putih 

Sementara untuk sausnya, Ibu bisa menggunakan saus jamur dengan bahan-bahan di bawah ini:

  • 150gr jamur kancing yang diiris
  • ¼ sdt daun oregano
  • 50 ml kecap manis
  • 180 ml kaldu sapi
  • 1 buah bawang bombay yang diiris tipis-tipis
  • 3 siung bawah putih yang sudah dicincang halus
  • 2 sdm tepung terigu
  • garam dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, Ibu siapkan steak-nya terlebih dahulu. Haluskan bawang putih, ketumbar, dan garam, lalu lumuri tenggiri dengan bumbu tersebut. Diamkan kira-kira sekitar 15-30 menit hingga bumbu meresap ke dalam daging.
  2. Panaskan margarin di atas wajan steak, lalu masak hingga ikan berubah warna dan matang. Jika sudah, tiriskan lalu taruh di atas piring.
  3. Sekarang, mari kita buat sausnya. Panaskan margarin di atas wajan, lalu tumis bawang bombay & bawah putih.
  4. Setelah aroma harumnya sudah muncul, masukkan jamur lalu aduk semuanya hingga rata.
  5. Tambahkan daun oregano serta garam dan lada, lalu aduk sebentar. Kemudian tuangkan kecap manis ke dalamnya dan aduk kembali hingga rata.
  6. Jika sudah, masukkan kaldu sapi dan masak hingga saus mendidih. Lalu, tambahkan tepung terigu dan aduk hingga mengental.
  7. Setelah sausnya jadi, kini Ibu cukup menuangkan ke atas daging dan sajikan dengan mashed potato (kentang tumbuk) atau nasi.

Tidak sulit,kan?  Selain pembuatannya yang mudah, ikan tenggiri ternyata juga punya manfaat yang baik buat Ibu hamil, lho. Ini karena tenggiri memiliki kandungan Omega-3 yang bisa membantu meningkatkan berat badan janin, mencegah kelahiran prematur dan penyakit pre-eclampsia. Tapi, perlu diperhatikan, sebaiknya Ibu jangan terlalu sering mengonsumsi jenis ikan ini, ya. Dari yang saya baca di situsnya, American Pregnancy Association merekomendasikan ibu hamil agar membatasi konsumsi ikan tenggiri maksimal 3 x 170 gram daging per bulannya untuk membatasi kemungkinan masuknya merkuri ke dalam tubuh.

Lalu apa solusi lainnya untuk memenuhi kebutuhan Omega-3? Nah, untuk ini, saya biasanya memilih susu Frisian Flag Mama yang dilengkapi dengan kandungan asam lemak esensial, yaitu ALA (Omega-3) dan LA (Omega-6). Keduanya bisa ikut menunjang pertumbuhan sel otak dan retina pada janin. Selain itu, FF Mama juga mengandung protein tinggi, asam folat, Kolin, zat besi, serta 28 jenis vitamin lainnya yang hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan janin saat ini. Jadi, dengan rutin meminum susu,  gizi yang dibutuhkan Ibu dan si Kecil pun bisa terus terpenuhi dengan baik di masa kehamilan ini.

Bagaimana, Bu? Siap untuk memasak hidangan lezat dan bergizi ini? Selamat  mencoba dan jika Ibu punya resep-resep andalan lainnya, silahkan di-share di sini, ya!