Share Like
Simpan

Hai, Bu! Sudah tak sabar menunggu kelahiran calon anak tersayang? Sambil terus memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter kandungan terpercaya, jangan lupa juga selalu mengonsumsi makanan untuk ibu hamil yang kaya akan kalsium. Makanan ibu hamil dengan kandungan kalsium tinggi sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi janin, sekaligus mengoptimalkan tumbuh kembang saraf dan otot-otot tubuhnya.

Sebelum mulai memperbanyak konsumsi makanan untuk ibu hamil yang mengandung kalsium, simak dulu informasi penting berikut:

1. Jumlah yang dibutuhkan

Wanita hamil dengan usia di atas 18 tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan juga janin. Jika dalam sehari makanan ibu hamil yang dikonsumsi tak dapat menyediakan kalsium yang dibutuhkan tubuh, janin akan “mengambil” mineral ini dari tulang Ibu. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari jika selama 9 bulan masa kehamilan janin terus mengambil asupan kalsium dari tulang Ibu.

2. Sumber kalsium

Susu dan segala jenis olahannya merupakan sumber kalsium terbaik untuk wanita hamil sehingga sangat cocok dimasukkan dalam menu harian Ibu. Minumlah susu Frisian Flag Mama secara teratur, dengan rasa cokelatnya yang nikmat, memiliki kandungan yang lengkap dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalsium Ibu dan janin. Selain susu, makanan ibu hamil berupa sayur dan buah-buahan seperti bayam dan jeruk juga dapat memenuhi asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh.  

Pastikan mengonsumsi makanan ibu hamil yang variatif untuk mendapatkan asupan gizi lebih lengkap, tak hanya kalsium tetapi juga aneka vitamin dan mineral yang baik bagi janin.

3. Takaran yang tepat

Dalam 237 ml susu sapi dan 170 gr yogurt rendah lemak masing-masing terkandung 299 mg dan 235 mg kalsium, sedangkan 95 gr bayam rebus memiliki kandungan kalsium sebesar 145 mg. Setiap makanan untuk ibu hamil yang dikonsumsi memiliki jumlah kalsium berbeda tergantung takarannya sehingga sangat penting mengetahui jumlah sajian yang tepat setiap harinya. Untuk mendapatkan 1.000 mg kalsium, Ibu bisa mengombinasikan berbagai bahan makanan sehingga hidangan tetap terasa lezat dan tidak membosankan.

4. Pertimbangkan suplemen

Pada umumnya, suplemen kalsium terdiri dari calcium citrate dan calcium carbonate. Jenis suplemen yang pertama cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh, sedangkan suplemen kedua baru bisa bekerja optimal ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan untuk ibu hamil. Sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen kalsium, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa mengetahui jenis suplemen yang tepat serta dosis yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jika makanan ibu hamil yang disantap setiap hari memiliki kandungan kalsium yang cukup, organ-organ tubuh janin akan tumbuh dengan lebih optimal. Selain itu, Ibu juga tak perlu khawatir dengan risiko osteoporosis karena janin telah mendapat cukup kalsium dari aneka makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Jadi, rajinlah menyantap makanan berkalsium tinggi ya, Bu!