Share Like
Simpan

Bu, mengonsumsi makanan sehat untuk Ibu hamil ketika Ibu mengandung itu sangat penting, lho. Sebab, dari situlah Ibu bisa mendapatkan berbagai nutrisi untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Dari sekian banyak jenis nutrisi, Protein jadi salah satu asupan yang tidak boleh Ibu lewatkan. Sebab dari informasi yang saya dapatkan melalui Tanya Pakar di situs Ibu dan Balita, Protein punya banyak sekali manfaat bagi kehamilan. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Kenapa Ibu Membutuhkan Protein ketika Hamil?

Asam Amino yang membentuk Protein berperan dalam membangun sel-sel tubuh Ibu dan si Kecil. Inilah yang menjadi alasan kenapa Ibu perlu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan Protein, terutama di trimester kedua dan ketiga. Jika kebutuhan Protein ini tidak terpenuhi, Ibu bisa berisiko mengalami kelelahan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Sementara bagi si Kecil dalam kandungan, kekurangan Protein dapat mengganggu perkembangan otot, persendian, dan tulang, hingga menyebabkan masalah pada otak.

Berapa Banyak Protein Yang Ibu Butuhkan Ketika Hamil?

Kebutuhan Protein ibu hamil sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari berat badannya. Namun jika diambil rata-rata, ibu hamil membutuhkan kira-kira 40-70 gram Protein setiap hari. Jadi, pastikan Ibu menyertakan makanan yang kaya Protein dengan porsi yang tepat dalam asupan Ibu sehari-hari, ya.

Jenis Makanan yang Kaya Protein

Beberapa jenis makanan yang sehat untuk Ibu hamil adalah yang mengandung Protein hewani seperti daging sapi, ikan, kerang, dan unggas tanpa lemak; dan nabati seperti kacang-kacangan, telur, keju, tahu, dan yogurt. Perlu dicatat, meskipun ikan dan kerang termasuk makanan yang kaya Protein, Ibu tetap harus memerhatikan jenis ikan yang dikonsumsi. Sebab, ada beberapa jenis ikan seperti tuna, kerapu, dan makarel yang ternyata mengandung metil merkuri dan logam yang bisa membahayakan kesehatan kehamilan. Jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, kandungan tersebut dapat mengganggu perkembangan otak janin.

Guna memastikan tubuh Ibu juga mendapatkan cukup asupan Asam Amino (yang berperan membentuk protein), sebaiknya imbangi konsumsi makanan tersebut dengan jenis makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain rajin mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas, pastikan juga kebutuhan Protein dan nutrisi lain terpenuhi dengan rutin meminum Frisian Flag Mama. Susu ibu hamil ini diperkaya dengan ALA/AA yang dapat menunjang pertumbuhan sel otak dan retina pada janin. Tidak hanya itu, Frisian Flag Mama juga dilengkapi Serat Inulin yang bantu mempertahankan kesehatan saluran cerna, sehingga aliran nutrisi ke janin menjadi lebih optimal. Dengan asupan Protein yang terjaga, kesehatan Ibu dan janin pun bisa lebih terjamin.