Share Like
Simpan

Selamat ya, Bu, usia kehamilan Ibu sudah memasuki trimester kedua. Nah, perlu Ibu ketahui bahwa otak janin berkembang secara pesat ketika memasuki usia empat bulan. Bahkan, menurut artikel kehamilan yang saya baca, pada tahap ini, otaknya sudah mulai berfungsi secara optimal, lho. Untuk itu, ketika memasuki kehamilan trimester kedua, saya mulai mencari tahu bagaimana cara melatih kecerdasan otak bayi sejak ia masih dalam kandungan. Berikut ini beberapa informasi yang saya rangkum, Bu.

1. Stimulasi Cahaya

Yuk, ajak si Kecil bermain cahaya senter! Pada trimester kedua, janin sudah bisa membuka mata dan melihat cahaya dari luar. Bahkan, dari sebuah artikel online, menurut jurnal penelitian dari The American Academy of Child & Adolescent Psychology, cahaya senter yang diarahkan pada perut Ibu dapat menstimulasi perkembangan otak janin, lho. Saya pun coba melakukan cara ini dan menakjubkannya si Kecil menunjukkan reaksi dengan bergerak dan menendang ketika disinari, Bu. Tertarik untuk mencobanya, Bu?  Namun, pastikan Ibu tidak menyorot cahaya senter terlalu dekat ke arah perut, ya. Beri jarak sekitar 10 cm antara perut dan senter guna menghindari risiko kerusakan pada mata si Kecil.

2. Ajak Janin Berbicara

Mengajak si Kecil bercerita sudah bisa dilakukan sejak ia masih dalam kandungan, Bu. Tahukah Ibu? Sering mengajak anak berbicara ternyata dapat mendukung perkembangan otaknya. Berdasarkan penelitian dari NYU Brain Research Laboratories, Amerika Serikat, cara ini bisa meningkatkan kemampuan bahasa, membaca, dan menulis ketika ia besar nanti. Mari Bu, dukung perkembangan janin dalam kandungan dengan sering mengajaknya bercerita.

3. Hindari Stres

Bu, saya ingin berbagi cerita, nih. Waktu hamil dulu, saya sempat mengalami stres dikarenakan perubahan hormon yang tidak menentu. Apakah Ibu mengalami persoalan yang sama? Jika iya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya. Perlu dicatat bahwa stres pada Ibu hamil bisa berdampak pada tumbuh kembang si Kecil, termasuk otak janin. Nah, untuk menghindari stres, dokter menganjurkan saya untuk sering melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga dan meditasi.  Selain itu, pastikan juga Ibu mendapatkan waktu tidur yang cukup, ya.

4. Jaga Kecukupan Nutrisi

Bu, mendukung pertumbuhan otak janin juga perlu dilakukan dari dalam tubuh. Untuk itu, pastikan Ibu memerhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan, ya, khususnya asupan Omega 3 yang dapat mendukung perkembangan otak janin secara optimal. Asupan nutrisi tersebut bisa Ibu dapatkan dari ikan, telur, kacang-kacangan, dan bayam. Selain itu, Ibu juga bisa mengonsumsi susu Frisian Flag Mama yang kaya akan Protein, Serat, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium

Sekarang, Ibu jadi lebih mengerti cara melatih kecerdasan otak bayi sejak ia masih dalam kandungan. Yuk, praktikkan empat cara di atas dan dukung si Kecil lahir menjadi anak yang pintar, Bu!