Share Like
Simpan

Wah, tidak terasa usia kandungan Ibu kini sudah memasuki trimester kedua kehamilan, ya. Rasanya semakin tidak sabar menanti kehadiran si Kecil di tengah-tengah keluarga. Saya pun dulu begitu, Bu.

Saat menanti kehadiran si Kecil, ada banyak hal yang harus saya persiapkan. Salah satunya adalah menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan serta minuman yang kaya akan nutrisi demi tumbuh kembang si Kecil di dalam kandungan.

Salah satu nutrisi yang bermanfaat besar bagi Ibu dan si Kecil adalah Zat Besi. Faktanya, salah satu jenis mineral ini merupakan faktor utama pendukung pertumbuhan plasenta dan janin, terutama setelah memasuki trimester ke-2, Bu.

Saat hamil, Ibu perlu memenuhi kebutuhan akan Zat Besi setidaknya sebanyak 27mg per hari. Berdasarkan pengalaman saya dulu, kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman kaya akan Zat Besi yang bisa dikonsumsi baik sebagai menu utama maupun sekadar camilan berikut:

  • Sayuran hijau

Bu, ternyata mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti bayam, kailan, atau bok choy saat hamil dapat memenuhi kebutuhan 6,43mg atau sebanyak 4,2% Zat Besi setiap harinya, lho. Sebagai variasi cara penyajian, Ibu juga bisa membuat jus dari ketiga jenis sayuran dicampur dengan buah-buahan, supaya rasanya lebih nikmat dan juga segar.

  • Tahu

Tidak hanya kaya akan protein, tahu juga memiliki kandungan Zat Besi yang tinggi. Dalam 113gr tahu, setidaknya terdapat 17% Zat Besi. Jadi, selain menjaga daya tahan tubuh Ibu saat hamil, rutin mengonsumsi tahu juga dapat membantu pembentukan janin dan mencegah terjadinya anemia.

  • Kacang-kacangan

Nah, jenis makanan yang satu ini, mungkin lebih sering dikonsumsi sebagai camilan. Dengan mengonsumsi setidaknya 129gr kacang tanah, almond, atau kacang mete dalam sehari, Ibu bisa memenuhi kebutuhan Zat Besi sebanyak 7,8mg.

  • Susu Ibu Hamil

Selain tinggi kalsium, susu khusus untuk ibu hamil juga kayak akan Zat Besi. Susu Frisian Flag Mama mengandung 30% Zat Besi untuk memenuhi kebutuhan Ibu setiap harinya. Selain sehat, rasanya pun nikmat, Bu.

  • Daging sapi

Tahukah Ibu, bahwa tubuh menyerap lebih banyak Zat Besi dari daging merah dibandingkan dengan jenis makanan lain? Setidaknya, dalam 28gr daging merah terdapat 7mg Zat Besi yang bisa diserap tubuh, Bu. Namun, pastikan daging yang akan Ibu konsumsi sudah dimasak hingga matang, ya.

Sudah siap menyantap menu lezat tinggi Zat Besi seperti yang sudah saya sebutkan tadi, Bu? Sebelumnya, ada baiknya periksa terlebih dahulu kondisi Ibu untuk mengetahui adanya kemungkinan alergi terhadap salah satu jenis makanan di atas, ya. Selain itu, ada baiknya jika Ibu tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Zat Besi bersamaan dengan teh, agar penyerapannya semakin maksimal. Selamat menikmati momen kehamilan, Bu!