Whatsapp Share Like Simpan

Bu, apakah saat ini si Kecil sedang mengalami masalah pada perutnya? Jika ia terus-terusan buang gas, mengeluh sakit perut, dan rewel, bisa jadi si Kecil sedang mengalami perut kembung. 

Meski bisa hilang dengan sendirinya, tapi perut kembung pada anak bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Si Kecil pun jadi malas untuk beraktivitas. Untuk mengatasi hal ini, cari tahu lebih dalam, yuk, tentang perut kembung pada anak!

Penyebab Perut Kembung

Sebelumnya Ibu harus tahu terlebih dulu, apakah penyebab dari perut kembung pada anak tersebut? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Makan sambil bermain

    Saat si Kecil bermain, maka tubuhnya akan bergerak aktif. Hal ini dapat menyebabkan saluran ususnya kemasukan udara lebih banyak dan memicu timbulnya perut kembung. Jadi sebaiknya biasakanlah si Kecil untuk makan sambil duduk dan baru boleh bermain setelah makannya selesai.

  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat

    Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi cenderung sulit untuk dicerna, sehingga tidak dapat diserap oleh usus. Ditambah lagi di usia tersebut, pencernaan si Kecil masih belum dapat bekerja ekstra. Akibatnya, perut pun jadi terasa kembung.

    Artikel Sejenis

  • Terlalu cepat mengunyah dan menelan makanan

    Mengunyah makanan terlalu cepat akan membuat udara ikut masuk ke perut dan memicu timbulnya perut kembung. Ajarkanlah kepada si Kecil untuk mengunyah secara perlahan dan menyeluruh untuk menghindari hal ini ya, Bu.

  • Terlalu banyak makan serat dan lemak sekaligus

    Si Kecil memang membutuhkan serat dan lemak untuk tumbuh kembangnya, tapi sebaiknya ia tidak terlalu banyak mengonsumsinya. Berikanlah keduanya dalam porsi yang kecil saja sesuai kebutuhan hariannya.

  • Terlalu banyak makan sayuran yang mengandung gas

    Ada beberapa jenis sayuran yang dapat menyebabkan gas berlebih dalam perut, seperti kacang-kacangan dan kembang kol. Agar si Kecil tidak terserang perut kembung, maka berikan keduanya dalam porsi yang kecil saja.

  • Kurang minum air putih

    Anak-anak memang cenderung sulit untuk mengonsumsi minum air putih, padahal air putih ampuh untuk mengatasi konstipasi saat perut kembung.

  • Mengalami penyakit tertentu

    Beberapa penyakit juga dapat membuat perut menjadi kembung, seperti sembelit, Crohn, dan obstruksi usus.

Baca Juga: Ingin Mendidik Anak dengan Baik? Cobalah Metode Hypnoparenting!

Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung

Untuk membantu mengatasi perut kembung pada anak, Ibu bisa coba memberikan beberapa makanan di bawah ini:

  1. Seledri

    Sayuran berwarna hijau ini dikenal ampuh dalam mengendalikan gas berlebih di dalam saluran pencernaan, sehingga bisa diberikan saat si Kecil mengalami perut kembung. 

    Tak hanya itu saja, Bu, seledri juga mampu membersihkan racun dan zat berbahaya dari tubuh. Campurkan seledri ke dalam makanan agar aroma dan rasanya lebih lezat, serta tentunya mendapatkan manfaatnya.

  2. Yogurt

    Yogurt yang kaya probiotik akan merangsang pertumbuhan bakteri baik yang dapat melegakan perut kembung pada anak.

  3. Pepaya

    Pepaya adalah jenis buah yang kaya manfaat. Diantaranya adalah kaya serat dan zat anti peradangan yang membantu mempercepat penyembuhan pada perut yang kembung. Ada juga kandungan enzim papain yang akan mengurai protein di dalam saluran pencernaan.

  4. Pisang

    Kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu mencegah retensi cairan dan menetralkan kadar sodium dalam tubuh. Selain itu buah berwarna kuning ini juga mengandung serat larut untuk memperlancar saluran pencernaan si Kecil.

  5. Kunyit

    Kunyit sudah sejak lama dipercaya untuk mengobati berbagai masalah pencernaan, termasuk perut kembung. Kunyit dapat mengusir gas yang ada di tubuh, sehingga akan menenangkan sistem pencernaan si Kecil.

  6. Jahe

    Di dalam jahe terkandung protease yang bernama zingibain yang mampu mengusir gas berlebih di perut. Rasanya yang hangat juga akan menenangkan perut dan membuatnya terasa nyaman.

  7. Timun

    Timun mengandung zat quercetin yang bersifat antioksidan dan mampu meredakan perut yang membengkak dan begah. Di samping itu timun juga mengandung vitamin C, asam kafeat, dan silika yang bermanfaat dalam mencegah retensi cairan di dalam tubuh. Timun bisa dikonsumsi secara mentah ataupun dibuat minuman agar lebih segar.

  8. Bawang putih

    Bawang putih dapat merangsang pencernaan untuk membuang cairan berlebih dalam tubuh. Sementara kandungan allicin di dalamnya akan bekerja bersama protein alami untuk mengurai berbagai zat yang ada di tubuh.

  9. Lemon

    Buah berwarna kuning ini mengandung cairan yang keasamannya sangat mirip dengan cairan yang ada di lambung. Oleh karenanya lemon dapat membantu meredakan perut kembung pada anak ataupun gangguan pencernaan lainnya.

  10.  Melon

    Kandungan melon terdiri dari 90% air yang memiliki beberapa fungsi bagi tubuh. Diantaranya adalah untuk mengurangi gejala perut kembung, melembabkan tubuh, serta membantu membuang garam yang berlebih di tubuh.

Baca Juga: Manfaat Susu Sapi dan Susu Soya, Mana yang Lebih Baik?

Jadi, sudah tahu kan, Bu, seputar perut kembung pada anak? Coba hindarilah berbagai penyebab perut kembung di atas ya, Bu. Namun jika sudah terlanjur, beberapa makanan di atas dapat Ibu berikan kepada si Kecil agar perut kembungnya bisa reda. 

Selain itu, Ibu juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisinya secara tepat. Si Kecil juga perlu mendapatkan nutrisi prima yang penting bagi tubuhnya, terutama 9 Asam Amino Esensial (9 AAE). 9 AAE merupakan protein esensial yang harus dikonsumsi setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kecerdasan, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta dapat mengangkut zat gizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh.

Asupan 9 AAE secara lengkap bisa didapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang juga mengandung 4x DHA lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk mengoptimalkan akal kreatif si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Semoga si Kecil cepat sembuh dan ceria seperti biasa lagi, Bu!

Bagi Ibu yang ingin memantau tumbuh kembang si Kecil lebih maksimal, sekarang sudah bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima lho. 

Fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Melalui fitur ini, Ibu bisa mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan tumbuh kembang si Kecil. Dengan begitu, Ibu bisa mencegah risiko stunting sejak dini. Ayo, langsung cobain fiturnya di sini

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz