Bu, apakah saat ini si Kecil sedang mengalami masalah pada perutnya? Jika iya dan sebelum membahasnya lebih lanjut; jangan sampai lupa jika asupan bernutrisi adalah hal yang penting untuk mencegah segala penyakit pada si Kecil. Pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA 4x lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Cara mengatasi perut kembung pada anak dibutuhkan jika si Kecil tampak terlihat dengan beberapa tanda perut kembung pada anak seperti buang gas, mengeluh sakit perut, dan rewel, bisa jadi si Kecil sedang mengalami perut kembung. 

Meski bisa hilang dengan sendirinya, tapi perut kembung pada anak bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, cari tahu lebih dalam yuk cara mengatasi perut kembung pada anak.

Penyebab Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

Sebelumnya Ibu harus tahu terlebih dulu, apakah penyebab dari perut kembung pada anak tersebut? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Makan sambil bermain

    Saat si Kecil bermain, maka tubuhnya akan bergerak aktif. Hal ini dapat menyebabkan saluran ususnya kemasukan udara lebih banyak dan memicu timbulnya perut kembung. Jadi sebaiknya biasakanlah si Kecil untuk makan sambil duduk dan baru boleh bermain setelah makanannya selesai.

    Artikel Sejenis

  2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat

    Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi cenderung sulit untuk dicerna, sehingga tidak dapat diserap oleh usus. Ditambah lagi di usia tersebut, pencernaan si Kecil masih belum dapat bekerja ekstra. Akibatnya, perut pun jadi terasa kembung.

  3. Terlalu cepat mengunyah dan menelan makanan

    Mengunyah makanan terlalu cepat akan membuat udara ikut masuk ke perut dan memicu timbulnya perut kembung. Ajarkanlah kepada si Kecil untuk mengunyah secara perlahan dan menyeluruh untuk menghindari hal ini ya, Bu.

  4. Terlalu banyak makan serat dan lemak sekaligus

    Si Kecil memang membutuhkan serat dan lemak untuk tumbuh kembangnya, tapi sebaiknya ia tidak terlalu banyak mengkonsumsinya. Berikanlah keduanya dalam porsi yang kecil saja sesuai kebutuhan hariannya.

  5. Terlalu banyak makan sayuran yang mengandung gas

    Ada beberapa jenis sayuran yang dapat menyebabkan gas berlebih dalam perut, seperti kacang-kacangan dan kembang kol. Agar si Kecil tidak terserang perut kembung, maka berikan keduanya dalam porsi yang kecil saja.

  6. Kurang minum air putih

    Anak-anak memang cenderung sulit untuk mengonsumsi minum air putih, padahal air putih ampuh untuk mengatasi konstipasi saat perut kembung.

  7. Mengalami penyakit tertentu

    Beberapa penyakit juga dapat membuat perut menjadi kembung, seperti sembelit, Crohn, dan obstruksi usus.

Baca juga: Bu, Penyebab Perut Kembung pada Anak Ini Perlu Diwaspadai!

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Berikut adalah sejumlah cara mengatasi atau cara mengobati perut kembung pada anak yang bisa Ibu coba lakukan di rumah. Yaitu:

  1. Memijat perut si Kecil

    Cara mengatasi perut kembung pada anak yang pertama adalah dengan memijat perut si Kecil sehingga sirkulasi darah di area perut lebih lancar. Sehingga, saraf dan otot yang sakit karena nyeri bisa terasa lebih nyaman untuk si Kecil.

    Ibu bisa coba pijat lembut perut si Kecil dengan menggunakan telapak tangan dan jari-jari searah jarum jam di area pusarnya. Bisa juga pijat dari area bawah dagu hingga bagian bawah perut sehingga nyeri yang dialami si Kecil lebih mereda.

  2. Mengusap-usap punggung si Kecil

    Cara mengatasi perut kembung pada anak yang selanjutnya bisa Ibu lakukan dengan mengusap punggung si Kecil. Usap dari area bawah leher hingga ke bawah dekat dengan pinggangnya. Usap perlahan sambil berikan minyak telon atau essential oil yang sesuai untuk kulit si Kecil. Cara ini bisa membuat mereka merasa lebih nyaman dan nyeri perutnya lebih reda.

  3. Kompres perutnya dengan air hangat

    Mengompres perut di Kecil dengan air hangat juga menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak. Dengan cara ini tentu akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman dan mengurangi kembung atau nyeri yang sedang dialami.

  4. Hindari memberikannya jus buah

    Sambil melakukan cara mengatasi perut kembung pada anak, Ibu juga harus mengatur pola makannya termasuk hindari dulu untuk memberi mereka jus buah. Karena beberapa jenis buah punya rasa asam yang bisa membuat perut si Kecil semakin tidak nyaman.

  5. Menggerakkan kaki si Kecil dengan gerakkan bersepeda

    Cara mengatasi perut kembung pada anak ini sama dengan cara mengatasi sembelit yang terjadi pada si Kecil. Gerakan mengayuh sepeda ini bisa membantu si Kecil mengeluarkan gas dari perut.

    Ibu bisa coba dengan membaringkan si Kecil, kemudian pegang kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengayuh sepeda.

  6. Memastikan si Kecil terhidrasi

    Cara mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan memastikan mereka selalu terhidrasi. Ibu bisa berikan asupan cairan tanpa gula dan sebaiknya dalam kondisi hangat sehingga si Kecil terhidrasi dan perutnya lebih nyaman. Ibu bisa berikan minuman hangat dan makan dalam porsi sedikit namun sering.

Sambil mencoba melakukan sejumlah cara mengatasi perut kembung pada anak di atas, Ibu juga harus selalu memperhatikan kondisi si Kecil. Melansir WebMD, jika si Kecil yang sedang mengalami perut kembung menunjukkan kondisi berikut, segera dibawa ke dokter. Yaitu:

  • Si Kecil tampak lemas dan tidak berenergi
  • Si Kecil malas bergerak dibanding biasanya
  • Si Kecil tidak bisa dialihkan atau dihibur selama dua jam atau lebih
  • Si Kecil muntah darah atau cairan yang berwarna hijau atau kuning
  • Terdapat darah di tinja si Kecil
  • Perut si Kecil tampak buncit dan nyeri jika disentuh atau ditekan

7 Makanan untuk Anak Perut Kembung

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak adalah Ibu bisa coba memberikan beberapa makanan di bawah ini:

  1. Seledri

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Sayuran berwarna hijau ini dikenal ampuh dalam mengendalikan gas berlebih di dalam saluran pencernaan, sehingga bisa memberikan seledri bisa jadi salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak. 

    Tak hanya itu saja Bu, seledri juga mampu membersihkan racun dan zat berbahaya dari tubuh. Campurkan seledri ke dalam makanan agar aroma dan rasanya lebih lezat, serta tentunya mendapatkan manfaatnya.

  2. Yogurt

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Memberikan yogurt bisa jadi salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak karena kaya probiotik akan merangsang pertumbuhan bakteri baik yang dapat melegakan perut kembung pada anak.

  3. Pepaya

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Pepaya adalah jenis buah yang kaya manfaat. Diantaranya adalah kaya serat dan zat anti peradangan yang membantu mempercepat penyembuhan pada perut yang kembung. Ada juga kandungan enzim papain yang akan mengurai protein di dalam saluran pencernaan. Memberikan pepaya tentu merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak.

  4. Pisang

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu mencegah retensi cairan dan menetralkan kadar sodium dalam tubuh. Selain itu buah berwarna kuning ini juga mengandung serat larut untuk memperlancar saluran pencernaan si Kecil sehingga bisa jadi pilihan dari beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak.

  5. Kunyit

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Kunyit sudah sejak lama dipercaya untuk mengobati berbagai masalah pencernaan, termasuk perut kembung. Kunyit dapat mengusir gas yang ada di tubuh, sehingga akan menenangkan sistem pencernaan si Kecil sekaligus menjadi cara mengatasi perut kembung pada anak.

  6. Jahe

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Di dalam jahe terkandung protease yang bernama zingibain yang mampu mengusir gas berlebih di perut. Rasanya yang hangat juga akan menenangkan perut dan membuatnya terasa nyaman. Memberikan campuran jahe dalam menu makanan si Kecil tentu bisa jadi salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak.

  7. Timun

    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak - ibudanbalita

    Timun mengandung zat quercetin yang bersifat antioksidan dan mampu meredakan perut yang membengkak dan begah. Ini adalah salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak. Di samping itu timun juga mengandung vitamin C, asam kafeat, dan silika yang bermanfaat dalam mencegah retensi cairan di dalam tubuh. Timun bisa dikonsumsi secara mentah ataupun dibuat minuman agar lebih segar.

Baca juga: Atasi Perut Kembung dan Keras pada Anak dengan Tips Ini, Yuk!

Jadi, sudah tahu kan Bu, beberapa cara mengatasi dan cara mengobati perut kembung pada anak? Jangan lupa, coba juga untuk hindarilah berbagai penyebab perut kembung di atas ya, Bu. Namun jika sudah terlanjur, beberapa makanan dan sejumlah cara mengatasi perut kembung pada anak di atas dapat Ibu berikan kepada si Kecil agar perut kembungnya bisa reda. 

Selain itu, Ibu juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisinya secara tepat. Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ .

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Selain memahami beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak, Ibu juga perlu untuk terus memantau tumbuh kembang si Kecil lebih maksimal, sekarang sudah bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima lho. 

Fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Melalui fitur ini, Ibu bisa mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan tumbuh kembang si Kecil. Dengan begitu, Ibu bisa mencegah risiko stunting sejak dini.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.