Share Like
Simpan

Suka memberikan pepaya untuk si Kecil, Bu? Pepaya adalah salah satu dari sekian banyak buah-buahan yang mampu memenuhi gizi balita. Buah yang berbentuk lonjong ini merupakan buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di daratan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Buah yang berdaging lembut ini banyak dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan tak terkecuali untuk memenuhi gizi balita. Nah, penasaran dengan manfaat pepaya ini untuk si Kecil tersayang? Simak informasinya berikut ini:

  1. Baik untuk penglihatan

    Mengonsumsi buah pepaya ini secara rutin dapat membantu mengoptimalkan fungsi penglihatan dan menghindarkan kemungkinan rabun senja. Ini dikarenakan kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam pepaya dapat memperkuat otot-otot mata. Selain memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, pepaya juga cukup rendah kalori sehingga sangat baik untuk dijadikan menu diet bagi Ibu dan juga si Kecil yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih.

  2. Melancarkan pencernaan

    Selain baik untuk penglihatan, pepaya juga memiliki manfaat untuk mengurangi sembelit dan membantu melancarkan pencernaan si Kecil. Ini dikarenakan kandungan protein papain dalam pepaya yang secara alami membantu proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga dapat mengurangi infeksi di usus besar dengan cara membersihkan usus dari infeksi, nanah, dan juga lendir yang terdapat di dalamnya.

  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Selain vitamin A, kandungan gizi balita lain yang ada dalam buah ini adalah vitamin C. Kandungan vitamin C dalam pepaya cukup besar sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil tersayang. Mengonsumsi pepaya secara rutin juga dapat menghindarkannya dari demam, batuk, dan flu yang umumnya menyerang tubuh dengan sistem imunitas rendah.

  4. Pencegah cacingan

    Cacingan adalah salah satu penyakit yang sering menimpa bayi dan balita. Umumnya, cacing parasit yang mendiami usus si Kecil ini akan membuat nafsu makannya berkurang dan gizi balita tak terserap dengan baik. Nah, untuk mengatasi si Kecil yang terkena cacingan ini, Ibu dapat memanfaatkan biji pepaya yang telah dikeringkan sebagai obat cacing alami. Campurkanlah biji pepaya yang telah dikeringkan tersebut dengan madu untuk membasmi cacing di perut si Kecil.

  5. Mencegah berbagai penyakit

    Siapa yang menyangka bahwa buah pepaya ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit? Kandungan vitamin B dalam buah pepaya mampu memperkuat otot jantung, usus, dan otot rangka. Tak hanya itu, otak pun dapat menjalankan fungsinya dan berkembang dengan lebih optimal berkat kandungan riboflavin di dalam pepaya. Gizi balita yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi pun dapat terpenuhi dengan kehadiran kalsium dan magnesium dalam daging pepaya.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Umumnya, pepaya ini baik untuk dimakan segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Akan tetapi, pemberian pepaya pada bayi dianjurkan setelah si Kecil melewati bulan ke delapan usianya atau sesuai dengan anjuran dari dokter. Semoga bermanfaat, Bu.