Share Like
Simpan

Beberapa minggu lalu, saya dan suami berniat untuk berkunjung ke rumah salah seorang sahabat yang sedang menanti kelahiran anak pertamanya. Namun, sehari sebelumnya saya menerima telepon dan mendapat kabar bahwa ia terjangkit flu. Saat mendengar berita tersebut, suami saya langsung bertanya, “Wah, kok seperti kamu dulu ya, Bu? Mandekati waktu persalinan malah sakit flu”.

Ada yang percaya bahwa penyakit yang menyerang di saat-saat seperti ini, merupakan salah satu tanda waktu persalinan sudah dekat. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa flu di trimester ketiga, disebabkan oleh stamina Ibu yang memang menurun karena sedang hamil. Agar lebih jelas, yuk simak pembahasannya di sini!

Dulu, waktu hamil si Kecil pertama kali dan terserang flu, rasanya benar-benar tidak nyaman, Bu. Selain hidung dan tenggorokan yang terasa panas, pegal di tubuh juga terasa semakin menjadi-jadi. Untungnya, sakit yang dulu saya rasakan masih tergolong ringan karena pada kasus yang lebih parah, ibu hamil yang kondisinya tidak fit, bisa sampai muntah bahkan diare.

Nah, untuk meredakan flu saat hamil, saya punya beberapa tips yang bisa Ibu ikuti, yaitu :

  • Cermat dalam memilih obat pereda flu.

Saat hamil, Ibu harus cermat dan aktif berkonsultasi kepada dokter perihal obat yang aman dikonsumsi. Hal ini berkaitan erat dengan adanya zat-zat pada obat yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan janin. Biasanya, salah satu contoh obat yang aman dikonsumsi saat hamil adalah Acetaminophen.

  • Dapatkan vaksin flu.

Menurut profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas New Mexico, Sharon Phelan, MD, sangat disarankan kepada seluruh Ibu yang sedang menjalani masa kehamilan untuk mendapatkan vaksin flu. Kecuali, Ibu memiliki alergi terhadap telur atau vaksin flu itu sendiri.

  • Perbanyak asupan air.

Ketika flu, cairan tubuh Ibu banyak berkurang. Oleh sebab itu, perbanyak cairan agar racun cepat keluar dan pasokan oksigen ke dalam tubuh menjadi lebih banyak.

  • Konsumsi teh yang dicampur dengan madu dan lemon.

Selain mengonsumsi obat, Ibu juga bisa meredakan penyakit flu ini dengan mengonsumsi teh hangat yang ditambahkan lemon serta madu secara rutin. Kandungan Vitamin C pada buah lemon, memang dikenal sangat ampuh mengusir virus penyebab flu. Sementara itu, madu dipercaya sangat berkhasiat menjaga imun tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit.

 

Tidak sulit kan, Bu? Memasuki bulan kesembilan, kontraksi yang terjadi bisa menjadi makin kuat dan bobot bayi akan bertambah berat sehingga rasa lelah yang Ibu rasakan menjadi lebih hebat. Jika tidak menjaga stamina agar tetap kuat, kita nanti akan lebih mudah jatuh sakit. Ini tentu dapat mempengaruhi proses persalinan. 

Nah, agar terhindar dari berbagai macam penyakit di akhir masa kehamilan, kita juga  membutuhkan asupan gizi tepat dan lengkap yang bisa menjaga daya tahan tubuh saat ini. Salah satu caranya, bisa dengan rutin mengonsumsi susu khusus kehamilan setiap hari, Bu. Untuk itu, saya sejak dulu selalu memilih susu Frisian Flag Mama yang diperkaya dengan berbagai nutrisi yang baik untuk janin dan tubuh, seperti Protein, Asam Folat, dan Zat Besi. Lewat kombinasi nutrisi yang tepat, persiapan Ibu menuju proses persalinan nanti pun bisa semakin optimal!

Terima kasih sudah membaca ya, Bu. Semoga proses persiapan Ibu bisa terus berjalan lancar sampai hari H nanti. Jika Ibu memiliki tips menarik atau ingin berbagi pengalaman serupa untuk para pembaca lainnya, silahkan langsung dibagikan lewat kolom komen di bawah ini, ya!