Share Like
Simpan

Ibu, perubahan emosi seringkali dialami oleh Ibu hamil. Hal ini kadang sampai membuat para Ibu yang sedang hamil menjadi stres dan mudah lelah. Untuk mengatasinya, Ibu bisa menggunakan salah satu cara ini: aromaterapi!
Aromaterapi sangat bermanfaat untuk membuat suasana menjadi lebih rileks, dan yang manfaat lain yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil adalah dapat membantu Ibu tidur dengan lebih nyenyak.

Namun Ibu perlu memilih-milih aromaterapi yang akan digunakan, karena ada juga beberapa aromaterapi yang justru tidak baik untuk kehamilan. Berikut ini beberapa macam aromaterapi yang bisa Ibu pakai.

Lemon. Wanginya bisa tercium seperti anggur, jeruk, dan jeruk limau. Lemon bermanfaat mengatasi morning sickness, melawan bakteri, dan ampuh mengatasi selulit selama kehamilan. Cara pemakaiannya, oleskan aromaterapi tersebut pada kaki dan betis atau bagian yang kerap muncul varises.

Bergamot. Ini adalah salah satu aromaterapi yang dipercaya ampuh mengatasi mood ibu hamil yang mudah terpancing emosinya seiring berubahnya hormon. Selain itu aromaterapi ini juga bisa mengatasi stres dan depresi selama kehamilan. Cara pemakaiannya, dengan menambahkan satu tetes ke dalam minyak zaitun, lalu pijat lembut pada bagian perut hingga perasaan mual hilang.

Lavender. Terkadang masalah sulit tidur seringkali dialami oleh ibu hamil, apalagi saat menjelang usia trimester terakhir. Lavender tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak tapi juga berguna dalam mengurangi bengkak pada tubuh. Selain itu, lavender juga dapat meningkatkan keseimbangan serta kesegaran tubuh. Cara pemakaiannya, tambahkan 3-4 tetes minyak lavender ke dalam air mandi dan gunakan untuk berendam selama 2-3 menit. Air tersebut juga bisa digunakan untuk mencuci muka sehingga Ibu hamil merasa lebih segar dan tidak gerah.

Tea tree oil. Aromaterapi ini dipercaya mampu mengatasi sariawan selama kehamilan, dan wewangian ini juga aman bagi kulit. Cara pemakaiannya, tuangkan satu tetes tea tree oil lalu oleskan pada bagian kulit.

Camomile. Tidak hanya menghilangkan ketegangan, camomile juga mampu meredakan rasa panas dan gas dalam perut. Beberapa Ibu hamil mengakui rasa sakit pada otot juga dapat diredakan dengan camomile. Cara pemakaiannya, tuangkan satu tetes camomile ke kain dan oleskan lembut ke bagian perut.

• Beberapa aromaterapi lainnya yang disarankan adalah Benzoin, Neroli, Kayu Cendana, Mint, Patchouli, dan Vetiver.

Perlu diperhatikan pula jenis-jenis minyak esensial yang tidak boleh digunakan selama kehamilan, karena beberapa jenis minyak dapat meningkatkan risiko permasalahan kesehatan pada kehamilan.

Untuk lebih memastikan keamanan dalam pemakaian aromaterapi, sebaiknya Ibu berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli terapi untuk meyakinkan mana yang baik dan aman selama masa kehamilan Ibu.