Whatsapp Share Like
Simpan

Lucunya saat si Kecil mulai tumbuh gigi! Ini menandakan ia sudah mulai menunjukkan perkembangan, Bu. Apakah Ibu tahu bahwa pertumbuhan gigi bayi ternyata sudah dimulai sejak ia di dalam kandungan? Hal tersebut memang benar, hanya saja saat itu giginya belum muncul. Umumnya gigi bayi baru mulai muncul di saat ia berusia 5-6 bulan dan terus tumbuh melalui beberapa tahapan. Yuk, kenali tahapan bayi tumbuh gigi serta nutrisi yang menunjang pertumbuhannya!

Usia 5 Bulan

Kebanyakan gigi bayi mulai tumbuh di usia 5 bulan. Namun ada juga yang tumbuh lebih dini di usia 4 bulan atau malah lebih lambat, yaitu di usia 6 atau 7 bulan. Saat giginya mulai tumbuh, gusi si Kecil akan membengkak dan kemerahan. Terkadang ia juga akan sedikit rewel karena merasa tidak nyaman, bahkan disertai dengan demam. Ibu tak perlu panik! Ibu bisa mengompres gusinya atau memberikan buah-buahan dingin untuk meredakan bengkak dan nyeri pada gusi si Kecil.

Usia 6 Bulan

Di antara usia 5-7 bulan, gigi pertama bayi yang biasanya berupa dua gigi seri depan pada rahang bawah sudah mulai muncul. Keduanya bisa muncul secara terpisah ataupun bersamaan. Saat giginya sudah benar-benar muncul, Ibu bisa menyekanya dengan kain bersih atau menggunakan sikat gigi khusus pada tahap ini.

Usia 7 Bulan

Gigi berikutnya yang muncul di usia 7 bulan adalah dua gigi seri depan pada rahang atas. Karena sudah mulai makan makanan padat, si Kecil mungkin jadi susah makan karena tidak merasa nyaman pada gusinya. Untuk menyiasatinya, berikan ia jus buah dingin yang mengenyangkan dan kaya lemak, seperti pisang dan alpukat.

Usia 9-16 Bulan

Di usia 9-16 bulan, bayi tumbuh gigi selanjutnya di sebelah gigi seri depan atas, lalu disusul gigi di samping gigi seri bawah. Gigi yang tumbuh biasanya berpasang-pasangan atas dan bawah.

Usia 14 Bulan

Memasuki usia anak atau sekitar 14 bulan, gigi geraham si Kecil akan mulai muncul. Gigi geraham atas dan bawah akan tumbuh bersamaan. Saat gigi gerahamnya sudah tumbuh, maka ia pun mulai bisa mengunyah makanan padat seperti manusia dewasa.

Usia 18 Bulan

Gigi berikutnya yang muncul saat anak berusia 18 bulan adalah gigi taring, baik bagian atas maupun bawah. Fungsi gigi taring adalah untuk menyobek makanan. Dengan begitu ia sudah mulai bisa mengonsumsi makanan yang bertekstur padat, seperti daging.

Usia 24 Bulan

Saat anak menginjak usia 24 bulan atau 2 tahun, muncullah gigi geraham kedua bawah. Setelah itu disusul gigi geraham kedua atas yang biasanya tumbuh saat ia berusia 26 bulan. Setiap anak tentunya berbeda-beda, ada yang lebih cepat tapi ada juga yang lebih lambat. Rata-rata gigi ini akan tumbuh antara usia 20-33 bulan.

Usia 2-3 Tahun

Memasuki usia ke-2 dan ke-3, gigi anak biasanya sudah mulai lengkap dengan jumlah 20 gigi yang terdiri dari 10 gigi rahang atas dan 10 gigi rahang bawah. Pada masa anak-anak, gigi ini disebut sebagai gigi bayi atau gigi susu yang susunannya akan bertahan hingga usianya 6-7 tahun.

Usia 4 Tahun

Saat berusia 4 tahun, tidak hanya tubuh anak saja yang tumbuh, tapi juga rahang dan tulang wajahnya. Pertumbuhan kedua bagian ini akan memberikan ruang tambahan di antara gigi susunya. Meski belum memasuki usia untuk gigi susunya tanggal, tapi ruang tersebut disediakan untuk tumbuhnya gigi dewasa yang lebih besar saat waktunya tiba.

Usia 6 Tahun

Rata-rata di usia 6 tahun gigi anak sudah mulai tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa. Tanggalnya gigi susu ini akan bertahap pada usia 6-12 tahun. Saat sudah mulai memiliki gigi dewasa, anak sudah harus rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Tujuannya adalah supaya kebersihan giginya selalu terjaga dan terhindar dari kerusakan gigi.

Sama seperti tulang, gigi anak juga memerlukan nutrisi di masa pertumbuhannya. Nutrisi tersebut berupa kalsium, vitamin D, serta fosfor yang bisa didapatkan dari susu beserta produk olahannya dan sumber makanan, seperti ubi merah, brokoli, keju tua (cheddar atau parmesan), ikan, tahu, telur, dan wortel. Ibu bisa memberikan semua sumber nutrisi pertumbuhan gigi tersebut di awal bayi tumbuh gigi agar giginya tumbuh dengan cepat, sehat, dan tidak mudah keropos. Hindarilah memberikan si Kecil makanan dan minuman yang mengandung gula terlalu tinggi terlalu sering, seperti permen, coklat, minuman kemasan, dan es krim. Lalu ajak anak untuk rutin memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali ya, Bu!