Share Like
Simpan

Perawatan anak yang baru mengalami gigi tanggal, bisa dikatakan sebagai sebuah pengalaman yang cukup menarik untuk saya dulu. Pasalnya momen gigi tanggal si Kecil ini menurut saya adalah sebuah Momen Wow pertamanya, Bu. Jadi, ada sedikit rasa senang di balik paniknya melihat ia menangis karena ngilu yang dirasakannya.

Tanda pertama bahwa gigi akan tanggal biasanya gigi tersebut akan terlebih dahulu goyang. Melihat tanda ini, baik si Kecil maupun orang tua akan mempersiapkan diri menunggu lepasnya gigi tersebut. Dari pengalaman saya dulu, sewaktu gigi si Kecil goyang, saya langsung mencari info seputar cara merawat anak saat giginya tanggal. Dari sumber yang saya temukan, ada dua langkah yang bisa Ibu lakukan sebagai pertolongan pertama, yaitu:

  • Pastikan gigi si Kecil tak tertelan

Saat gigi tanggal, salah satu bentuk perawatan bayi yang bisa dilakukan pertama kali adalah memastikan bahwa gigi si Kecil tak tertelan. Gigi tanggal yang tak sengaja tertelan bisa berisiko mengganggu saluran pernapasannya, Bu. Oleh sebab itu, mintalah si Kecil untuk segera melaporkan kepada Ibu atau orang dewasa di sekitarnya ketika giginya tanggal.

  • Kompres gigi untuk menghentikan pendarahan

Sesaat setelah gigi si Kecil tanggal, yang terjadi biasanya adalah gusi membengkak dan berdarah. Hal ini tentunya akan membuat ia merasa tak nyaman dan sering kali panik ya, Bu. Supaya pendarahan pada gusinya cepat mereda, Ibu bisa mengompres daerah yang bengkak dengan es batu yang dibungkus dengan sapu tangan handuk atau kain. Apabila Ibu ingin memberikan obat penghilang rasa sakit untuk si Kecil, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis sehubungan dengan pemberian dosis yang tepat ya, Bu. 

menurut saya, tanggalnya gigi si Kecil terasa istimewa sehingga patut dirayakan dan dihargai karena ia sudah berani menahan rasa sakit yang dirasakan saat giginya tanggal. Jika dilihat dari sisi psikologi anak, memberikan si Kecil sebuah penghargaan, bisa meningkatkan kepercayaan dirinya saat menghadapi sebuah masalah, Bu.

Tak hanya memberikan penghargaan, momen ini juga saya manfaatkan untuk mengingatkan kembali kepada si Kecil pentingnya menjaga kesehatan gigi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Rajin menyikat gigi

Memelihara kesehatan anak bisa dimulai dengan hal kecil seperti menyikat gigi. Hal ini disebabkan oleh besarnya risiko gigi menjadi rusak karena banyaknya bakteri yang tertinggal di sela-sela gigi setelah makan. Oleh sebab itu, pastikan si Kecil menyikat giginya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari, yaitu saat mandi dan sebelum tidur. 

  • Rutin melakukan pemeriksaan di dokter gigi

Kebiasaan ini sebetulnya tak hanya berlaku untuk orang dewasa lho, Bu. Justru, sebaiknya aktivitas seperti ini sudah dibiasakan sejak dini. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi, dapat mencegah munculnya atau makin parahnya gangguan-gangguan mulut seperti gigi berlubang atau keropos.

Bagaimana, Bu? Apakah informasi yang saya berikan sudah cukup informatif? Memberikan pertolongan pertama pada si Kecil saat giginya tanggal ternyata tak sesulit yang dibayangkan, kan? Namun, ada kalanya Ibu tetap perlu memeriksakan si Kecil ke dokter gigi apabila gigi si Kecil sudah goyah tapi tak kunjung tanggal dan sudah ada gigi baru yang tumbuh di bawahnya. Jika hal ini dibiarkan, kondisi ini nantinya bisa merusak struktur gigi yang membutuhkan perawatan khusus untuk merapikannya. Semoga info perawatan bayi dari saya ini bisa bermanfaat ya, Bu!