Mainan edukasi anak 2 tahun tersedia dalam jenis dan warna yang beragam. Ada mainan berbentuk balok, boneka, buku, dan lain sebagainya. Mainan-mainan tersebut diperlukan dalam masa tumbuh kembang anak karena bisa menjadi stimulasi yang mengasah kemampuan si Kecil. Demi mendukung proses tumbuh kembangnya, pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ ya, Bu. Susu ini mengandung DHA 4x lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. Si Kecil pun dapat tumbuh kreatif, tangkas, dan berani. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Seperti yang Ibu ketahui, di 2 tahun pertama kehidupannya, setiap anak sedang mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan yang cukup signifikan. Saat si Kecil berusia 2 tahun, otaknya akan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Proses ini dapat mendukung si Kecil untuk cepat belajar dan memahami dunia di sekitar. 

Secara umum, anak yang berusia 2 tahun sudah mulai bisa menyusun balok mainan, membedakan bentuk dan warna, memerhatikan buku dan membalik halamannya sendiri, berjalan menaiki atau menuruni tangga sambil berpegangan, serta lebih banyak bergerak aktif untuk meraih atau memegang barang-barang yang menarik perhatiannya.

Oleh karena itu, kehadiran mainan edukasi anak 2 tahun dibutuhkan bukan hanya sebagai teman bermain yang menyenangkan, tetapi juga sebagai media untuk stimulasi kemampuan motorik, sensorik, berbahasa, komunikasi, sosial, dan emosional si Kecil.

Meskipun saat ini sudah banyak pilihan mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil, tetapi tidak semua mainan aman digunakan lho. Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk memerhatikan mainan yang dipakai si Kecil, mulai dari bahan dasarnya, keamanan, komponen mainan, dan lain sebagainya.

Artikel Sejenis

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Banyak hal mulai dipelajari oleh si Kecil saat ia menginjak usia 2 tahun. Oleh karena itu, memberikannya berbagai jenis permainan edukasi anak 2 tahun yang tepat dipercaya akan membantu tumbuh kembangnya secara optimal.

Salah satu kegiatan yang paling penting dilakukan oleh anak 2 tahun yaitu bermain. Bermain bagi si Kecil merupakan hal yang dianggap sama nilainya dengan bekerja dan belajar bagi orang dewasa. 

Menurut penelitian, bermain dapat menjadi sarana untuk mengubah potensi dalam diri anak yang akan membentuk macam-macam penguasaan pada kehidupan yang akan datang. Pengalaman mengenali dunia sekitar didapat anak selama bermain. 

Setiap permainan yang dilakukan oleh anak mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Ibu perlu memilih jenis permainan edukasi anak 2 tahun yang sesuai agar tumbuh kembangnya bisa semakin optimal. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Buku

    buku mainan anak 2 tahun - ibudanbalita

    Mainan edukasi anak 2 tahun yang pertama yaitu buku. Ibu pasti mengetahui bahwa buku merupakan media pembelajaran sekaligus permainan edukasi anak 2 tahun yang menarik bagi si Kecil. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buku, di antaranya dapat menambah berbagai kosakata, meningkatkan kemampuan bahasa, meningkatkan fungsi otak, mengembangkan kemampuan kognitif, menjalin hubungan dengan Ibu, dan lain sebagainya.

    Ibu dapat memberikan si Kecil buku sebagai mainan edukasi anak 2 tahun yang bertema hewan, ensiklopedia, board book, dan buku jenis lainnya yang berisi cerita serta gambar menarik. Ibu juga dapat mengajak si Kecil untuk pergi ke toko buku supaya dapat memilih jenis buku yang ia inginkan. 

    Ibu bisa membacakan buku cerita kepada si Kecil sebelum tidur sambil ditemani dengan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ agar si Kecil dapat tertidur dengan pulas. Sebab, di dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ terdapat kandungan trypthofan yang dapat membantu anak untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

  2. Mainan Bertema Profesi

    Mainan edukasi anak 2 tahun - ibudanbalita

    Mainan edukasi anak 2 tahun selanjutnya yaitu mainan bertema profesi, seperti dokter, koki, pemadam kebakaran, polisi, dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak mainan edukasi anak 2 tahun bertema profesi yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil agar ia mulai mengenal profesi-profesi beserta tanggung jawabnya.

    Mainan edukasi anak 2 tahun ini juga bisa menjadi media bagi anak agar dapat meniru dan melakukan pekerjaan dari profesi tertentu. Misalnya, Ibu bisa mengajak si Kecil bermain profesi sebagai dokter dengan mainan pendukung, seperti stetoskop, termometer, lampu senter, jas dokter, dan lain sebagainya. Dengan begitu, mainan ini bisa menstimulasi perkembangan kecerdasan emosi, melatih kemampuan komunikasi dan sosialisasi, mengajarkan si Kecil dalam merawat sesuatu, dan lain sebagainya.

  3. Balance Bike

    Mainan edukasi anak 2 tahun - ibudanbalita

    Balance bike identik dengan mainan anak laki-laki 2 tahun yang bisa menstimulasi sekaligus menyenangkan bagi si Kecil. Ada beragam manfaat dari balance bike, di antaranya melatih koordinasi, keseimbangan, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta membangun kedekatan emosional antara si Kecil dan orang tua.

    Meskipun balance bike lebih melekat sebagai mainan anak laki-laki, Ibu juga bisa menjadikannya sebagai mainan anak perempuan 2 tahun juga, lho. Mainan yang satu ini memiliki beragam manfaat, tetapi Ibu perlu memilih balance bike yang tepat. 

    Pastikan balance bike tersebut memang berkualitas, baik dari segi bahan dan spesifikasinya, serta sesuaikan balance bike dengan usia si Kecil. Sebab, saat ini sudah banyak berbagai jenis balance bike untuk anak.

  4. Mainan Balok

    Mainan balok anak 2 tahun - ibudanbalita

    Mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa Ibu pilih selanjutnya yaitu mainan berbentuk balok. Sebenarnya mainan ini sudah bisa Ibu kenalkan kepada si Kecil sejak ia masih bayi. 

    Namun, untuk anak yang sudah berusia 2 tahun, Ibu bisa memberikannya mainan balok dengan bentuk dan warna yang semakin beragam, mulai dari bentuk huruf, angka, hewan, bangunan, dan lain sebagainya.

    Mainan edukasi anak 2 tahun ini memiliki beragam manfaat yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil, di antaranya melatih koordinasi, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kecerdasan dan kreativitas si Kecil, serta melatih kesabaran.

    Baca juga: 10 Mainan Edukasi Anak untuk Bantu Pertumbuhannya

  5. Bola

    Mainan anak laki-laki 2 tahun - ibudanbalita

    Ibu ingin mainan anak laki-laki 2 tahun yang mendorong si Kecil agar lebih aktif bergerak? Nah, mainan berbentuk bola mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Ini karena bola mendukung si Kecil agar bisa melempar dan menangkapnya dengan benar sehingga yang bergerak bukan hanya tangan si Kecil, tetapi kakinya pun ikut bergerak sehingga pertumbuhannya lebih prima.

    Manfaat bola sebagai mainan edukasi anak 2 tahun juga tak kalah dari mainan sebelumnya lho. Bermain bola bisa melatih keseimbangan, paham konsep sebab-akibat, mengasah kemampuan motorik, dan menambah kepercayaan diri. 

    Selain itu, bermain bola juga dapat melatih konsentrasi, membangun ikatan emosional serta sosial, dan bisa menjadi alternatif olahraga di pagi hari dengan dilengkapi oleh sarapan penuh nutrisi, salah satu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

  6. Mainan Alat Musik

    Mainan alat musik merupakan salah satu mainan yang menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan perkembangan si Kecil, seperti meningkatkan pendengaran, melatih kemampuan motorik dan kognitif, meningkatkan kemampuan berbicara, dan lain sebagainya.

    Selain itu, mainan edukasi anak 2 tahun ini juga bisa menjadi media bagi Ibu untuk mengenalkan si Kecil dengan berbagai jenis alat musik, mulai dari drum mini, gitar, piano, flute, biola, dan lain sebagainya.

    Dengan mengenalkan mainan edukasi anak 2 tahun berupa alat musik, kemungkinan Ibu juga bisa melihat ketertarikan si Kecil terhadap salah satu alat musik yang nantinya bisa diasah terus seiring pertambahan usianya.

  7. Mainan Puzzle

    Mainan puzzle anak 2 tahun - ibudanbalita

    Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun yang sayang untuk dilewatkan adalah puzzle. Jenis mainan ini sangat penting untuk mendukung kecerdasan si Kecil karena dengan bermain puzzle, otak si Kecil akan didorong untuk berpikir dan memecahkan masalah saat menggabungkan teka-teki sesuai dengan instruksi pada gambar.

    Puzzle cocok dijadikan sebagai mainan edukasi anak 2 tahun karena dapat meningkatkan memori, melatih kemampuan motorik halus, melatih koordinasi mata dan tangan, mengasah kemampuan problem solving, dan meningkatkan rasa percaya diri.

    Apalagi jika Ibu mengoptimalkannya dengan pemberian susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dengan kandungan DHA 4x lebih tinggi, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) lengkap, sphingomyelin, dan asam sialat, sehingga dapat memaksimalkan perkembangan otak dan kecerdasan si Kecil.

Baca juga: Intip 16 Ide Permainan Anak Perempuan yang Seru Yuk, Bu!

Selain mainan yang telah disebutkan, sebenarnya ada jenis mainan edukasi anak 2 tahun buatan sendiri yang bisa jadi pilihan Ibu, di antaranya boneka jari, roket mainan, hingga mobil-mobilan dari kardus.

Di samping menstimulasi si Kecil dengan mainan edukasi anak 2 tahun buatan sendiri, penting bagi Ibu untuk memenuhi asupan nutrisi berkualitas agar memaksimalkan kecerdasan, akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan 14 vitamin dan 9 mineral, Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah penting dari itu, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba fiturnya sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.