Whatsapp Share Like Simpan

Dunia anak adalah dunia bermain. Meski anak sudah memasuki usia prasekolah, tapi ia masih butuh banyak bermain, Bu. Waktu anak bermain ini tetap bisa diseimbangkan dengan waktu anak belajar, kok. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memberikan mainan edukasi anak.

Permainan semacam ini tidak hanya asyik untuk dimainkan, tapi juga melatih keterampilan anak. Oleh karena itu, berikan buah hati beberapa mainan edukatif berikut ini ya, Bu:

Stiker Mosaik

Sederhana dan murah meriah, tapi permainan stiker mosaik sangat baik untuk melatih motorik halus dan memperkenalkan anak tentang angka dan warna lho, Bu. Permainan ini mengharuskan anak untuk menempelkan potongan-potongan stiker berukuran kecil sesuai angka dan warna.

Dari sini, keterampilan jari serta koordinasi antara mata dan tangan pun akan terlatih. Anak juga dilatih kesabarannya agar berhasil menempelkan semua stiker yang diberikan. Bila sudah mulai memainkannya, anak pasti akan keasyikan hingga lupa waktu.

Block

Artikel Sejenis

Tingkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak dengan permainan block. Permainan ini memiliki aneka bentuk dalam satu paket yang bisa dibangun menjadi apapun yang anak sukai, seperti transportasi, bangunan, binatang, hingga robot. Bebaskan anak untuk berkreasi setinggi mungkin. Mengembangkan kreativitas anak akan sangat membantunya memiliki ide-ide cemerlang yang berguna untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Bricks

Hampir mirip dengan block, permainan bricks memiliki bentuk yang lebih bervariasi. Mainan edukasi anak ini dapat melatih imajinasi, kreativitas, dan logika anak. Selain itu, koordinasi tangan dan mata anak juga akan ikut meningkat. Anak bisa bebas berimajinasi membangun bentuk apapun yang ada di kepalanya. Saat berhasil membangun, ia pasti akan kegirangan dan bangga terhadap dirinya sendiri, Bu.

Alat Musik Kayu

Musik dikatakan baik untuk merangsang kemampuan otak anak, Bu. Oleh karenanya, berikan anak permainan alat musik kayu kolintang agar ia bisa berlatih menciptakan nada-nada yang riang. Saat ia memainkannya, Ibu bisa sambil memberikan video tutorial bermain kolintang. Dengan begitu, anak jadi bisa belajar memainkan musik yang benar.

Peralatan Profesi

Permainan berupa peralatan profesi sangat efektif untuk memperkenalkan beragam profesi yang dapat menjadi pilihannya saat dewasa. Tak hanya itu, mainan edukasi anak ini juga baik untuk mengenal nama-nama alat sesuai profesi, mengembangkan imajinasi, dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Peralatan profesi yang bisa Ibu berikan pada anak antara lain peralatan dokter, memasak, salon, atau menukang.

 

Baca juga: Permainan Ini Baik untuk Melatih Motoriknya


Puzzle

Puzzle adalah mainan edukasi anak yang selalu menjadi andalan para Ibu. Menggabungkan kepingan-kepingan puzzle akan meningkatkan kemampuan otak anak untuk berpikir. Jenis puzzle pun kini sangat variatif, mulai yang standar hingga 3D dengan tingkat kerumitan yang bisa disesuaikan dengan usia anak.

Mulailah dari yang mudah terlebih dulu. Lalu perlahan tingkatkan menjadi puzzle yang memiliki kepingan lebih kecil dan banyak. Ibu juga bisa ikut membuatnya bersama dengan anak, lho. Jika dibuat bersama, pasti permainan ini akan lebih seru.

Busy Book

Membaca buku merupakan kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak dini. Jenis buku anak-anak pun kini sangat lucu dan beragam, sehingga akan menarik minat anak untuk membacanya. Salah satunya adalah busy book, yakni buku yang didalamnya terdapat berbagai aktivitas yang mampu merangsang kemampuan motorik halus anak serta mempelajari bentuk, angka, warna, dan lainnya. Buku semacam ini tidak akan mudah membuat anak bosan, karena aktivitasnya sangat menyenangkan.

Lego

Merakit setiap kepingan-kepingan menjadi bentuk yang besar sesuai petunjuk yang diberikan akan melatih kemampuan anak untuk berpikir. Lego juga efektif untuk melatih motorik halus dan kesabaran anak agar bisa menghasilkan bentuk yang diminta. Tak hanya itu, kecepatan berpikir dan kemampuan problem solving anak juga akan terasah dengan permainan ini.

Peralatan Olahraga Mini

Ajak anak aktif bergerak yuk dengan peralatan olahraga mini, Bu. Tidak hanya menyehatkan tubuh, mainan edukasi anak ini juga mampu meningkatkan koordinasi berbagai anggota tubuhnya, seperti otak, mata, tangan, dan kaki. Kemampuan motorik kasar, keseimbangan tubuh, serta aspek sosial anak juga akan ikut terlatih saat memainkan permainan ini, Bu. Peralatan olahraga mini untuk anak saat ini sangat bervariasi, seperti basket, sepak bola, golf, dan badminton.

Permainan Papan

Permainan papan, seperti monopoli, catur, othello, halma, atau karambol mengajarkan anak tentang mengatur strategi, memecahkan masalah, mengatasi kesulitan, dan berinteraksi dengan lawan bermainnya. Seru untuk dimainkan bersama-sama, permainan papan juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi dan berbicara.

Masih ada banyak lagi mainan edukasi anak lainnya yang bisa Ibu pilih untuk dimainkan bersama buah hati. Tentunya menemani anak bermain akan lebih bermanfaat, karena Ibu bisa sambil mengajarinya. Selamat bermain dan bersenang-senang dengan anak ya, Bu.

Bila Ibu ingin bertanya atau berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

 

Sumber:

Rumah.com