Whatsapp Share Like Simpan

Setiap bulannya bayi akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tak hanya fisiknya saja yang membesar, tapi juga kemampuannya. Ibu pun pasti akan takjub saat melihat betapa cepatnya ia tumbuh besar dan semakin pintar. Apalagi pada pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 7-12 bulan yang terlihat sangat pesat. Berikut detail selengkapnya:

Usia 7 Bulan

Pertumbuhan Fisik & Karakter

Secara fisik, bayi usia 7 bulan memiliki berat badan sekitar 6,7-10,5 kg dan panjang badan sekitar 65-73,2 cm. Karakternya akan semakin terlihat dan ia cenderung mudah cemas ketika jauh dari orang tua. Untuk mengurangi rasa ketergantungan bayi terhadap Ibu, siasatilah dengan memperkenalkan dan mengakrabkannya kepada anggota keluarga lainnya. Giginya juga sudah mulai tumbuh sehingga ini adalah waktu yang pas untuk memperkenalkannya dengan makanan padat.

Perkembangan Motorik

Di usia ini bayi sedang aktif bergerak. Ia mulai belajar duduk, bangun sendiri, memindahkan pantat, berguling, hingga merangkak. Stimulasi kemampuan bayi dengan memancingnya dengan mainan favoritnya. Saat makan Ibu juga bisa memberikannya sendok dan cangkir untuk melatih keterampilan tangannya dalam memegang benda. Pastikan keamanan rumah selalu terjaga ya, Bu, supaya ia tidak terluka saat bereksplorasi.

Artikel Sejenis

Kemampuan Komunikasi & Sosialisasi

Kemampuannya berbicara sudah semakin jelas dan akan suka mengulang kata “bababa”. Bayi 7 bulan suka bersosialisasi dan menempel erat dengan ibunya. Jika tidak melihat keberadaan ibunya di dekatnya, maka ia akan menangis.

Usia 8 Bulan

Pertumbuhan Fisik & Karakter

Memasuki usia 8 bulan, bayi akan memiliki berat badan rata-rata 7-10,5 kg dan panjang badan 66,5-74,5 cm. Rasa penasaran dan keingintahuannya sangat tinggi serta semakin menyadari jika ada yang berubah di sekelilingnya. Rasa cemas saat harus berpisah dengan Ibu sudah semakin berkurang, karena ia mulai memahami bahwa Ibu akan kembali lagi ke sisinya.

Perkembangan Motorik

Kemampuan motorik bayi 8 bulan semakin terlihat. Ia mulai dapat duduk tegak tanpa disangga. Beberapa bayi bahkan mulai bisa merangkak dan suka berkeliling ke seluruh penjuru rumah. Sebagian lagi sudah mampu menarik dirinya untuk berdiri sambil berpegangan dengan benda yang ada di dekatnya. Namun tak perlu khawatir jika bayi Ibu belum bisa merangkak karena perkembangan bayi itu berbeda-beda.

Perkembangan Komunikasi & Sosialisasi

Bayi mulai pandai meniru suara dan bisa memahami nada bicara Ibu, seperti saat Ibu marah ia mungkin akan merespon dengan menangis. Ketika Ibu memberikan sesuatu yang disukainya, ia akan menyambutnya dengan gembira. Namun jika Ibu memberikan sesuatu yang tidak disukainya, maka ia akan merajuk.

Usia 9 Bulan

Pertumbuhan Fisik & Karakter

Bayi 9 bulan memiliki berat badan normal antara 7,2-10,9 kg dan panjang badan antara 67,7-76,2 cm. Ia semakin aktif dan senang menjelajahi sekelilingnya dengan merangkak. Waspadalah terhadap benda-benda berbahaya yang rawan ia sentuh. Dikarenakan pertumbuhan giginya semakin banyak, ia juga akan senang menggigit sebagai bentuk ketidaknyamanan.

Perkembangan Motorik

Rasa ingin tahunya terhadap berbagai hal yang ia temui akan semakin besar sehingga ia akan menyentuh, memegang, atau memasukkan benda ke mulut untuk mengenalnya. Ia juga mulai belajar merangkak pada tangga. Jangan lengah untuk selalu menjaga dan mengawasinya ya, Bu, agar ia terhindar dari hal-hal yang bisa melukainya.

Perkembangan Komunikasi & Sosialisasi

Bayi semakin suka berceloteh dengan panjang dan nyaring. Coba dengarkan dengan seksama, Bu, ia mungkin mulai bisa mengeluarkan kosakata seperti “mama”. Ia senang diajak bermain dan menikmati musik. Jadi seringlah mengajak ia bermain, bernyanyi, atau membacakannya buku cerita.

Baca juga: Perkembangan Aktivitas Bayi Usia 7 Bulan yang Ibu Harus Tahu

Usia 10 Bulan

Pertumbuhan Fisik & Karakter

Di usia ini, berat badannya adalah sekitar 7,5-11,2 kg dan panjang badan sekitar 69-77,6 cm. Bayi mulai menunjukkan kemandirian, pandai bermain, dan aktif berkomunikasi. Dari sini karakter bayi akan mulai terlihat, apakah ia termasuk bayi yang ceriwis atau pendiam.

Giginya sudah tumbuh lebih banyak, sehingga ia mulai bisa menikmati makanan. Berikan ia MPASI bertekstur kasar yang bervariasi untuk memperkenalkannya terhadap berbagai jenis makanan.

Perkembangan Motorik

Dari segi motorik, perkembangan bayi 10 bulan meliputi kemampuannya dalam merangkak yang sudah lebih mahir. Ia juga sudah mampu bangkit berdiri, jongkok, dan melangkahkan kakinya untuk belajar berjalan sambil merambat pada sofa atau dinding. Keterampilan tangannya juga semakin baik, seperti menggenggam benda-benda kecil. Untuk itu jauhkan ia dari benda yang berpotensi ia telan ya, Bu.

Perkembangan Komunikasi & Sosialisasi

Di usia ini bayi sangat suka meniru perilaku dan ucapan orang-orang di sekitarnya, khususnya Ibu. Ia juga mulai bisa meniru gerakan yang sederhana, seperti menelepon atau menyisir rambut. Selain itu, ia juga sedang berusaha untuk menyerap kosakata yang ia dengar. Oleh karenanya ucapkanlah kata-kata yang baik jika sedang bersamanya, Bu. Untuk stimulasi otaknya, berikan permainan edukatif, seperti menyusun balok.

Usia 11 Bulan

Pertumbuhan Fisik & Karakter

Berat badannya sudah mencapai 7,4-11,5 kg, sedangkan panjang badannya 70,2-78,9 cm. Ia juga semakin aktif, sehingga Ibu mungkin akan kewalahan mengikutinya. Indra pengecapnya turut berkembang, Bu, jadi ia bisa sangat memilih apa yang ia ingin makan (picky eater). Jangan menyerah untuk tetap memperkenalkannya dengan aneka rasa dan tekstur makanan ya, Bu, agar ia tidak semakin pilih-pilih.

Perkembangan Motorik

Kekuatan kakinya memang semakin meningkat, tapi beberapa bayi masih belum kuat menyangga tubuhnya dengan baik. Alhasil, saat belajar berjalan ia mungkin terjatuh dan berusaha untuk bangkit lagi. Ia juga mulai mahir memanjat sofa, tangga, meja, atau boks tempat tidurnya. Tak hanya kekuatan kaki, tangannya pun semakin terampil. Untuk mengambil benda, ia akan menjumput menggunakan telunjuk dan jempolnya.

Perkembangan Komunikasi & Sosialisasi

Cobalah ajak ia berbicara, maka ia akan merespon dengan lancar. Walaupun tidak dengan kata-kata yang mudah dipahami, tapi Ibu mulai bisa memahami gaya komunikasinya. Tak hanya itu, daya fokusnya pun semakin bertambah sehingga ia mungkin akan asyik terhadap suatu hal dalam waktu lama, seperti saat bermain. Untuk melatih fokus bayi, berikan ia mainan yang merangsang konsentrasi, misalnya puzzle.

Usia 12 Bulan

Pertumbuhan Fisik & Karakter

Di ulang tahun pertamanya ini, berat badannya mencapai 3 kali lipat dari berat badannya saat lahir atau sekitar 7,8-11,8 kg. Sementara untuk panjang badannya bertambah 50% atau sekitar 71,3-80,2 cm dan ukuran otaknya sebesar 60% dari ukuran otak orang dewasa. Ini artinya perkembangan bayi pun semakin meningkat.

Perkembangan Motorik

Bayi sudah mampu berdiri sendiri tanpa perlu berpegangan. Beberapa bayi bahkan sudah mahir berjalan. Sementara untuk motorik halusnya, ia sudah pintar memegang berbagai peralatan, seperti botol, sikat, gigi, sendok, atau pensil. Di usia ini ia juga bisa menunjuk sesuatu dengan telunjuknya dan bertepuk tangan.

Perkembangan Komunikasi & Sosial

Bayi memiliki kosakata yang semakin bertambah akibat suka meniru yang Ibu katakan. Selain itu, ia juga mulai bisa merasakan berbagai jenis emosi yang kompleks, seperti cemas, malu, takut, dan sebagainya. Pada kemampuan sosialnya, bayi mulai bisa melambaikan tangan dan menirukan gerakan cium jauh jika berpamitan dengan seseorang.

Tahap perkembangan di atas adalah perkembangan bayi secara rata-rata ya, Bu. Jika buah hati Ibu mengalami sedikit keterlambatan, jangan dulu merasa khawatir secara berlebihan. Namun bila sudah sangat terlambat dan ada tanda-tanda yang tidak normal, Ibu sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Konsultasi seputar anak juga bisa dilakukan di laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

 

Sumber:

Zwitsal.co.id