Menghabiskan waktu bersama putri kecil memang sangat menyenangkan ya, Bu. Ia dan Ibu bisa berbelanja, jalan-jalan, atau sekadar bermain permainan anak perempuan bersama-sama. Sesama perempuan, Ibu bisa dengan mudah mengajaknya bermain permainan yang memang biasa dimainkan oleh perempuan.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Manfaat bermain untuk anak tidak sekadar untuk menghabiskan waktu bersama saja, tapi juga sebaiknya yang dapat melatih keterampilan anak. Nah, agar anak semakin senang bermain bersama Ibu sekaligus melatih kreatif si Kecil, yuk, coba mainan anak perempuan terbaru dan edukatif berikut ini:

16 Ide Permainan Anak Perempuan

  1. Masak-masakan

    Anak perempuan identik dengan permainan masak-masakan. Tak hanya melatih ia untuk terbiasa melakukan aktivitas memasak yang akan dilakukannya saat ia dewasa nanti, permainan anak ini juga memberi manfaat bermain untuk anak, lho. Salah satunya mengembangkan kreativitas dan melatih kemampuan motorik halus anak. Bermainlah menggunakan peralatan memasak mainan dan plastisin sebagai bahan makanannya. Keduanya akan melatih tangan mungilnya untuk memotong, menggenggam, dan berkreasi sesuka hati. Ia juga dapat mengembangkan kreativitasnya untuk berpura-pura memasak makanan yang ia sukai.

  2. Dress Up

    Anak zaman sekarang mungkin sangat mengidolakan karakter kartun tertentu dan ingin mencoba seperti tokoh tersebut. Untuk mewujudkan impiannya, coba ajak ia bermain permainan dress up sebagai salah satu permainan anak perempuan, yuk. Ibu bisa meminta anak untuk memakai pakaian yang cantik dan berpura-pura menjadi karakter yang ia favoritkan, seperti menjadi seorang putri. Permainan ini dapat memberi manfaat bermain untuk melatih imajinasi anak dan menunjukkan ekspresi.

  3. Bermain Boneka

    Rasanya tidak ada anak perempuan yang tidak menyukai boneka ya, Bu. Bermain boneka memang salah satu permainan anak perempuan yang sangat difavoritkan banyak anak. Melalui permainan boneka, anak dapat mempelajari banyak hal. Contohnya saja belajar berimajinasi dan bercerita seolah-olah mainan bonekanya hidup dan dapat melakukan aktivitas.

    Artikel Sejenis

  4. Finger Painting

    Bosan dengan cara menggambar biasa, tak ada salahnya untuk bermain corat-coret langsung dengan tangan. Finger painting bisa menjadi cara yang seru untuk berkreasi dengan aneka warna cat dan alternatif sebagai mainan anak perempuan terbaru yang menarik. Putri kecil Ibu bisa langsung menggambar dan bebas berkreasi sesuai kreativitasnya menggunakan jari-jari mungilnya sebagai kuas.

    Permainan finger painting bermanfaat untuk melatih perkembangan kreatif dan motorik halus anak. Supaya lebih aman untuk kulit anak, sebaiknya Ibu memilih cat dari bahan yang alami, yaitu tepung dan pewarna makanan ya, Bu.

  5. Mendongeng

    Permainan anak perempuan edukatif lainnya yang tak kalah seru dan menyenangkan adalah mendongeng bersama. Sambil membacakannya cerita, Ibu bisa mengikut sertakan anak dalam kegiatan ini. Mintalah ia untuk memperagakan atau berpura-pura sebagai salah satu tokoh yang ada di dalam dongeng tersebut. Manfaat bermain untuk anak dari permainan satu ini dapat melatih daya imajinasi dan kreativitasnya. Kemampuan berbicaranya pun dapat semakin terasah berkat banyaknya kosakata baru yang ia dengar.

  6. Mencetak Pasir

    Anak perempuan juga senang bermain dengan pasir kinetik sebagai mainan anak perempuan lainnya, Bu. Ia bisa mencetak pasir menjadi aneka bentuk menggunakan cetakan atau bahkan tangannya. Di sini motorik halus anak akan terlatih. Selain itu ia juga bisa belajar mengenal berbagai jenis bentuk, hewan, angka, atau benda. Pastikan Ibu selalu mengawasi anak saat bermain supaya pasirnya tidak tertelan atau terhirup, ya.

  7. Bermain Plastisin

    Latih kekuatan tangan mungilnya dengan bermain plastisin yuk, Bu. Plastisin atau yang juga dikenal sebagai play dough ini membutuhkan kekuatan tangan untuk melakukan berbagai macam kegiatan, seperti menulis, memegang, menggunting, dan lainnya. Oleh karena itu, permainan anak perempuan satu ini menjadi salah satu sarana yang baik untuk tumbuh kembangnya. Bermain plastisin juga dapat memperkenalkan ia dengan aneka warna dan bentuk. Selain itu, kreativitasnya pun akan semakin terasah karena ia bisa membuat apa saja menggunakan plastisin.

  8. Bermain Bunga

    Anak perempuan juga pasti menyukai bunga. Jadikanlah kesukaannya ini sebagai sebuah mainan anak perempuan terbaru yang edukatif, Bu. Ibu bisa memperkenalkan anak dengan nama-nama bunga, warna, serta mengajarkan anak berhitung sebagai bagian dari mainan anak perempuan satu ini. Untuk anak yang sudah lebih besar, ajarkan ia cara berkebun agar ia bisa terlatih untuk merawat tanaman dan mencintai keindahan sejak dini.

  9. Mewarnai dan Menggambar

    Keterampilan tangan anak juga dapat terlatih melalui kegiatan mewarnai dan menggambar. Memegang pensil warna atau krayon akan membuat tangannya terlatih. Permainan yang juga bisa jadi mainan anak perempuan terbaru ini juga dapat mengasah kreativitas serta memperkenalkannya terhadap nama warna dan benda. Sebagai perkenalan, mintalah si kecil untuk mewarnai gambar terlebih dulu untuk memperkenalkan mainan anak perempuan satu ini. Setelah tangannya mulai terlatih memegang alat gambar, ajari untuk menggambar apa saja. Awalnya mungkin hanya berupa coret-coretan tak berbentuk, tapi lama-kelamaan ia akan mampu menggambar berbagai jenis bentuk sesuai dengan ingatannya.

  10. Menangkap Kupu-kupu

    Jangan hanya bermain di dalam rumah saja, Bu. Mulailah ajak putri kecil Ibu untuk bermain di bawah sinar matahari. Ajak ia untuk bermain mengejar dan menangkap kupu-kupu di tanah lapang atau kebun. Permainan anak perempuan yang edukatif yang satu ini akan melatih fisiknya supaya ia tetap sehat dan energik. Setelah berhasil menangkap, jangan lupa untuk dilepaskan lagi, ya. Cara ini juga akan mengajarkan si kecil untuk lebih menyayangi binatang.

  11. Bermain Rumah-rumahan

    Yuk, praktikkan kegiatan sehari-hari anak dengan bermain rumah-rumahan. Permainan anak perempuan yang satu ini akan lebih mengasyikkan jika dilakukan bersama-sama. Melalui permainan anak perempuan terbaru satu ini, ia akan belajar cara untuk berkomunikasi dengan orang lain. Anak juga pasti sudah sering mengamati kegiatan Ibu selama di rumah, maka bersiaplah untuk merasa takjub saat ia menirunya melalui permainan ini. Ia akan berpura-pura memasak, membersihkan rumah, atau apapun kegiatan yang sering Ibu lakukan. Tentunya hal ini dapat melatih ia bagaimana untuk menjadi seorang ibu yang mengurus semua kegiatan rumah kelak saat ia dewasa.

  12. Bermain Air

    Tak perlu takut anak basah karena bermain air, Bu, karena air bisa menjadi sebuah permainan anak perempuan yang sangat seru dan menyenangkan. Ajak si kecil untuk mengisi beberapa wadah yang memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan air sebagai bagian dari mainan anak perempuan satu ini. Dari situ, Ibu bisa menjelaskan bagaimana air akan mengikuti bentuk wadahnya. Anak pun akan bermain sekaligus belajar.

  13. Menyusun Blok

    Menyusun blok juga bisa untuk dimainkan sebagai permainan anak perempuan terbaru, lho. Melalui permainan ini, kreativitas anak dapat meningkat karena ia bisa mewujudkan ide kreatif yang dimilikinya untuk membuat bangunan dari blok. Tak hanya itu, bermain blok juga bisa melatih koordinasi mata dan tangan serta ketangkasan anak agar ia dapat menyusun blok dengan baik.

  14. Meniup Balon atau Gelembung

    Bermain meniup balon atau gelembung juga tak kalah mengasyikkan lho, Bu. Dari permainan anak perempuan ini, kemampuan motorik anak akan meningkat. Anak juga dapat melatih koordinasi antara tangan dan mulutnya ketika akan meniup balon.

  15. Lompat tali

    Hayo, siapa yang mengira lompat tali adalah permainan khusus anak laki-laki? Ya, lompat tali adalah permainan universal yang juga bisa dimainkan oleh anak perempuan. Lompat tali bisa jadi mainan anak perempuan terbaru untuk melatih teamwork sejak dini. Selain itu, permainan anak perempuan satu ini juga bisa melatih ketangkasan, keseimbangan otak serta kaki, serta melatih kekuatan otot kaki. Dijamin, bermain lompat tali bisa lupa waktu seharian sangking serunya dimainkan bersama teman.

  16. Bermain Kartu

    Meskipun lagi-lagi permainan ini identik dilakukan oleh laki-laki, bermain kartu juga bisa jadi salah satu permainan anak perempuan yang bermanfaat tapi juga tetap menyenangkan, Bu! Kartu yang dimainkan pun beragam, bisa flash card, kartu uno, atau kartu gambar lainnya. Permainan anak perempuan ini bisa membantu si Kecil mengasah pikirannya untuk bermain taktik dan strategi untuk menang. Selain itu, bermain kartu bisa jadi permainan untuk anak perempuan terbaru untuk melatih kecepatan berpikir otak dalam menebak gambar. Bagaimana, jadi tertarik untuk bermain kartu bersama anak, Bu?

Nah, itu dia beberapa jenis permaina anak perempuan terbaru dan edukatif yang bisa Ibu mainkan bersama putri kecil Ibu. Dari sekian banyak permainan di atas, permainan anak perempuan mana yang Ibu dan anak favoritkan? Selamat bermain bersama ya, Bu. Semoga permainan-permainan di atas dapat memberi manfaat bermain untuk anak serta membantu proses tumbuh kembang anak.

Manfaat Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak

Baik anak bermain mainan anak perempuan maupun bermain secara kolektif bersama teman-teman seumurannya, aktivitas menyenangkan bagi si kecil tersebut nyatanya membawa manfaat bermain untuk anak yang baik bagi tumbuh kembangnya. Jadi, tidak ada salahnya bagi Ibu untuk mengajarkan anak bermain dengan permainan anak perempuan atau mainan lainnya sedari dini. Selain mengasah kemampuan fisiknya, dengan mengenalkan berbagai macam permainan, si kecil juga akan lebih cepat mengenal lingkungan sekitarnya atau menjadi sarana adaptasi yang baik bagi pertumbuhannya. 

Pada dasarnya, tidak ada batasan kapan anak perempuan harus mulai bermain. Karena, sejak lahir pun putri Ibu sudah bisa mulai diperkenalkan dengan permainan anak perempuan. Tentunya dimulai dari permainan anak sederhana terlebih dahulu, ya. Seperti memperkenalkan warna pada kartu, bermain cilukba, bermain tekstur play dough, dan sebagainya. Kemudian seiring berjalannya waktu, putri Ibu bisa mulai diperkenalkan dengan permainan anak perempuan lainnya sesuai dengan umur dan kemampuan. Dan karena tidak ada batasan, anak perempuan bebas bermain permainan anak perempuan sampai umur berapa pun. Ya, permainan anak perempuan memang tak sekadar bermain saja, tetapi bisa untuk melepaskan rasa lelah hingga rasa bosan. Jadi, tak ada salahnya jika anak ingin terus bermain, asalkan tidak berlebihan. 

Bermain dengan beragam mainan anak perempuan maupun permainan lainnya, anak juga bisa mengasah kreativitasnya dengan melakukan eksperimen dengan mainan yang dimilikinya. Sehingga si kecil dapat mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dari bermain. Dengan pengalaman baru yang didapat dari bermain menggunakan permainan anak perempuan, si kecil juga akan lebih mudah menemukan minat bakatnya sedari kecil. Bermain dengan jenis permainan apa pun, seperti permainan anak perempuan juga akan membantu anak untuk memiliki konsentrasi serta daya ingat dalam waktu yang lama.

Jika anak masih belum bisa berkomunikasi dengan lancar, alangkah baiknya jika Ibu menyediakan waktu untuk menemani bahkan mengajak anak bermain. Bermain dengan permainan anak perempuan atau lainnya dengan memiliki lawan main akan membantu anak memiliki stimulus dalam mempelajari cara berkomunikasi dengan baik, bisa dengan gestur maupun komunikasi lisan. 

Dengan memahami cara berkomunikasi lewat aktivitas bermain menggunakan permainan anak perempuan maupun jenis mainan lainnya, si kecil juga akan lebih mudah mengendalikan dan mencurahkan emosi. Pengendalian emosi yang baik berkat kehadiran aktivitas bermain menggunakan permainan anak perempuan, si kecil pun akan belajar memecahkan masalah. Sebagaimana yang Ibu ketahui bahwa mainan anak perempuan pun memiliki tingkatan dalam membantu anak memecahkan masalah. 

Maka bermain jadi aktivitas yang baik untuk terus hadir dalam keseharian masa tumbuh kembang anak. Hal tersebut tidak hanya didasari dari permainan anak perempuan yang sedang dimainkan, tapi juga berasal dari lingkungan aman yang dibangun dari kehadiran mainan di sekitar anak. Selain itu, Ibu juga bisa mengawasi segala aktivitas bermain anak agar tidak mencoba hal yang terkesan membahayakan. 

Agar tumbuh kembang si Kecil tetap maksimal meski ia sudah tidak lagi minum ASI, Ibu bisa memberikannya susu UHT Frisian Flag Junio yang merupakan satu-satunya susu UHT yang mengandung formula Nutribrain, yaitu omega 3&6 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Kandungannya dibuat semirip mungkin dengan susu pertumbuhan serta diperkaya dengan 9 vitamin, 6 mineral, kalsium, dan fosfor untuk mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil. Tersedia dalam 3 rasa, yaitu plain (bebas gula), cokelat serta stroberi yang lezat alami dan bernutrisi. 

Jika si Kecil tidak suka dengan susu pertumbuhan, jangan patah semangat ya, Bu. Ibu Bisa memberikannya susu UHT Frisian Flag Junio lho! Kenapa? Karena susu UHT Frisian Flag Junio adalah satu-satunya susu UHT yang memiliki kandungan mirip dengan susu pertumbuhan. Diperkaya dengan kandungan Nutribrain yang mengandung omega 3&6 untuk perkembangan otak, serta 9 vitamin & 6 mineral, kalsium, dan fosfor untuk mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil. 

Susu ini tersedia dalam 3 rasa, yaitu plain (bebas gula), cokelat dan stroberi yang lezat alami dan bernutrisi. Dukung tumbuh kembang optimal anak dengan rutin berikan susu UHT Frisian Flag Junio sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.