Share Like
Simpan

Selama hamil, Ibu pasti tetap ingin tampil cantik, kan? Sayangnya, banyak wanita hamil yang mengalami stretch mark alias munculnya guratan berwarna putih di perut dan beberapa bagian tubuh lain karena kulit “dipaksa” meregang secara tiba-tiba. Meski tak berbahaya, munculnya guratan semacam ini tentu sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, Ibu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

1. Minum air putih

Cara yang satu ini sangat sederhana, bukan? Minum air putih 8 gelas sehari merupakan salah satu cara yang bisa membuat kulit wanita hamil bebas stretch mark. Air yang masuk akan menggelontor racun dalam tubuh sekaligus membuat kulit tetap lembap sehingga tak akan muncul guratan saat terjadi peregangan di bagian tubuh tertentu. Selain melalui air putih, Ibu juga bisa mendapat asupan cairan dari buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, jeruk, dan melon.

2. Gunakan pelembap

Guratan yang muncul pada tubuh wanita hamil disebabkan karena kulit cenderung kering dan tidak memiliki kolagen yang cukup saat terjadi peregangan. Untuk mengatasinya, Ibu bisa menggunakan pelembap dengan kandungan coconut oil (minyak kelapa) yang dapat memberi nutrisi tambahan untuk kulit sehingga mencegah munculnya stretch mark bahkan membantu menghilangkannya. Saat memilih body lotion di toko favorit, pastikan kandungannya aman untuk tubuh dan janin ya, Bu!

3. Cegah berat tubuh berlebih

Saat tubuh wanita hamil membesar, secara otomatis kulit akan menyesuaikan diri dengan ikut meregang mengikuti bentuk tubuh yang baru. Nah, semakin gemuk tubuh Ibu, maka kulit juga butuh “usaha” lebih untuk meregang dan hal inilah yang memicu timbulnya guratan tersebut.

 Untuk mencegah munculnya stretch mark dalam jumlah besar, Ibu harus selalu memerhatikan berat tubuh ideal selama masa kehamilan. Caranya adalah dengan menjalani pola makan sehat dan tetap beraktivitas untuk membakar lemak.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga ringan yang dilakukan wanita hamil memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan janin. Namun, Ibu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang boleh dilakukan. 

Olahraga dapat mengatasi stretch mark karena saat melakukannya, tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen yang sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Jadi, jangan malas berolahraga ya, Bu! 

Meski stretch mark yang sering muncul pada perut, paha, dan lengan wanita hamil tak dapat dihilangkan secara total, Ibu bisa menyamarkan bekasnya dengan rajin melakukan perawatan kulit serta menjalani pola hidup sehat. Hal yang paling penting, jangan sampai Ibu melakukan perawatan yang berbahaya untuk calon anak tercinta, sebab keselamatan dan kesehatan janin merupakan hal utama.