Share Like
Simpan

Ibu, umumnya bentuk tubuh wanita akan mengalami perubahan drastis saat sedang hamil. Perubahan yang sering terjadi dan paling sensitif selama kehamilan salah satunya adalah perubahan yang terjadi pada kulit. Tak jarang banyak wanita yang merasa frustasi melihat kondisi kulitnya kering, kusam, lebih berminyak, muncul bercak-bercak hitam dan berjerawat saat ia sedang hamil.

Lalu bagaimana merawat kesehatan kulit agar tetap terlihat segar selama hamil? Untuk meminimalisir kondisi seperti itu, Ibu bisa mencoba beberapa kiat yang berikut ini:

• Nutrisi Ibu hamil
Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan karena selain bahan makanan ini bagus untuk tumbuh kembang bayi di dalam janin, juga bermanfaat untuk menghindari kulit kering. Ibu bisa mengonsumsi misalnya buah alpukat, kacang-kacangan, dan zaitun.

• Perbanyak minum air putih
Cukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan Ibu minum sekurang-kurangnya 6-8 gelas per hari. Hal ini untuk mencegah kulit kering. Selain itu juga dapat membantu Ibu untuk terhindar dari dehidrasi.

• Gunakan produk perawatan kulit
Selain memperhatikan asupan makanan bernutrisi dan minum yang cukup, Ibu juga dapat menggunakan produk perawatan kulit. Untuk penggunaan produk perawatan kulit, sebaiknya Ibu memperhatikan beberapa hal berikut:
- Gunakan selalu krim pelembab ekstra moisturizer untuk kulit yang lebih kering.
- Hindari penggunaan sabun yang mengandung deodorant, karena akan menghilangkan kelembaban pada kulit.
- Gunakan selalu krim untuk tangan setiap kali Ibu selesai mencuci tangan untuk menjaga kelembaban tangan.
- Saat Ibu melakukan aktivitas di luar ruang, gunakan selalu tabir surya dengan kandungan SPF menjaga agar kulit tidak kusam dan tidak menjadi hitam.
- Seminggu sekali, sebaiknya lakukan perwatan dengan masker pelembab wajah untuk menghindari kulit kering dan kusam di daerah wajah.
- Untuk daerah-daerah rawan kulit kering (siku, lutut, tumit) Ibu bia menggunakan jelly atau jenis salep A & D.

• Olahraga yuk
Meskipun sedang hamil, sebaiknya jangan menjadi malas untuk berolah raga, Bu. Karena olah raga secara rutin akan mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh termasuk kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat, cantik dan bugar. Olah raga dapat dilakukan dengan mengikuti kelas senam hamil atau jogging kecil dengan cara berjalan kaki di pagi hari.

• Positif thinking
Nah tips yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Kecantikan tidak hanya dari luar saja tapi juga dari dalam. Kalau Ibu terus khawatir dan merasa diri sendiri kok menjadi jelek selama hamil,serta tidak memiliki rasa percaya diri, maka penampilan Ibu akan bisa terlihat jauh lebih buruk. Perlu diingat bahwa di balik tubuh yang membesar, sebenarnya ada sesuatu yang paling berharga, yakni bayi yang sedang tumbuh di dalam janin Ibu.

Kenyataannya, perempuan biasanya justru semakin tampak pancaran inner beauty¬-nya saat hamil. Jadi, percaya dirilah, Bu.

Sementara tentang kecantikan fisik, pasti akan kembali seperti sediakala setalah bersalin. Berat badan yang naik akan kembali turun, apalagi saat Ibu memberikan ASI untuk si kecil.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa selama kehamilan Ibu harus menghindari penggunaan kosmetik dari bahan-bahan zat kimia yang dapat menyerap melalui pori-pori. Jika tubuh menyerap zat kimia berbahaya tersebut, hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi janin. Untuk lebih jelasnya tentang hal ini, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Ibu.

Nah, Ibu, selamat ya dengan kehamilannya. Ibu cantik sekali.