Whatsapp Share Like
Simpan

Betapa bahagianya ya, Bu. Tak terasa, usia kehamilan Ibu sudah berusia 8 bulan dan tetap terjaga kesehatannya! Kini, kehadirannya pun makin dapat dirasakan di dalam kandungan.  Agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal dalam kandungan, Ibu pun tak hanya harus menjaga kesehatan tubuh, tapi juga pikiran. 

Semenjak memasuki trimester ketiga, janin akan tumbuh dengan cepat dan beratnya pun bertambah. Bertambahnya berat janin pada perut Ibu dapat membuat Ibu mudah lelah dan stress. Seperti yang Ibu ketahui, apabila kondisi Ibu tidak rileks, si Kecil juga dapat merasakannya dan dapat memberikan pengaruh pada pertumbuhannya. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Ibu hamil untuk melakukan pijat kehamilan. Berikut adalah manfaat dari melakukan pijat:

  • Mengurangi ketegangan otot
  • Mengurangi sakit pada punggung dan kaki
  • Tidur lebih nyenyak
  • Mengurangi tingkat hormon penyebab stress

Pijat ini tidak selamanya harus dilakukan di luar kok. Ibu juga bisa meminta Ayah untuk melakukan pijatan di rumah. Namun, demi menjaga keamanan kandungan, Ibu bisa membeli buku yang berisi teknik pijatan bagi Ibu hamil atau DVD panduannya.  Akan jauh lebih baik juga apabila Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Walaupun memiliki manfaat yang baik bagi Ibu hamil, namun ada beberapa kondisi pada Ibu yang tidak dianjurkan untuk melakukan pijatan kehamilan, berikut adalah beberapa kondisi tersebut:

  • Ketika Ibu sedang mengalami mual dan muntah atau morning sickness, sebaiknya tidak melakukan pijat kehamilan. Pijatan pada beberapa bagian tubuh dapat merangsang mual terutama ketika mual dan muntah yang Ibu alami tergolong cukup parah.
  • Apabila Ibu termasuk salah satu yang memiliki risiko keguguran tinggi, sangat tidak disarankan untuk melakukan pijat kehamilan. Ketika Ibu dinilai memiliki risiko keguguran cukup tinggi, itu artinya kondisi rahim Ibu lemah dan dikhawatirkan dapat memperparah kondisi kehamilan Ibu. 
  • Saat Ibu mengalami cedera baik pada kulit atau bagian tubuh Ibu lainnya yang dapat diperburuk dengan pijatan, sebaiknya tunggu hingga cedera tersebut sembuh terlebih dahulu. 
  • Bila Ibu memiliki alergi terhadap jenis minyak yang digunakan untuk memijat, hindari melakukan pemijatan. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu jenis minyak yang dipakai untuk menghindari terjadinya alergi. 

Perkembangan bayi sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental Ibu. Oleh karena itu, Ibu harus memperhatikan betul keseimbangan akan kesehatan fisik dan ketenangan pikiran. Terlebih karena pada trimester ketiga ini, perkembangan tubuh serta otak janin sangatlah cepat. Kebutuhan akan lemak juga bertambah.. Kandungan Omega-3 pada ikan seperti telur dan tenggiri, dapat membantu perkembangan penglihatan pada si Kecil dan juga perkembangan syarafnya.  Banyak mengonsumsi Omega-3 juga bisa mendukung perkembangan kognitifnya bahkan sedari ia masih di dalam kandungan.  Selain itu, Ibu hamil yang banyak mengonsumsi Omega-3 selama hamil, memiliki kemungkinan melahirkan prematur lebih kecil.   Yuk, mari perbanyak konsumsi Omega-3 agar ia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan jaga terus ketenangan pikiran Ibu agar si Kecil dapat tetap rileks di dalam kandungan. Semoga informasi kami bermanfaat!