Share Like
Simpan

Saat berusia 12 bulan, si Kecil mulai bisa melakukan banyak hal, termasuk dengan tangannya. Pernahkah Ibu bertanya-tanya apa saja perkembangan dan pertumbuhan bayi 1 tahun ? Saya sempat mengeceknya dalam sejumlah artikel medis di internet. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan tangan si Kecil hingga usia 12 bulan.

  • Usia 0-2 Bulan

Tahukah, Ibu? Tangan si Kecil mulai bereaksi sejak ia baru lahir, lho. Coba Ibu letakkan jari di telapak tangannya. Umumnya, tangan si Kecil akan membungkus jari Ibu. Reflek ini umumnya terjadi pada minggu pertama sampai usia tiga bulan. Si Kecil juga diam-diam membuka dan menutup tangannya pada masa ini.

  • Usia 3-4 Bulan

Pada usia ini, koordinasi otot tangan si Kecil mulai berkembang seiring perkembangan indra penglihatannya. Jadi, tak perlu heran bila si Kecil mulai menggapai benda-benda di dekatnya. Selain itu, si Kecil juga mulai menyadari keberadaan jari-jarinya. Maka dari itu, si Kecil mulai mencoba memasukkan jari ke mulutnya.

  • Usia 4-8 Bulan

Pada masa ini, si Kecil sudah bisa mendekatkan benda ke arahnya, terutama yang berukuran besar. Si Kecil juga bisa memindahkan benda dari tangan satu ke tangan yang lain. Latihan menggenggam mainan berbentuk cukup besar bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk perkembangan si Kecil , Bu.

  • Usia 9-10 bulan

Ibu mungkin tak suka saat si Kecil mulai membuang atau sengaja menjatuhkan mainannya. Namun, Ibu sebenarnya tidak perlu emosi karena si Kecil sedang dalam proses penguatan otot tangan. Jadi, ia bisa mencengkram suatu benda dengan lebih baik pada usia tersebut. Pada usia ini, si Kecil juga mulai tertarik untuk membuka dan menutup sesuatu, serta menggunakan benda atau mainannya dengan baik. Misalnya, menggerakan mobil-mobilan atau bonekanya.

  • Usia 10-12 Bulan

Si Kecil mulai lancar menggerakan benda-benda ke arahnya. Meski begitu, ia terkadang masih ceroboh menjatuhkannya, Bu. Pada masa ini, si Kecil juga mulai bisa mengendalikan jari-jarinya. Ini saatnya Ibu membiarkan si Kecil menggenggam cangkir atau botol minumnya sendiri.  

Bagaimana, Bu, pertumbuhan bayi 1 tahun ternyata hebat bukan? Sekarang, Ibu hanya perlu memberikan stimulasi agar perkembangan tangan si Kecil lebih optimal. Tetap semangat untuk pertumbuhan si Kecil, Bu!