Share Like
Simpan

Bagaimana perkembangan balita di rumah, Bu? Perkembangan balita adalah tahapan yang paling dinantikan oleh orang tua. Semenjak tangisan pertamanya saat dilahirkan, ia akan terus menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menakjubkan dan tak terduga.

Masa-masa balita, terutama sejak ia berusia 1 tahun adalah masa-masa emas bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Ia akan melewati beberapa tahapan perkembangan balita seperti, perkembangan sosial, bahasa, dan juga motorik. Nah, untuk mengetahui aspek-aspek perkembangan balita apa saja yang akan dilewati si Kecil, mari simak informasi berikut ini:

  1. Sosial

    Si Kecil akan mengalami perkembangan balita dari sisi sosial, yaitu ketika ia mulai berinteraksi dan mengenali berbagai jenis suara dan juga wajah orang-orang terdekatnya. Perkembangan ini dimulai ketika ia belajar untuk merespons interaksi dari orang-orang di sekitarnya. Hal ini ditunjukkan dengan banyak hal, misalnya si Kecil tersenyum ketika melihat wajah orang-orang terdekatnya atau menoleh ketika namanya dipanggil.

  2. Bahasa

    Perkembangan balita selanjutnya adalah perkembangan bahasa. Perlahan ia akan belajar berkomunikasi dan mengolah kata hingga akhirnya ia dapat berbicara dengan sempurna. Pertama-tama, bayi akan melakukan komunikasi dengan menangis, mengucap satu suku kata secara berulang, hingga akhirnya mampu mengucapkan satu kata penuh dan menggabungkan beberapa kata menjadi sebuah kalimat. Pada tahapan ini, balita akan meniru dari apa yang didengar dan dilihatnya. Untuk itu, Ibu harus menjaga setiap tindakan dan tutur kata agar si Kecil tak menirukan sesuatu yang salah.

  3. Perkembangan Motorik

    Selain perkembangan balita dari sisi bahasa dan sosial, si Kecil juga akan mengalami perkembangan motorik. Secara bertahap, ia akan belajar untuk tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, hingga melompat-lompat. Tentunya, ini adalah perkembangan balita yang cukup menakjubkan bagi orang tua dan harus mendapatkan perhatian yang lebih terutama dari segi asupan makanannya. Di masa-masa si Kecil belajar untuk melakukan gerakan fisik tertentu, ia membutuhkan asupan lemak sehat yang lebih banyak untuk sumber energi.

  4. Keterampilan Bereaksi dan Bereksplorasi

    Balita akan menujukkan perkembangannya dalam bereaksi dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya melalui berbagai cara. Ia akan mulai menjelajah perabotan seluruh bagian rumah, mengambil berbagai perabotan dan memindahkan letaknya, mencorat-coret dinding dan lantai, serta suka bermain dengan teman sebayanya. Hal ini dilakukan si Kecil karena ia ingin lebih banyak mengenal hal-hal baru dan memahaminya. Pada fase ini, Ibu harus selalu menjaga dan mendampingi si Kecil agar ia bisa berkembang dengan optimal dan juga selalu terpantau setiap kemajuannya.

Perkembangan balita memang selalu menarik untuk diikuti orang tua. Selain mengikutinya, Ibu juga harus selalu mendampinginya dengan pemenuhan makanan yang sehat dan bergizi sehingga dapat menunjang tumbuh kembang si Kecil tersayang. Selamat menantikan perkembangan si Kecil selanjutnya, Bu!