Share Like
Simpan

Bu, bagaimana keadaan si Kecil hari ini? Di bulan-bulan pertama kelahirannya, ada begitu banyak perawatan bayi yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatannya dan mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan, misalnya saja ruam popok.

Ruam popok atau yang biasa disebut dengan diaper rash, merupakan penyakit kulit pada bayi berupa timbulnya rasa gatal dan perih yang disebabkan tumbuhnya jamur Candida. Untuk mencegah si Kecil mengalami hal ini, yuk lakukan perawatan bayi seperti berikut:

1. Ganti popok sesering mungkin

Jamur penyebab penyakit kulit ini sangat menyukai tempat yang lembap dan hangat seperti permukaan kulit bayi yang tertutup rapat, sehingga sangat penting untuk menjaga popoknya tetap kering. Ibu tak perlu menunggu hingga popok si Kecil benar-benar penuh, segera ganti begitu ia pipis atau buang air besar.

2. Berikan udara untuk kulitnya

Sesekali Ibu perlu membiarkan kulit si Kecil bernapas dengan membuka popoknya dan membiarkan bagian pantatnya terbuka selama beberapa saat. Hal ini akan membantu mengurangi pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ruam dan gatal pada kulitnya, namun pastikan perawatan bayi dengan cara ini tidak membuatnya kedinginan ya, Bu!

3. Hindari penyebab iritasi

Selain jamur, ruam popok juga bisa timbul akibat iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Untuk menghindari hal ini, minimalkan penggunaan sabun, cairan pembersih, dan produk perawatan bayi yang mengandung alkohol serta pewangi.

Membasuh pantat si Kecil dengan air hangat sudah cukup membuat kulitnya bersih sehingga sebisa mungkin hindari penggunaan produk perawatan bayi yang dapat memicu timbulnya iritasi.

4. Gunakan popok dengan benar

Untuk mencegah timbulnya ruam pada bayi, Ibu harus memerhatikan penggunaan popoknya setiap hari. Hindari memasang popok terlalu rapat karena hal ini membuat kulit pantat si Kecil lembap saat ia berkeringat atau buang air kecil dan air besar. Pastikan Ibu memasang popoknya dengan longgar, terutama ketika digunakan dalam jangka waktu cukup lama seperti saat tidur malam.

5. Pilih popok yang tepat

Jika Ibu sudah melakukan perawatan bayi dengan benar tetapi si Kecil tetap saja terkena ruam, cobalah untuk mengganti merek popoknya. Pilihlah popok yang memiliki daya serap lebih baik sehingga kulit bayi tercinta tetap kering meski menggunakannya dalam waktu lama. Selain itu, jangan lupa juga konsultasikan kondisi kulit bayi dengan dokter terpercaya untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Meski bukan penyakit yang berat, ruam popok tentu sangat mengganggu kenyamanan si Kecil karena rasa gatal dan perih yang ditimbulkan. Jadi, jangan ragu melakukan 5 perawatan bayi ini karena sangat ampuh mencegah timbulnya ruam popok pada si Kecil.