Share Like
Simpan

Pernakah Ibu merasa khawatir ketika melihat gangguan kulit pada wajah si Kecil? Ini pun sempat menjadi kekhawatiran saya, Bu. Ketika bangun tidur, saya sempat kaget melihat ruam yang muncul pada wajahnya. Tak ingin terus khawatir, saya pun berkonsultasi ke pada dokter. Dari konsultasi tersebut dokter menjelaskan bahwa munculnya ruam pada bayi ini tidaklah berbahaya. Menurutnya, ada beberapa gangguan kulit wajah yang biasa terjadi pada bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan. Berikut saya coba rangkum informasinya.

1. Jerawat

Ternyata jerawat tidak hanya muncul pada wajah orang dewasa Bu, tapi juga bayi. Ketika berkonsultasi, dokter menjelaskan bahwa kulit bayi baru lahir sangat sensitif. Itu sebabnya, saat harus beradaptasi dengan perubahan udara di lingkungan sekitarnya, umumnya si Kecil akan mengalami gangguan kulit seperti jerawat.  Selain itu, iritasi akibat sisa ASI di wajah si Kecil setelah menyusui dan air liur juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada bayi, Bu.

Nah, jerawat ini biasanya muncul di area pipi, dahi, dagu, dan punggung bayi. Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena munculnya jerawat pada wajah si Kecil ini tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya.

2. Biang Keringat

Bu, biang keringat juga sangat sering terjadi pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Menurut dokter anak yang saya kunjungi, pada usia ini, pori-pori kulit bayi masih sangat kecil dan mudah tersumbat. Hal inilah yang akhirnya membuat keringat si Kecil sulit keluar dan menyebabkan ia sangat rentan terkena biang keringat.

Jika ini terjadi pada si Kecil, Ibu disarankan untuk sering memindahkannya ke ruangan sejuk dan teduh. jika biang keringat tidak kunjung hilang, coba oleskan lotion Calamine pada kulitnya dan segera konsultasikan kepada dokter, ya.

3. Cradle Cap

Apakah Ibu pernah dengar istilah cradle cap sebelumnya? Cradle cap adalah masalah peradangan kulit yang muncul pada kepala, mata, hidung, dan telinga bayi baru lahir. Dokter menjelaskan bahwa gangguan kesehatan kulit anak ini muncul akibat produksi minyak berlebih yang mengakibatkan sel kulit mati menumpuk. Itu sebabnya, jika diperhatikan, gangguan kulit ini sekilas terlihat seperti kulit kering yang berkerak. Namun, perlu diingat bahwa kondisi ini sangat umum terjadi pada bayi ya, Bu

Meski tidak berbahaya, ada beberapa perawatan yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi gangguan kulit ini. Caranya adalah dengan memijat lembut area kulit yang terkena cradle cap menggunakan minyak bayi. Untuk area mata, Ibu bisa mengusapnya menggunakan kain lembap. Itu dia beberapa gangguan kulit yang umum terjadi pada bayi berusia di bawah 6 bulan. Yuk, minimalkan risiko ruam pada bayi dan gangguan kesehatan kulit wajah lainnya pada si Kecil. Semoga informasi ini membantu ya, Bu!