Share Like
Simpan

Seperti halnya asupan nutrisi, kesehatan gigi dan mulut juga penting diperhatikan selama masa kehamilan agar kesehatan wanita hamil senantiasa terjaga dan janin dalam kandungan pun bisa tumbuh optimal.

Sebab, menurut sebuah artikel di forum Ibu hamil yang saya ikuti, kondisi gigi dan mulut Ibu selama hamil berpengaruh signifikan pada perkembangan janin, Bu . Oleh karenanya, yuk, simak cara menjaga kesehatan gigi sebelum dan selama hamil serta setelah melahirkan yang saya dapat dari forum Ibu hamil berikut:

1. Pra Kehamilan

Menurut penelitian, risiko janin terkena gangguan penglihatan, pendengaran, dan kelumpuhan otak akan meningkat apabila Ibu terserang penyakit gusi selama kehamilan. Inilah sebabnya, saat mulai merencanakan kehamilan, Ibu disarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut terlebih dulu untuk memastikan gusi, gigi, dan mulut Ibu dalam kondisi sehat.

Biasanya, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dokter akan menyarankan Ibu menggosok gigi setidaknya dua kali sehari, menggunakan benang gigi secara rutin untuk membersihkan sisa makanan pada gigi, serta teratur memeriksakan diri ke dokter gigi tiap enam bulan sekali.

2. Masa Kehamilan

Perubahan hormon yang berlangsung selama masa kehamilan biasanya membuat Ibu menginginkan makanan yang cenderung manis atau asam. Sayangnya, kehamilan membuat gosok gigi rutin sulit dilakukan dengan maksimal, karena perubahan hormon membuat Ibu mudah mual saat melakukannya. Inilah sebabnya plak dan radang gusi sering mengganggu kesehatan wanita hamil sejak trimester pertama.

Supaya hal ini tak membuat kesehatan gigi terganggu, Ibu disarankan untuk mengganti sikat gigi Ibu dengan sikat yang bulunya lebih halus, serta memilih pasta gigi yang mengandung Fluoride agar kebersihan gigi Ibu bisa tetap terjaga.

Tak kalah penting, saat berkunjung ke dokter gigi, informasikan juga soal perkembangan kehamilan Ibu agar dokter bisa memberikan resep obat (jika diperlukan) dengan kondisi kehamilan Ibu. Dengan begitu, perawatan gigi Ibu dapat berjalan tanpa membahayakan janin dalam kandungan.

3. Pascamelahirkan

Demi bisa merawat si Kecil dengan baik, Ibu juga tetap disarankan melakukan konsultasi ke dokter gigi setelah bersalin. Mengingat si Kecil sudah lahir, dokter mungkin akan lebih leluasa mengambil tindakan yang diperlukan untuk merawat gigi dan mulut Ibu. Meski demikian, informasikan pada dokter bahwa Ibu saat ini sedang dalam masa menyusui, ya. Dengan begitu, dokter bisa menyesuaikan pilihan obat yang digunakan dengan kondisi Ibu.

Nah, karena gigi dan mulut yang sehat ikut memengaruhi kesehatan wanita hamil secara keseluruhan, yuk perhatikan ia dengan baik sebelum dan selama kehamilan, serta setelah melahirkan!