Share Like
Simpan

Seiring bertambahnya usia kehamilan dan perubahan bentuk tubuh, olah raga dalam kehamilan menjadi semakin sulit untuk dilakukan. Tetapi ada alternatif yang menarik, yaitu Olah Raga Air. Air merupakan tempat yang nyaman untuk oleh raga dalam kehamilan karena gaya dalam air tidak menjadi beban bagi persendian, rendah friksi, dan sesuai untuk olah raga jenis low impact atau jenis olah raga yang tidak bersifat membutuhkan ledakan tenaga. Olah raga di dalam air selain menyenangkan, juga membantu tubuh lebih santai.

Terdapat berbagai macam bentuk olah raga yang dapat dilakukan di dalam air dan masing-masing memiliki manfaat yang khusus. Berikut adalah bentuk olah raga dalam air dan manfaatnya:

1. Berenang. Berenang adalah salah satu bentuk olah raga air yang paling aman dilakukan selama hamil. Berenang bersifat low impact, memiliki manfaat bagi fungsi jantung dan peredaran darah, dan gaya dalam air membuat tubuh serasa tanpa beban. Keadaan tanpa beban ini sangat menyegarkan selama kehamilan, khususnya pada trimester ketiga dimana tubuh terasa semakin berat. Berenang juga meningkatkan tonus dan kekuatan otot, membangun ketahanan tubuh, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memroses oksigen. Sirkulasi oksigen yang baik bermanfaat buat Ibu dan janin. Berenang juga merupakan penghalau stres yang baik, karena berenang secara teratur terbukti membantu relaksasi dan mengatur pola tidur. Gaya berenang yang paling baik pada masa kehamilan adalah berenang gaya dada dan gaya punggung.

2. Berjalan atau berlari dalam air. Jika sebelum kehamilan Ibu menyukai olah raga jalan atau lari, maka bentuk olah raga air ini sangat baik karena selain menjaga suhu tubuh tetap dingin, juga meminimalkan beban sendi. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan peregangan dalam air, kemudian pilih daerah kolam dengan kedalaman sekitar satu meter, lakukan jalan atau lari bolak-balik ringan selama lima menit. Kemudian lakukan pendinginan dengan mengatur pernapasan dan peregangan. Manfaat berjalan atau berlari dalam air adalah meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan energi, dan memperbaiki sirkulasi darah.

3. Senam aerobik air. Kegiatan senam yang dilakukan dalam air meningkatkan ketahanan aerobik. Terdapat beberapa jenis senam aerobik yang dapat dilakukan bersama-sama sehingga merupakan cara yang baik untuk berbagi bersama dengan Ibu hamil lainnya. Senam aerobik air juga meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan tonus otot, serta mengurangi beban pada punggung dan kaki sehingga secara keseluruhan meningkatkan kebugaran tubuh.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan olah raga air. Olah raga air sebaiknya dilakukan secara perlahan dan hindari melakukannya sampai kelelahan. Tahanan yang disebabkan oleh air kadang membuat gerakan tangan dan kaki menjadi lebih berat sehingga melelahkan. Pakai pakaian yang nyaman serta banyak mengkonsumsi air, meskipun olah raga dilakukan di dalam air, namun hidrasi dengan konsumsi cairan yang cukup sangat penting. Lakukan olah raga di pagi atau sore hari untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Jadi, olah raga air adalah bentuk olah raga yang cukup aman dilakukan oleh ibu hamil sepanjang memperhatikan hal-hal di atas. Selamat mencoba.