Share Like
Simpan

Bu, sudah siap menyambut kelahiran si Kecil? Di minggu-minggu terakhir trimester ke-3 kehamilan, memang tak banyak perubahan yang terjadi, karena perkembangan janin telah cukup optimal. Hanya saja, ada beberapa fakta menarik tentang perkembangan janin yang patut Ibu ketahui seperti berikut ini:

  1. Perubahan Posisi Janin
    Di akhir trimester ke-3, perkembangan janin yang cukup pesat membuatnya bisa dengan mudah bergerak dan berganti posisi sampai beberapa kali dalam sehari. Jumlah cairan ketuban yang cukup banyak, yaitu sekitar 1,5 liter, juga membuat janin leluasa “berenang” di dalam uterus.
  2. Penambahan Berat Badan
    Selama beberapa minggu terakhir sebelum proses persalinan, janin mengalami peningkatan berat badan cukup drastis karena kemampuannya menyerap asupan nutrisi dari makanan yang Ibu konsumsi. Selain itu, tubuh janin lebih banyak memproduksi lemak untuk mempertahankan suhu tubuhnya agar tetap hangat. Di minggu terakhir sebelum lahir, berat janin bisa mencapai 3,5 kg dengan panjang tubuh 50 cm.
  3. Mengenali Suara Ibunya
    Pada trimester ke-3, janin telah mengenali suara Ibu dengan memberikan respons lebih saat dibacakan cerita atau dinyanyikan sebuah lagu. Itu artinya, fase ini merupakan saat yang tepat untuk menjalin komunikasi dengan janin melalui percakapan yang menyenangkan saat sedang bersantai atau sebelum tidur malam.
  4. Perubahan Sistem Tubuh
    Beberapa minggu sebelum kelahiran, terjadi fase perkembangan janin yang sangat penting karena ia harus beradaptasi dengan sistem tubuhnya yang baru. Tubuh janin memproduksi banyak hormon yang berfungsi untuk mengelola seluruh organ tubuhnya saat lahir nanti.
    Beberapa hari setelah proses persalinan, bayi akan mengalami “stres” karena belum dapat memfungsikan hormon tersebut dengan optimal, namun ia akan segera mengatasinya seiring dengan semakin meningkatnya sistem kekebalan tubuh.
  5. Tempurung Kepala yang Lunak
    Perkembangan janin yang terjadi di minggu ke-36 ini, memberikan banyak keuntungan bagi Ibu, sebab tempurung kepalanya yang agak lonjong dengan tekstur lunak akan mempermudah keluarnya janin melalui leher rahim. Tempurung kepala ini baru akan mengeras selama beberapa bulan setelah kelahirannya dan baru benar-benar terbentuk sempurna pada usia 1 tahun.
  6. Posisi Tubuh Meringkuk
    Tak lama sebelum dilahirkan, janin berada dalam posisi meringkuk dengan posisi kepala di ujung rahim. Setelah lahir, bayi akan tetap pada posisi ini dan baru akan berubah setelah ia bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya dalam beberapa minggu.

Memasuki akhir trimester ke-3, Ibu harus lebih rajin memantau perkembangan janin untuk memperkirakan waktu kelahirannya. Selain itu, ada baiknya mulai sekarang persiapkan perlengkapan bayi agar ia mendapatkan kenyamanan maksimal saat lahir nanti. Selamat menanti kehadiran si Kecil, Bu!