Share Like
Simpan

 Pemberian ASI yang lancar didukung oleh ketrampilan ibu menyusui, sehingga ASI dapat mengalir lancar dihisap oleh si Kecil. Salah satu hal yang mendukung keberhasilan pemberian ASI adalah posisi menyusui yang nyaman. Posisi menyusui yang kurang tepat dapat membuat mulut si Kecil tidak mencakup seluruh areola / kalang payudara, sehingga proses menyusui tidak efektif dan ibu cepat merasa lelah.

Posisi menyusui yang nyaman dapat dilakukan dengan berbaring atau duduk, atau terlentang. Beberapa hal dalam posisi menyusui yang harus diperhatikan adalah posisi badan ibu, posisi badan bayi dan mulut bayi serta perlekatn payudara ibu dengan mulut bayi.

Mengenal posisi menyusui

Terdapat berbagai posisi menyusui dan Ibu dapat memilih yang paling nyaman untuk bunda dan si Kecil.

• Posisi buaian
Posisi favorit para ibu dan buah hati, dekap si Kecil dengan kepala dan lehernya bertumpu pada lengan bunda sehingga seluruh tubuhnya menempel pada tubuh bunda. Pada bayi prematur, sangga bagian leher dan belakang kepala si Kecil dengan tangan yang berlawanan dengan payudara yang sedang disusui.

• Posisi berbaring
Posisi ini baik untuk ibu yang baru menjalani operasi sesar. Berbaringlah berhadapan dengan si Kecil dalam posisi tidur menyamping, dan perut ibu berhadapan dengan perut si Kecil. Ibu dapat bersandar pada bantal, dan tangan menopang bagian belakang si Kecil.

• Posisi football
Posisi ini cocok untuk ibu yang baru saja menjalani operasi sesar atau dengan bayi kembar, dengan payudara besar, dengan puting yang datar atau masuk ke dalam. Pada posisi ini, posisi tubuh bayi membujur dan sejajar dengan lengan bunda, seolah-olah Ibu sedang memegang bola berbentuk elips. Untuk bayi kembar, letakkan bantal di kedua sisi bunda, sebagai tumpuan kedua kepala masing-masing bayi. Pegang kepala bagian belakang si Kecil dengan telapak tangan, dan lengan bunda menopang bagian pundak dan tulang belakang si Kecil.

Ibu dapat mencoba berbagai posisi menyusui dan memilih posisi yang ternyaman untuk Ibu dan si Kecil. Ibu juga dapat menambahkan bantal, handuk dan ganjalan di lengan maupun di belakang punggung agar Ibu dan si Kecil lebih nyaman.

Apakah posisi saya sudah benar?

Beberapa tanda bahwa posisi bunda benar dan nyaman :
• Ibu tidak merasa sakit
• Tubuh ibu dan si Kecil menempel dengan dagu menempel pada payudara bunda
• Si Kecil tidak perlu memutar posisi kepalanya saat menyusu
• Mulut si Kecil terbuka lebar dengan lidah pada bagian bawah
• Bibir si Kecil menyerupai bibir ikan
• Kalang payudara/areola sedikit terlihat atau hampir seluruhnya masuk dalam mulut si Kecil
• Terkadang terdengar suara si Kecil menelan