Whatsapp Share Like Simpan

Selain menyehatkan, kacang kedelai juga mudah diolah menjadi makanan lezat kesukaan anak. Olahan kacang kedelai yang populer antara lain tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai. Tak hanya ini, banyak pula olahan lainnya yang terbuat dari bahan utama sari kedelai murni untuk mendapatkan manfaat kacang kedelai yang lebih mudah diolah. 

Manfaat kacang kedelai bukan hanya baik untuk anak, tetapi juga orang dewasa karena dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, Ibu bisa menghadirkan manfaat kacang kedelai untuk anak dengan hidangan olahan menarik sejak dini. Dengan olahan yang menarik perhatian anak, Ibu bisa memastikan manfaat kacang kedelai dirasakan hingga jangka panjang. Nah, sebelum itu, kita simak dulu yuk, apa saja sih kandungan nutrisi yang ada di dalam kacang kedelai? 

Kandungan Nutrisi Kacang Kedelai

Rasanya enak, manfaatnya banyak, serta mudah di dapat. Apa lagi yang kurang dari kacang kedelai ya, Bu? Tak heran jika banyak orang menyukai olahan dari bahan dasar kacang kedelai karena lezat dan berkhasiat. Di balik manfaat kacang kedelai, ada kandungan nutrisi penting di dalamnya lho, Bu, antara lain:

  • Sumber protein nabati
  • Karbohidrat kompleks
  • Lemak
  • Serat
  • Kalsium 
  • Zat besi
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Folat
  • Antioksidan isoflavon
  • Selenium
  • Zinc 
  • Omega 3
  • Omega 6
  • Fosfor

Dengan banyaknya nutrisi tersebut, manfaat kacang kedelai pun cukup banyak dan baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Salah satu yang manfaat kacang kedelai yang penting adalah kandungan protein di dalamnya. Namun perlu Ibu ketahui, protein yang terkandung dalam manfaat kacang kedelai adalah protein nabati. 

Sedangkan, tubuh si Kecil membutuhkan asupan protein hewani dari susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Ini karena makanan yang mengandung protein hewani tersebut mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

Artikel Sejenis

9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dalam sumber protein hewani tersebut sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri sehingga membutuhkan asupannya dari makanan-makanan tersebut secara rutin. Sementara itu, kacang kedelai yang termasuk protein nabati memiliki asam amino pembatas yang menghambat penyerapan jenis asam amino esensial lainnya sehingga tumbuh kembang si Kecil kurang optimal. 

Ini artinya, Ibu tetap harus memenuhi kebutuhan protein hewani si Kecil, salah satunya dari susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. 

Kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh anak sebanyak -34%,. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) juga akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%.

Kendati demikian, Ibu juga bisa memberikan protein nabati sebagai pendukung. Itulah sebabnya, kita simak manfaat kacang kedelai yang baik bagi tubuh, yuk! 

Manfaat Kacang Kedelai

Berikut ini beberapa manfaat kacang kedelai untuk anak, antara lain:

  • Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

    Kacang kedelai mengandung isoflavon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah pengeroposan tulang. Perlu Ibu ketahui, manfaat kacang kedelai isoflavon merupakan senyawa molekul bioaktif yang memiliki struktur dan fungsi yang sama dengan hormon estrogen. Itu sebabnya, peran isoflavon dalam manfaat kacang kedelai bisa menjaga kepadatan tulang, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. 

    Selain itu, Ibu juga bisa mendapatkan manfaat isoflavon ini lho. Pasalnya, isoflavon bisa menurunkan risiko kanker payudara, gejala menopause, dan mengurangi kadar kolesterol. Itulah alasannya, manfaat kacang kedelai bisa didapatkan anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya isoflavon, kandungan kalsium dalam kacang kedelai juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. 

  • Memelihara Kesehatan Organ Tubuh

    Manfaat kacang kedelai selanjutnya adalah dapat memelihara kesehatan organ tubuh, seperti ginjal. Ini karena kacang kedelai kaya akan protein, kalium, lemak sehat, antioksidan, dan serat yang dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Selain itu, manfaat kacang kedelai juga dapat meningkatkan fungsi otak anak lho, Bu. manfaat kacang kedelai untuk kesehatan otak sejak dini sangat penting agar tumbuh cerdas untuk menerima dan memahami segala hal yang ada di sekitarnya, terutama dalam masa pertumbuhan. 

    Ibu bisa dapatkan manfaat kacang kedelai ini dari olahannya, seperti tahu, tempe, susu kacang kedelai, sup miso, dan lain-lain. Dengan catatan, proses pengolahannya pun harus benar dan sehat ya, Bu. 

  • Membantu meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

    Manfaat kacang kedelai yang tak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena protein yang ada di dalam manfaat kacang kedelai berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, perlu diketahui lagi ya, Bu, protein yang paling penting untuk tubuh si Kecil berasal dari sumber makanan protein hewani, seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) yang lengkap untuk tumbuh kembang anak. Kehadiran kacang kedelai sebagai protein nabati bisa berperan sebagai pendukung dari asupan protein hewani. 

    Baca juga: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang 9 Asam Amino Esensial

  • Melancarkan Saluran Pencernaan

    Seperti yang Ibu ketahui, sistem pencernaan si Kecil masih terus mengalami penyesuaian. Ini karena si Kecil masih dalam masa pertumbuhan dan masih menyesuaikan dengan jenis asupan yang ia konsumsi. 

    Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memilih makanan dengan kandungan nutrisi tinggi agar si Kecil terhindar dari gangguan pencernaan. Nah, salah satu manfaat kacang kedelai adalah melancarkan saluran pencernaan si Kecil karena di dalamnya mengandung serat yang baik untuk kesehatan si Kecil.

Seperti yang telah disebutkan, manfaat kacang kedelai memang baik bagi kesehatan si Kecil. Akan tetapi, produk olahan kacang kedelai seperti susu nyatanya tidak cukup efektif untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Untuk itu, Ibu perlu mencukupi asupan nutrisi berkualitas dari susu sapi karena termasuk sumber protein hewani dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk meningkatkan penyerapan nutrisi lain di dalam tubuh. 

Manfaat Susu Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak Prima

Berikut ini beberapa manfaat susu sapi yang penting bagi tumbuh kembang anak, antara lain:

  • Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang

    Seperti yang Ibu ketahui, manfaat kacang kedelai memang baik. Akan tetapi pengaruhnya terhadap kesehatan dan kekuatan tulang masih belum cukup maksimal. Maka dari itu, si Kecil perlu mengonsumsi susu sapi jika ingin pertumbuhan tulangnya lebih sehat, kuat, dan tinggi. Ini karena susu sapi mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, vitamin D, kalsium, fosfor, dan zat besi yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

    Nah, untuk mengoptimalkan kesehatan tulangnya, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi solusi tepat karena di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting agar si Kecil lebih kuat dan tangguh, di antaranya 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, vitamin D3, dan zinc.

  • Meningkatkan fungsi otak

    Perkembangan otak si Kecil sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi berkualitas. Itulah sebabnya, kehadiran makanan yang mengandung protein hewani seperti susu sapi sangat dibutuhkan untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, termasuk otak dan sistem saraf. 

    Berbeda dari susu kedelai, susu sapi lebih kaya nutrisi karena di dalamnya juga tinggi asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat meningkatkan fungsi otak. Sebagai contoh, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar susu sapi yang mengandung DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi, serta dimaksimalkan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang dapat membantu meningkatkan kreativitas dan kecerdasan si Kecil dengan baik.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

    Peran susu kedelai memang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, manfaat ini akan lebih maksimal jika si Kecil mengonsumsi susu sapi. Sebab, susu sapi mengandung nutrisi yang penting untuk sistem imun, seperti protein, vitamin C, vitamin D, zat besi, zinc, dan lain sebagainya. 

    Nah, manfaat ini juga bisa si Kecil dapatkan jika meminum susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin. Sebab, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk meningkatkan daya tahan, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

  • Sebagai sumber energi

    Susu kedelai dianggap kurang memenuhi asupan energi yang optimal bagi anak-anak. Apalagi di masa tumbuh kembang, anak-anak lebih sering bergerak aktif sehingga energinya lebih cepat terkuras. Oleh karena itu, si Kecil perlu minum susu sapi untuk membantu meningkatkan energi lebih optimal. 

    Maka dari itu, meski manfaat kacang kedelai baik bagi kesehatan, tetapi akan lebih baik jika Ibu membiasakan si Kecil mengonsumsi susu dari sumber protein hewani, seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap. 

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung kreativitas si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Susu pertumbuhan ini pun diperkaya 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.l EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet juga menyebutkan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan Asam Amino Esensial (9AAE) dalam tubuh. 

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) pada anak balita membuktikan bahwa mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari bisa mencegah terjadinya stunting sebesar 72%. Jadi, si Kecil dianjurkan untuk meminum susu sebanyak 2-3 gelas per hari agar mendukung potensinya lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz