Share Like
Simpan

Kehamilan adalah hal yang begitu dinanti oleh para ibu. Benar bukan, Bu? Ya, penantian Ibu dan Ayah seakan terpenuhi dengan kehadiran sang janin di dalam kandungan. Akan tetapi, umumnya ada sebuah kondisi di mana Ibu merasa sangat cemas dan gelisah terhadap kondisi kehamilan.

Tidak perlu khawatir, Bu. Saya pun pernah mengalami hal ini kala mengandung si Kecil dulu. Setelah melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan dan psikolog, saya jadi tahu gejala dan bagaimana cara mengatasinya. Simak selengkapnya yuk, Bu!

Gejala Kecemasan di Masa Kehamilan

Sebenarnya, kecemasan tentang apa yang Ibu minum, makan, atau lakukan merupakan hal wajar yang terjadi di masa kehamilan. Ibu tentu ingin yang terbaik untuk si Kecil, bukan? Namun, jika kecemasan tersebut menjadi beban dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka inilah saatnya Ibu melakukan konsultasi kehamilan dengan pakarnya.

Apakah Ibu kerap mengalami gejala kecemasan berlebih yang disertai jantung berdebar kencang, panik, pusing, gemetar, nyeri di dada, hingga sesak napas? Kalau iya, gejala-gejala seperti itulah yang perlu Ibu waspadai. Hal ini juga bisa berupa kecemasan tentang bagaimana menjaga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan, lho. Menurut dokter, gejalanya pun dapat berupa rasa khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Baca seterusnya yuk, Bu!

Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil

Bu, setelah saya berkonsultasi dengan psikolog dan dokter kandungan, ternyata kecemasan berlebih di masa kehamilan dapat diatasi dengan cara berikut:

  • Tips yang pertama adalah melakukan psikoterapi untuk membantu Ibu agar lebih mudah dalam mengatur emosi selama kehamilan. Psikoterapi dapat dilakukan oleh seorang terapis untuk membantu mengurangi tingkat kecemasan Ibu. Nah, terapi perilaku kognitif merupakan salah satu pilihan yang efektif untuk membantu mengatasi gangguan kecemasan pada umumnya.
  • Mengonsumsi Asam Lemak Omega-3 yang dapat ditemukan pada ikan dan kacang kenari. Tahukah, Ibu? Asam Lemak Omega-3 sangat baik untuk membantu menjaga suasana hati Ibu saat hamil.
  • Ada juga yang disebut dengan terapi cahaya. Terapi ini dilakukan dengan cara menyinari Ibu menggunakan cahaya khusus pada waktu tertentu, untuk membantu menurunkan gejala depresi.
  • Temui psikolog dan dokter kandungan untuk mendapatkan solusi masalah kecemasan yang terjadi selama masa kehamilan. Jika perlu, biasanya dokter akan memberikan obat antidepresan yang aman untuk ibu hamil dan tidak mengganggu tumbuh kembang janin.
  • Tahukah, Ibu? Dukungan dari keluarga merupakan cara yang baik untuk membantu mengatasi masalah kecemasan. Untuk itu, Ibu tidak perlu ragu untuk menceritakan masalah ini pada keluarga. Kasih sayang serta dukungan dari Ayah, keluarga, dan kerabat tentu akan sangat membantu, Bu.

Nah, itu dia informasi penting yang perlu Ibu ketahui untuk mengusir kecemasan di masa kehamilan. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Oleh sebab itu, pastikan Ibu segera melakukan konsultasi kehamilan dengan ahlinya apabila mengalami gejala serupa. Semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi yang positif untuk Ibu!