Share Like
Simpan

Bu, bagaimana perkembangan janin saat ini? Jika Ibu sudah mulai merasakan gerakan di dalam rahim, itu artinya janin telah tumbuh semakin besar dan semakin aktif. Di trimester kedua kehamilan, ada berbagai perkembangan janin yang sangat menakjubkan dan perlu Ibu ketahui, seperti telah terbentuknya organ seksual dan sidik jari.

Untuk mengetahui 2 perkembangan janin tersebut beserta hal-hal menakjubkan lainnya, yuk simak informasi berikut:

1. Janin semakin gemuk

Perkembangan janin ini terjadi karena adanya jaringan adiposa yang merupakan kumpulan lemak untuk membantu janin mempertahankan panas tubuh sehingga ia bisa tetap hangat. Jaringan lemak ini juga sangat penting untuk metabolisme karena menjadi sumber energi bagi janin sekaligus membuat tubuhnya lebih berisi hingga mencapai berat 140 gr di minggu ke-17 kehamilan.

2. Adanya sidik jari

Di minggu ke-18, terjadi perkembangan janin yang sangat penting tetapi sayang tak bisa terlihat melalui ultrasonografi (USG). Pada masa ini, kumpulan lemak di ujung jarinya akan membentuk lingkaran-lingkaran unik yang nantinya akan menjadi sidik jari calon anak tercinta. Di minggu ini, tubuhnya juga semakin panjang hingga mencapai 18 cm.

3. Terbentuknya organ seksual

Pada trimester kedua, Ibu dapat mengetahui jenis kelamin anak tercinta karena organ seksualnya telah terbentuk. Jika janin berjenis kelamin perempuan, sekumpulan jaringan akan mulai membentuk rahim dan vagina. Apabila janin berjenis kelamin laki-laki, hormon testosteron yang telah mengalami sekresi akan membentuk penis dan prostat.

4. Munculnya sel telur

Jika janin berjenis kelamin perempuan, sel telur, vagina, uterus, dan tuba falopi yang merupakan bagian penting dari rahim sudah mulai terbentuk di pertengahan trimester kedua. Pada fase ini, sel telur pada janin mencapai jumlah 6 juta dan akan menyusut menjadi 1 juta ketika ia lahir nanti.

5. Terbentuknya testis

Nah, jika janin berjenis kelamin laki-laki, sistem reproduksi berupa testis dan skrotum juga mulai terbentuk di pertengahan trimester kedua. Bahkan, testis telah melakukan pekerjaannya yaitu menyekresikan hormon testosteron yang ada dalam tubuh janin.

6. Dimulainya aktivitas janin

Perkembangan janin yang terjadi di trimester kedua tak hanya tampak pada fisiknya, namun juga meliputi otak dan sistem saraf. Pada fase ini, janin akan lebih responsif terhadap gerakan dan suara-suara yang didengarnya, bahkan ia juga mulai dapat merasakan cairan ketuban yang melindungi tubuhnya.

7. Detak jantung semakin keras

Meski jantung janin sudah sudah berdetak di akhir trimester pertama, Ibu masih kesulitan mendengarnya karena suara yang dihasilkan terlalu pelan sehingga alat yang digunakan tak dapat menangkapnya. Di pertengahan trimester kedua, detak jantung janin akan semakin keras sehingga Ibu bisa mendengarnya tanpa menggunakan alat khusus, melainkan hanya melalui stetoskop.

Perkembangan janin yang menakjubkan ini akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan sampai ia dilahirkan. Agar proses persalinan berjalan dengan lancar, jagalah selalu kondisi kesehatan dan siapkan diri untuk menyambut kehadiran calon anak tercinta.