Sudah jadi rahasia umum kalau susu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak terkecuali susu ibu hamil yang bagus untuk kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin. Salah satunya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Susu ibu hamil terbaik harus mengandung banyak gizi, di antaranya adalah kalsium, protein, mineral, serta vitamin D. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum susu ibu hamil, minimal tiga kali dalam sehari karena memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil. 

Lantas, apa saja manfaat dan pentingnya mengonsumsi susu ibu hamil yang bagus bagi para calon ibu? Berikut informasi selengkapnya, Bu.

10 Manfaat Susu Ibu Hamil yang Perlu Ibu Ketahui

Minum susu ibu hamil merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin selama masa kehamilan. Berikut ini beberapa manfaat dan pentingnya memilih susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin, di antaranya:

  1. Sebagai Sumber Energi bagi Ibu Hamil
  2. Susu ibu hamil yang bagus adalah susu yang tinggi protein dan karbohidrat, yang dapat menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan selama kehamilan. Kedua zat gizi makro ini berperan penting untuk memberikan energi bagi Ibu untuk beraktivitas sehari-hari, serta energi bagi janin dalam kandungan.Untuk menambah energi, Ibu bisa minum susu ibu hamil yang bagus di pagi hari dan malam hari sebelum tidur, tentunya dengan diimbangi oleh asupan makanan bergizi seimbang lainnya serta pola hidup sehat aktif.

    Artikel Sejenis

  3. Meningkatkan Daya Tahan Ibu
  4. Ada beberapa asupan nutrisi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti protein, vitamin C, vitamin D, zat besi, magnesium, dan zinc.

    Nah, asupan nutrisi-nutrisi tersebut juga harus terkandung dalam susu untuk ibu hamil agar daya tahan tubuh semakin meningkat.

  5. Berpengaruh pada Tumbuh Kembang Bayi
  6. Susu ibu hamil yang bagus juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan perkembangan otak janin. Bayi yang lahir dari ibu yang sering mengonsumsi susu saat hamil cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat, tubuh yang lebih tinggi, serta kadar insulin yang tinggi dalam darah.

  7. Memperlancar ASI
  8. Manfaat susu ibu hamil terbaik juga bisa dirasakan setelah ibu melahirkan, yaitu akan memperlancar keluarnya ASI berkat adanya kandungan kalsium di dalamnya.

    ASI tidak lancar sering menjadi momok bagi para ibu karena takut kebutuhan si Kecil tidak tercukupi. Bila produksi ASI lancar, maka bayi pun akan tumbuh dengan sehat dan normal.

  9. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi
  10. Seperti yang Ibu ketahui, susu untuk ibu hamil kaya akan kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk meningkatkan kesehatan tulang Ibu selama masa kehamilan.

    Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ternyata nutrisi-nutrisi penting tersebut tak hanya penting bagi Ibu, tetapi penting juga untuk pembentukan tulang dan gigi bayi dalam kandungan lho.

    Itulah sebabnya, susu ibu hamil yang bagus tak hanya diperuntukan bagi ibu, tetapi juga bagi si Kecil sejak dalam kandungan hingga masa menyusui.

  11. Mengurangi Resiko Anemia
  12. Banyak ibu hamil terserang anemia di masa kehamilan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah ke tubuh. Ibu pun jadi lebih mudah sakit serta sering merasakan pusing dan lelah.

    Dibutuhkan zat besi yang cukup untuk ibu hamil yang bisa didapat dari susu ibu hamil yang bagus yang wajib dikonsumsi secara rutin.

  13. Membantu Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh
  14. Beberapa jaringan seperti otot, hati, jantung, mata, dan kulit pada ibu hamil dan janin sangat rentan terhadap kerusakan. Oleh karenanya harus dijaga dan diperbaiki kualitasnya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu ibu hamil yang bagus berkat adanya kandungan protein di dalamnya.

  15. Menambah Berat Badan Lebih Sehat
  16. Sebagian besar Ibu hamil bisa jadi mengalami penambahan berat badan yang cukup drastis. Jangan khawatir, karena hal tersebut termasuk kondisi yang wajar. 

    Namun, pastikan penambahan berat badannya lebih sehat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi, termasuk minum susu ibu hamil.

    Selain itu, manfaat ini cukup penting bagi Ibu yang kesulitan menaikkan berat badan selama hamil. Menurut penelitian, susu ibu hamil yang bagus bisa menjadi solusi bagi Ibu hamil untuk menaikkan berat badan.

    Dibandingkan mengonsumsi makanan atau camilan tidak sehat di malam hari, sebaiknya Ibu meminum susu ibu hamil yang bagus yang kaya nutrisi penting.

  17. Meningkatkan Kualitas Air Ketuban
  18. Air ketuban pada ibu hamil sangatlah berperan penting bagi kesehatan janin dalam kandungan. Namun, tak jarang beberapa ibu mengalami masalah berupa air ketuban keruh ataupun mengandung bakteri.

    Ternyata susu ibu hamil yang bagus dapat membantu meningkatkan kualitas air ketuban. Bila air ketuban bagus berarti kesehatan janin pun ikut terjaga.

  19. Memperbaiki Plasenta
  20. Selain meningkatkan kualitas air ketuban, susu ibu hamil yang bagus juga dapat memperbaiki plasenta ibu. Menjadi satu-satunya jalan makan yang menghubungkan nutrisi antara janin dan ibu, plasenta sangat membutuhkan protein yang cukup. Kandungan tersebut ada pada susu untuk ibu hamil.

Meski ada banyak manfaat rutin minum susu ibu hamil, Ibu perlu memilih susu yang tepat agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Baca juga: 5 Manfaat Baik Susu Ibu Hamil Trimester 1, Ibu Wajib Tahu!

Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil yang Tepat

susu ibu hamil yang bagus - ibudanbalita

Seperti yang Ibu ketahui, saat ini sudah banyak susu ibu hamil yang bagus yang dijual bebas di pasaran. Tetapi Ibu perlu lebih cermat memilih susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dengan tepat demi memenuhi kebutuhan nutrisi serta susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin

Secara umum, berikut ini hal yang harus Ibu perhatikan sebelum membeli susu untuk ibu hamil.

  • Perhatikan kandungan gizinya
  • Hal pertama yang paling penting adalah memperhatikan kandungan gizi di dalam susu ibu hamil yang bagus tersebut demi memenuhi kebutuhan gizi.

    Ada beberapa nutrisi penting untuk kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan, seperti protein, karbohidrat, vitamin B9 (asam folat), vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, zinc, fosfor, asam lemak omega 3 dan omega 6. Jadi, tak sekadar rendah lemak saja.

  • Pilih susu yang kemasannya masih tersegel aman
  • Saat Ibu memilih susu kehamilan di swalayan atau toko, pastikan kemasannya masih tersegel rapi dan tidak rusak. Hal ini penting karena susu yang kemasannya sudah rusak bisa meningkatkan risiko tercemar bakteri atau bahan-bahan berbahaya dari luar.

    Selain itu, pastikan juga tanggal kadaluarsanya masih lama agar aman untuk dikonsumsi.

Itulah perbedaan jelas antara susu ibu hamil yang bagus dengan susu sapi biasa, terlebih yang rendah lemak dengan berbagai varian rasa.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

Kapan sebaiknya minum susu ibu hamil - ibudanbalita

Pada dasarnya, ibu hamil dianjurkan untuk mulai minum susu khusus kehamilan sejak trimester pertama. Pada trimester pertama kehamilan, janin mulai tumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Asupan nutrisi yang memadai dari Ibu sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, jika Ibu mengalami mual dan muntah yang parah pada trimester pertama, Ibu bisa menunda minum susu ibu hamil hingga mual dan muntah mereda. 

Sebagai gantinya, Ibu perlu mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kalsium, protein, asam folat, zat besi, dan vitamin lainnya.

Apakah Susu Ibu Hamil Bisa Menambah Berat Badan?

apakah susu ibu hamil bisa menambah berat badan - ibudanbalita

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Translational Medicine, konsumsi susu selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan protein, serta meningkatkan berat badan ibu hamil.

Studi tersebut melibatkan 100 ibu hamil yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi susu selama kehamilan, sedangkan kelompok kedua tidak mengonsumsi susu.

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok ibu hamil yang mengonsumsi susu memiliki berat badan yang lebih tinggi daripada kelompok ibu hamil yang tidak mengonsumsi susu.

Maka dari itu, Ibu hamil dianjurkan minum susu yang diformulasikan khusus ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi, bukan susu sapi yang biasa diminum saat sedang tidak hamil.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Selama kehamilan Ibu bisa memahami pengetahuan yang tepat mengenai masa kehamilan dan bisa memanfaatkan fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.