Whatsapp Share Like
Simpan

Sudah jadi rahasia umum kalau susu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak terkecuali bagi ibu hamil, susu juga sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Susu mengandung banyak gizi, diantaranya adalah kalsium, protein, mineral, serta vitamin D. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk minum susu minimal 3 kali dalam sehari. Memang apa manfaat dan pentingnya susu ibu hamil bagi para calon ibu? Berikut informasinya untuk para calon ibu:

Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

Air ketuban pada ibu hamil sangatlah berperan penting bagi kesehatan janin dalam kandungan. Namun tak jarang beberapa ibu mengalami masalah berupa air ketuban keruh ataupun mengandung bakteri. Ternyata susu dapat membantu untuk meningkatkan kualitas air ketuban lho, Bu. Bila air ketuban bagus berarti kesehatan janin pun ikut terjaga.

Mengandung Zat Gizi Penting

Seperti yang sudah disinggung di atas, selain mengandung vitamin D, kalsium, protein, dan mineral, susu ibu hamil juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Jadi sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu khusus ibu hamil agar kebutuhan gizi ibu serta janin dapat tercukupi.

Bayi akan Lahir Lebih Sehat

Sebuah penelitian pada 2006 menyebutkan bahwa ibu yang rutin mengonsumsi susu selama hamil dapat membuat bayi memiliki berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang sedikit mengonsumsi susu. Ini tandanya bayi yang lahir lebih sehat dan memenuhi standar minimal berat badan bayi. Setidaknya para ibu dianjurkan untuk minum susu sebanyak 250 ml per hari agar bayi lebih sehat.

Berpengaruh pada Kesehatan Bayi

Susu khusus ibu hamil juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh bayi. Bayi yang lahir dari ibu yang sering mengonsumsi susu saat hamil cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat, tubuh yang lebih tinggi, serta kadar insulin yang tinggi dalam darah. Dengan begitu bayi akan memiliki resiko terkena penyakit diabetes tipe II yang lebih rendah saat sudah dewasa nanti.

Artikel Sejenis

Bermanfaat Jangka Panjang pada Janin

Manfaat susu tidak hanya bisa dirasakan saat bayi dalam kandungan atau setelah ia lahir, tapi juga dalam jangka panjang. Ibu hamil yang rutin minum susu ibu hamil akan cenderung memiliki bayi yang lebih cepat tumbuh besar serta jarang terserang virus penyakit di sekitarnya. Ini dikarenakan semua nutrisi yang dibutuhkan janin terdapat dalam susu khusus ibu hamil.

Memperbaiki Plasenta

Selain meningkatkan kualitas air ketuban, susu juga dapat memperbaiki plasenta ibu. Menjadi satu-satunya jalan makan yang menghubungkan nutrisi antara janin dan ibu, plasenta sangat membutuhkan protein yang cukup. Kandungan tersebut ada pada susu bagi ibu hamil. Ibu bisa mencoba Frisian Flag Mama yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Memperlancar ASI

Manfaat susu khusus ibu hamil juga bisa dirasakan setelah ibu melahirkan, yaitu akan memperlancar keluarnya ASI berkat adanya kandungan kalsium didalamnya. ASI tidak lancar sering menjadi momok bagi para ibu karena takut kebutuhan si Kecil tidak tercukupi. Bila produksi ASI lancar, maka bayi pun akan tumbuh dengan sehat dan normal.

Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi bayi harus diperkuat dengan asupan gizi dan nutrisi dari luar supaya terbentuk dengan sempurna. Kandungan kalsium dan vitamin D di dalam susu ibu hamil sangat membantu proses pembentukan tersebut agar lebih kuat.  Bahkan bila kandungannya cukup banyak dapat menjadi cadangan untuk perawatan tulang dan gigi bayi hingga dewasa.
Tak hanya janin saja yang merasakan manfaatnya, tapi juga sang ibu. Tulang dan gigi ibu akan lebih kuat bila rajin minum susu agar terhindar dari osteoporosis.

Mengurangi Resiko Anemia

Banyak ibu hamil terserang anemia yang bisa diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah ke tubuh. Ibu pun jadi lebih mudah sakit serta sering merasakan pusing dan lelah. Dibutuhkan zat besi yang cukup untuk ibu hamil yang bisa didapat dari susu khusus ibu hamil yang wajib dikonsumsi secara rutin.

Membantu Memperbaiki Jaringan Otot, Hati, Jantung, Mata, dan Kulit

Beberapa jaringan seperti otot, hati, jantung, mata, dan kulit pada ibu hamil dan janin sangat rentan terhadap kerusakan. Oleh karenanya harus dijaga dan diperbaiki kualitasnya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu yang khusus diformulasikan untuk ibu hamil berkat adanya kandungan protein didalamnya.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat susu ibu hamil, jangan malas untuk terus mengonsumsinya ya, Bu! Jadikan kegiatan tersebut sebagai investasi bagi masa depan Ibu dan si Kecil nantinya. Bila nutrisi ibu hamil tercukupi, maka janin pun akan tumbuh sehat dan normal sesuai harapan orangtuanya. Penuhi nutrisi Ibu dengan susu Frisian Flag Mama yang diperkaya dengan protein, asam folat, kalsium, zat besi, dan serat pangan yang dibutuhkan ibu hamil.