Whatsapp Share Like Simpan

Sudah jadi rahasia umum kalau susu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak terkecuali susu ibu hamil yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Susu ibu hamil mengandung banyak gizi, di antaranya adalah kalsium, protein, mineral, serta vitamin D. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum susu ibu hamil, minimal tiga kali dalam sehari karena memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil. Tetapi, apa saja manfaat dan pentingnya mengonsumsi susu ibu hamil bagi para calon ibu? Berikut informasi selengkapnya untuk para calon ibu.

Manfaat Susu Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi susu untuk ibu hamil, di antaranya:

  • Sebagai sumber energi bagi ibu hamil

    Susu ibu hamil yang tinggi protein dan karbohidrat dapat menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan selama kehamilan. Kedua zat gizi makro ini berperan penting untuk memberikan energi bagi Ibu untuk beraktivitas sehari-hari, serta energi bagi janin dalam kandungan. Untuk menambah energi, Ibu bisa meminum susu ibu hamil di pagi hari dan malam hari sebelum tidur, tentunya dengan diimbangi oleh asupan makanan bergizi seimbang lainnya serta pola hidup sehat aktif.

  • Meningkatkan daya tahan Ibu

    Ada beberapa asupan nutrisi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti protein, vitamin C, vitamin D, zat besi, magnesium, dan zinc. Nah, asupan nutrisi-nutrisi tersebut juga harus terkandung dalam susu untuk ibu hamil agar daya tahan tubuh semakin meningkat.

    Artikel Sejenis

  • Berpengaruh pada Tumbuh Kembang Bayi

    Susu ibu hamil juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan perkembangan otak janin. Bayi yang lahir dari ibu yang sering mengonsumsi susu saat hamil cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat, tubuh yang lebih tinggi, serta kadar insulin yang tinggi dalam darah. Dengan begitu bayi akan memiliki resiko terkena penyakit diabetes tipe II yang lebih rendah saat sudah dewasa nanti.

    Melansir laman parents.com, sebuah penelitian pada 2006 menyebutkan bahwa ibu yang rutin mengonsumsi susu ibu hamil dapat membantu perkembangan otak janin serta membuat bayi lebih sehat saat lahir jika dibandingkan dengan ibu yang sedikit mengonsumsi susu. 

  • Memperlancar ASI

    Manfaat susu ibu hamil juga bisa dirasakan setelah ibu melahirkan, yaitu akan memperlancar keluarnya ASI berkat adanya kandungan kalsium di dalamnya. ASI tidak lancar sering menjadi momok bagi para ibu karena takut kebutuhan si Kecil tidak tercukupi. Bila produksi ASI lancar, maka bayi pun akan tumbuh dengan sehat dan normal.

  • Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

    Seperti yang Ibu ketahui, susu untuk ibu hamil kaya akan kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk meningkatkan kesehatan tulang Ibu selama masa kehamilan. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ternyata nutrisi-nutrisi penting tersebut tak hanya penting bagi Ibu, tetapi penting juga untuk pembentukan tulang dan gigi bayi dalam kandungan lho. Itulah sebabnya, susu ibu hamil tak hanya diperuntukan bagi ibu, tetapi juga bagi si Kecil sejak dalam kandungan hingga masa menyusui.

  • Mengurangi Resiko Anemia

    Banyak ibu hamil terserang anemia di masa kehamilan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah ke tubuh. Ibu pun jadi lebih mudah sakit serta sering merasakan pusing dan lelah. Dibutuhkan zat besi yang cukup untuk ibu hamil yang bisa didapat dari susu ibu hamil yang wajib dikonsumsi secara rutin.

  • Membantu Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh

    Beberapa jaringan seperti otot, hati, jantung, mata, dan kulit pada ibu hamil dan janin sangat rentan terhadap kerusakan. Oleh karenanya harus dijaga dan diperbaiki kualitasnya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu ibu hamil berkat adanya kandungan protein di dalamnya.

  • Menambah berat badan lebih sehat

    Sebagian besar Ibu hamil bisa jadi mengalami penambahan berat badan yang cukup drastis dan sebenarnya hal tersebut termasuk kondisi yang wajar. Namun, pastikan penambahan berat badannya lebih sehat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi, termasuk minum susu ibu hamil.

    Selain itu, manfaat ini cukup penting bagi Ibu yang kesulitan menaikkan berat badan selama hamil, susu ibu hamil bisa menjadi solusi bagi Ibu dengan cara meminumnya sebelum tidur. Dibandingkan mengonsumsi makanan atau camilan tidak sehat di malam hari, sebaiknya Ibu meminum susu ibu hamil yang kaya nutrisi penting.

  • Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

    Air ketuban pada ibu hamil sangatlah berperan penting bagi kesehatan janin dalam kandungan. Namun tak jarang beberapa ibu mengalami masalah berupa air ketuban keruh ataupun mengandung bakteri. Ternyata susu ibu hamil dapat membantu meningkatkan kualitas air ketuban. Bila air ketuban bagus berarti kesehatan janin pun ikut terjaga.

  • Memperbaiki Plasenta

    Selain meningkatkan kualitas air ketuban, susu ibu hamil juga dapat memperbaiki plasenta ibu. Menjadi satu-satunya jalan makan yang menghubungkan nutrisi antara janin dan ibu, plasenta sangat membutuhkan protein yang cukup. Kandungan tersebut ada pada susu untuk ibu hamil.

Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil yang Tepat

Seperti yang Ibu ketahui, saat ini sudah banyak susu ibu hamil yang dijual bebas di pasaran. Tetapi Ibu perlu lebih cermat memilih susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dengan tepat demi memenuhi kebutuhan nutrisi. Secara umum, berikut ini hal yang harus Ibu perhatikan sebelum membeli susu untuk ibu hamil.

  • Perhatikan kandungan gizinya

    Hal pertama yang paling penting adalah memperhatikan kandungan gizi di dalam susu ibu hamil tersebut demi memenuhi kebutuhan gizi. Ada beberapa nutrisi penting untuk kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan, seperti protein, karbohidrat, vitamin B9 (asam folat), vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, zinc, fosfor, asam lemak omega 3 dan omega 6. Jadi, tak sekadar rendah lemak saja.

  • Pilih susu yang kemasannya masih tersegel aman

    Saat Ibu memilih susu ibu hamil di swalayan atau toko, pastikan kemasannya masih tersegel rapi dan tidak rusak. Hal ini penting karena susu yang kemasannya sudah rusak bisa meningkatkan risiko tercemar bakteri atau bahan-bahan berbahaya dari luar. Selain itu, pastikan juga tanggal kedaluwarsanya masih lama agar aman untuk dikonsumsi.

    Itulah perbedaan jelas antara susu ibu hamil dengan susu sapi biasa, terlebih yang rendah lemak dengan berbagai varian rasa. Karena itu, ibu hamil dianjurkan minum susu yang diformulasikan khusus ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi, bukan susu sapi yang biasa diminum saat sedang tidak hamil.

    Perlu Ibu ketahui, susu Frisian Flag PRIMAMUM bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu. 

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil, serta mengandung tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak janin di dalam kandungan.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Yang tak kalah penting, Ibu juga perlu mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) agar bisa mempersiapkan diri sejak awal. Nah, untuk menghitung HPL, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Akademi Keluarga Prima dapat menemani Ibu sejak masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil. 

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz