Tahukah Ibu seperti apa proses perkembangan janin 1 sampai 9 bulan? Selama masa kehamilan berlangsung, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Selama 9 bulan, janin akan mengalami perkembangan yang pesat, mulai dari ukuran sebesar biji jagung hingga siap dilahirkan. Perkembangan janin dibagi menjadi tiga trimester, yaitu trimester pertama (0-12 minggu), trimester kedua (13-27 minggu), dan trimester ketiga (28-40 minggu).

Tanda Awal Kehamilan 

Melansir dari National Health Service, berikut ini beberapa tanda awal kehamilan yang umum dialami oleh Ibu hamil muda:

  1. Terlambat haid
  2. Tanda awal kehamilan yang paling umum adalah terlambat haid. Dalam beberapa minggu pertama kehamilan, Ibu bisa mengalami pendarahan yang mirip menstruasi yang dikenal sebagai pendarahan implantasi. 

    Namun, penting untuk diingat bahwa keterlambatan menstruasi juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain, seperti stres atau perubahan pola makan.

    Artikel Sejenis

  3. Sering buang air kecil
  4. Kebutuhan akan buang air kecil akan meningkat saat hamil. Peningkatan buang air kecil disebabkan oleh meningkatnya aliran darah ke ginjal. Akibatnya, ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring darah dan menyebabkan frekuensi buang air kecil mengalami peningkatan.

  5. Perubahan pada payudara
  6. Di awal kehamilan, payudara Ibu akan terasa lebih penuh, sensitif, dan nyeri. Perubahan ini disebabkan karena meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh

  7. Kelelahan
  8. Salah satu tanda awal kehamilan lainnya yang umum dialami oleh Ibu hamil selanjutnya yaitu kelelahan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Ibu.

  9. Perubahan selera makan
  10. Perubahan selera makan juga dapat menjadi tanda awal kehamilan. Beberapa Ibu hamil mungkin memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, sementara yang lain juga bisa kehilangan nafsu makan.

    Namun, tanda awal kehamilan tidak selalu muncul pada semua wanita. Jika Ibu mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, sebaiknya Ibu melakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

Perkembangan Janin di Trimester Pertama (0-12 minggu)

perkembangan janin di trimester pertama - ibudanbalita

Trimester pertama yang berlangsung selama 12 minggu menjadi masa penting dalam perkembangan janin. Selama trimester ini, sel telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi embrio dengan organ dan struktur tubuh lengkap. 

Meski menyenangkan, trimester pertama juga sering disertai gejala seperti mual di pagi hari. Berikut ini beberapa perkembangan janin yang terjadi selama trimester pertama di setiap bulannya:

  • Perkembangan janin 1 bulan
  • Perkembangan janin dimulai sejak terjadinya pembuahan yang terjadi sekitar 2 minggu setelah hari pertama haid terakhir (HPHT). Jadi, usia kehamilan 1 bulan sebenarnya adalah usia kehamilan 3 minggu.

    Pada minggu ketiga, sperma dan sel telur bergabung dan menghasilkan zigot. Sel-sel tersebut akan membentuk gumpalan yang disebut blastocyst yang kemudian menempel pada dinding rahim Ibu.

  • Perkembangan janin 2 bulan
  • Bulan kedua kehamilan (5-8 minggu) ditandai dengan peningkatan hormon kehamilan yang pesat. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya gejala kehamilan, seperti mual, muntah, dan kelelahan yang sering kali membuat wanita menyadari kehamilan.

    Pada minggu ke-5 hingga minggu ke-8, mulai terbentuk organ-organ penting, seperti jantung, otak, dan sumsum tulang belakang. Embrio memiliki ukuran sekitar 1,25 cm atau sebesar kacang hijau di bulan kedua.

  • Perkembangan janin 3 bulan
  • Embrio yang awalnya berbentuk seperti kacang mulai berkembang menjadi janin di usia kehamilan ketiga. Selama minggu ke-9 hingga minggu ke-12, janin mulai menampakkan fitur wajah, anggota badan, organ, tulang, dan otot.

    Pada akhir minggu ke-12, janin sudah memiliki jenis kelamin. Akan tetapi, jenis kelamin tersebut tidak dapat dilihat pada USG ya, Bu.

Baca juga: Seperti Apa Tanda Janin Sehat? Cek Ciri-cirinya di Sini

Perkembangan Janin di Trimester Kedua (13-27 minggu)

Perkembangan janin di trimester kedua - ibudanbalita

Memasuki trimester kedua yang dimulai pada minggu ke-13 dan berakhir pada minggu ke-27, janin mengalami perkembangan yang pesat, baik dari segi ukuran maupun organ-organ vitalnya.

Berikut perkembangan janin di trimester kedua yang dibagi berdasarkan bulan kehamilan:

  • Perkembangan janin 4 bulan
  • Tanda-tanda kehamilan semakin terlihat pada bulan keempat (13-16 minggu), terutama bagi Ibu yang pernah hamil sebelumnya. Dokter kandungan dapat mendengar detak jantung janin yang jelas dan kuat menggunakan USG Doppler. 

    Janin bahkan sudah bisa melakukan berbagai gerakan, seperti menghisap jempol, menguap, dan meregangkan tubuh. Pada usia ini, janin memiliki panjang sekitar 13 cm dan berat sekitar 113 gram atau sebesar buah alpukat.

  • Perkembangan janin 5 bulan
  • Pada akhir bulan kelima kehamilan (17-20 minggu), kebanyakan Ibu hamil mulai merasakan janin bergerak. Gerakan pertama disebut quickening dan bisa terasa seperti mengepak. 

    Jika kehamilan Ibu sehat hingga usia 5 bulan, Ibu bisa menjalani USG pertama. Dari segi fisik, janin memiliki panjang sekitar 25 cm dan berat sekitar 500 gram.

  • Perkembangan janin 6 bulan
  • Bulan keenam kehamilan atau minggu ke-21 hingga minggu ke-24 merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan janin. Pada masa ini, janin sudah mulai terbentuk sempurna, baik dari segi fisik maupun organ dalamnya.

    Janin sudah berukuran sekitar 30 cm dengan berat sekitar 900 gram. Kulit janin masih sangat tipis dan berkeriput, sehingga pembuluh darahnya terlihat jelas. Rambut halus yang disebut lanugo mulai tumbuh di seluruh tubuh, terutama di kepala dan punggung.

    Semua organ dan sistem tubuh janin sudah terbentuk, tetapi masih belum sempurna. Paru-paru masih belum siap untuk bernapas sendiri, tetapi sudah mulai membentuk kantung-kantung udara.

  • Perkembangan janin 7 bulan
  • Pada usia 7 bulan (25-28 minggu), janin memiliki berat sekitar 1.000-1.800 gram dengan panjang sekitar 34-36 cm. Janin juga mulai menyimpan lemak untuk menjaga suhu tubuhnya.

    Pergerakan janin pada usia 7 bulan sudah semakin aktif. Ibu akan bisa merasakan gerakan janin dengan lebih jelas. Gerakan semacam ini penting untuk melatih otot-otot dan tulangnya.

Perkembangan Janin di Trimester Ketiga (28-40 minggu)

perkembangan janin di trimester ketiga- ibudanbalita

Trimester ketiga kehamilan adalah trimester terakhir, yang dimulai pada minggu ke-28 dan berakhir pada minggu ke-40. Sepanjang trimester ketiga, berat badan janin bertambah dengan cepat. Berikut perkembangan janin tiap bulan di trimester ketiga:

  • Perkembangan janin 8 bulan
  • Pada usia kehamilan 8 bulan (29-32 minggu), janin sudah tumbuh dan berkembang pesat dengan panjang sekitar 45-50 cm dan berat sekitar 1,8-2 kg. Janin juga sudah memiliki semua organ dan sistem tubuh yang lengkap, termasuk rambut, kuku, dan gigi.

    Segera periksakan diri ke dokter jika Ibu merasakan adanya kelainan pada janin, seperti gerakan yang lemah atau bahkan tidak ada, detak jantung yang lemah, atau posisi yang tidak normal.

  • Perkembangan janin 9 bulan
  • Usia kehamilan 9 bulan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap Ibu hamil. Pada usia 33-36 minggu kehamilan, janin memasuki tahap akhir perkembangannya. 

    Berat badan janin bisa mencapai 3-4 kg, sedangkan panjangnya bisa mencapai 50-52 cm. Paru-parunya sudah hampir sempurna dan otaknya semakin berkembang untuk beradaptasi dengan kehidupan di luar rahim

    Ibu bisa mulai mengikuti kelas prenatal untuk belajar tentang persalinan dan perawatan bayi. Ibu juga bisa mulai mempersiapkan perlengkapan bayi yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui proses perkembangan janin, Ibu dapat memahami perubahan yang dialami selama kehamilan. Hal ini dapat membantu Ibu untuk mempersiapkan diri menyambut kelahiran si Kecil.

Kapan Pertumbuhan Janin Paling Cepat?

Masa Pertumbuhan Janin Paling Cepat - ibudanbalita

Pertumbuhan janin paling cepat terjadi pada trimester pertama, terutama pada minggu ke-4 hingga ke-8. Pada periode ini, berikut beberapa perkembangan janin yang terjadi:

  • Tabung saraf terbentuk, yang nantinya akan berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang
  • Jantung mulai berdenyut
  • Mata, hidung, telinga, dan mulut mulai terbentuk
  • Lengan dan kaki mulai terbentuk

Jika terjadi gangguan pada pertumbuhan janin pada periode ini, maka bisa menyebabkan cacat lahir. Penting bagi Ibu untuk menjaga kesehatannya selama trimester pertama dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta menghindari stres.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Janin

Tips Menjaga Kesehatan Janin - ibudanbalita

Proses perkembangan janin dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesehatan ibu, gaya hidup, dan kondisi lingkungan. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk menjaga kesehatannya dan menerapkan gaya hidup yang sehat selama kehamilan.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung perkembangan janin:

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  2. Asupan makanan yang bergizi dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan janin. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat gizi penting seperti asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin D. 

    Sumber makanan sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan produk susu akan membantu perkembangan janin.

  3. Istirahat yang cukup
  4. Memastikan tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting ya, Bu. Posisi tidur yang nyaman dapat membantu sirkulasi darah dan mendukung perkembangan janin dalam kandungan Ibu.

  5. Olahraga secara teratur
  6. Olahraga ringan seperti berjalan atau berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Pastikan Ibu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai berolahraga selama kehamilan.

  7. Hindari paparan asap rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang
  8. Rokok dan alkohol dapat membahayakan kesehatan Ibu dan janin. Rokok dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan cacat lahir. 

    Sementara konsumsi alkohol selama masa kehamilan dapat menyebabkan kerusakan otak dan sistem saraf janin. Oleh karena itu, Ibu hamil dianjurkan untuk berhenti merokok dan minum alkohol sejak awal kehamilan.

  9. Mengelola stres
  10. Stres berlebih dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Ibu hamil dianjurkan untuk mengelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan yoga, meditasi, atau berkonsultasi dengan psikolog.

Sejumlah tips di atas dapat membantu Ibu menjaga kesehatan janin dan mempersiapkan diri untuk melahirkan dengan selamat.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Tak kalah pentingnya dari itu, perkembangan si Kecil di dalam rahim juga perlu diperhatikan agar Ibu tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat. Untuk memudahkan Ibu, fitur Kamus Kehamilan bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba fiturnya sekarang juga.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.