Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat air kelapa hijau dianggap dapat membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Tidak heran jika banyak orang yang mencari kelapa jenis ini karena manfaatnya yang luar biasa, tak terkecuali bagi kesehatan ibu hamil dan janin. 

Namun, tahukah Ibu bahwa ada 2 jenis kelapa yang biasa dikonsumsi, yaitu kelapa hijau dan kelapa muda. Meskipun sama-sama buah kelapa, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan lho. 

Jika Ibu memerhatikan bentuk fisiknya, mungkin akan kesulitan untuk membedakan 2 jenis kelapa ini. Namun, Ibu akan mengetahui perbedaanya saat kelapa dikupas. Kelapa hijau memiliki serat yang berwarna merah mudah, sedangkan kelapa muda biasa memiliki serat yang berwarna kecokelatan.

Selain itu, kelapa hijau juga mengandung air yang lebih banyak dan rasanya lebih manis dibandingkan kelapa muda biasa. Bahkan, daging kelapa hijau juga memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Tak hanya itu, kelapa hijau juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting, terutama bagi ibu hamil. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Air Kelapa Hijau

Berikut ini beberapa manfaat air kelapa hijau yang baik bagi ibu hamil, antara lain: 

Artikel Sejenis

  1. Mencegah dehidrasi

    Melansir laman resmi Healthline.com, sekitar 95% kandungan di dalam air kelapa merupakan air murni yang dapat mencegah dehidrasi dan mengurangi rasa lelah dan lemas pada ibu hamil.

    Seperti yang diketahui, selama masa kehamilan, ibu hamil akan lebih mudah lelah dan lemas, serta sering haus. Itulah sebabnya, manfaat air kelapa hijau diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, manfaat air kelapa hijau pun bisa menjadi alternatif minuman lain selain air putih. Terkadang sebagian ibu hamil tidak terlalu suka air putih dan menolak mengonsumsinya karena memiliki rasa yang hambar.

    Namun, konsumsi air kelapa hijau juga harus dibatasi dengan tepat dan tidak berlebihan ya, Bu. Ini karena bagaimanapun air putih lebih baik dibandingkan minuman jenis lain, termasuk air kelapa. Selain itu, manfaat air kelapa hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

  2. Mengurangi mual dan muntah

    Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan mual dan muntah (morning sickness). Kondisi ini bisa menyebabkan ibu hamil mengeluarkan cairan yang cukup banyak dari dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit. 

    Nah, manfaat air kelapa hijau bisa mengurangi morning sickness dan membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat sering mual dan muntah. Hal tersebut dikarenakan manfaat air kelapa hijau mengandung elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, natrium, dan magnesium. 

    Ketiga elektrolit ini sebenarnya bisa Ibu dapatkan juga dalam susu Frisian Flag MAMA, yaitu susu yang diformulasikan khusus ibu hamil dan ibu menyusui. Kandungan magnesium dalam susu Frisian Flag MAMA dapat mencukupi sekitar 35% dari AKG, natrium sekitar 5%, dan kalium sekitar 11%. Susu Frisian Flag MAMA juga penting untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil sejak dalam kandungan hingga masa menyusui. 

  3. Membantu meningkatkan perkembangan janin

    Manfaat air kelapa hijau yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan perkembangan janin dalam kandungan. Ini karena air kelapa hijau mengandung kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang serta gigi janin. 

    Meski demikian, kandungan kalsium di dalam air kelapa hijau tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang si Kecil ya, Bu. Ibu tetap harus mendapatkan asupan nutrisi protein dan kalsium dari makanan lain. 

    Nah, susu Frisian Flag MAMA termasuk sumber protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang Ibu dan janin. Selain itu, Ibu juga perlu menyeimbangkan asupan makanan bergizi lainnya agar pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dalam kandungan lebih optimal. 

  4. Membantu mencegah infeksi saluran kemih

    Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi selama masa kehamilan adalah infeksi saluran kemih. Kondisi ini dapat terjadi akibat adanya perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Akibatnya, ibu hamil bisa lebih mudah terkena infeksi. 

    Manfaat air kelapa hijau hadir untuk membantu mengatasi kondisi tersebut. Sebab, air kelapa hijau dipercaya berperan sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. 

    Perlu Ibu ketahui, diuretik adalah obat yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah air dan garam yang dikeluarkan menjadi urine dari dalam tubuh. Diuretik dapat Ibu temukan dalam bentuk obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Namun, beberapa jenis minuman juga memiliki sifat diuretik alami, salah satunya air kelapa hijau. 

  5. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat air kelapa hijau yang tak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Manfaat air kelapa hijau ini bisa Ibu dapatkan berkat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral di dalamnya. Antioksidan di dalam air kelapa hijau bermanfaat untuk membantu melindungi ibu hamil dan janin dari risiko penyakit. 

    Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung asam laurat yang dapat menghasilkan monolaurin yang merupakan antivirus dan antibakteri di dalam tubuh. Kandungan asam laurat ini pun membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.

  6. Menurunkan tekanan darah

    Manfaat air kelapa hijau yang satu ini berperan penting bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Penelitian yang diterbitkan dalam National Library of Medicine menunjukkan bahwa minum air kelapa selama 2 minggu bisa mengurangi tekanan darah selama masa kehamilan. 

    Meskipun manfaat air kelapa hijau baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tetapi air kelapa bukan satu-satunya obat pengganti untuk mengatasi kondisi tersebut ya, Bu. Manfaat air kelapa hijau ini berperan sebagai nutrisi pendukung, Ibu tetap perlu mengonsumsi makanan lain yang dapat mencegah hipertensi sekaligus menjalani pola hidup sehat dan aktif. Apabila tekanan darah tak kunjung menurun, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

  7. Rendah lemak dan kalori

    Manfaat air kelapa hijau yang sayang untuk dilewatkan yaitu kandungan lemak dan kalori di dalamnya cukup rendah. Air kelapa hijau bisa menjadi pilihan tepat bagi ibu hamil yang sedang ingin minum minuman segar, namun tetap sehat dibandingkan minuman teh kemasan, kopi, maupun minuman bersoda. 

Bagaimana, bu? Manfaat air kelapa hijau cukup beragam, bukan? Meskipun begitu, Ibu tetap harus mengonsumsi makanan dan minuman sehat lainnya secara seimbang agar kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin tetap terjaga. Nah, setelah kita membahas mengenai manfaat air kelapa hijau, kini saatnya cari tahu tips aman mengonsumsi air kelapanya, yuk! 

Tips Aman Mengonsumsi Air Kelapa Hijau

Ada beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan sebelum mengonsumsi air kelapa agar manfaatnya lebih optimal, antara lain: 

  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi air kelapa atau menjadikan air kelapa sebagai pengganti air putih
  • Hindari menambahkan gula tambahan di dalam air kelapa
  • Sebaiknya pilih air kelapa yang asli dibandingkan yang sudah berbentuk kemasan
  • Manfaat air kelapa hijau memang penting, tetapi Ibu sebaiknya tidak memaksakan diri jika tidak menyukai rasanya karena akan membuat Ibu mual 

Seperti yang telah disebutkan, manfaat air kelapa hijau dapat diperoleh bila rutin dikonsumsi, tetapi tidak secara berlebihan. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti susu Frisian Flag MAMA.

Tahukah Ibu bahwa Frisian Flag MAMA mengandung nutrisi untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Frisian Flag Mama merupakan sumber protein yang penting untuk pertumbuhan tulang si Kecil dan juga daya tahan tubuh Ibu. 

Di dalamnya pun mengandung kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang Ibu dan si Kecil, tinggi zat besi untuk mencegah anemia, sumber serat inulin untuk mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi, serta tinggi asam folat untuk mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf janin. 

Selain itu, Frisian Flag MAMA juga mengandung multivitamin dan multimineral lainnya. Frisian Flag MAMA tersedia dalam rasa cokelat yang lezat yang bisa dikonsumsi dalam suhu panas maupun dingin yang pastinya akan disukai oleh Ibu.