Share Like
Simpan

Sudah punya rencana di akhir pekan, Bu? Meski sedang hamil muda, perlu juga berjalan-jalan dan membiasakan tubuh tetap aktif karena hal tersebut sangat baik bagi perkembangan janin sekaligus membuat Ibu tetap bugar. Selain tetap aktif, masih banyak hal yang bisa Ibu lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin, misalnya:

1. Konsultasi Rutin

Meski baru memasuki trimester pertama, Ibu perlu memeriksakan perkembangan janin secara rutin ke dokter kandungan yang terpercaya agar proses persalinan nantinya menjadi lebih mudah dan bayi yang akan dilahirkan juga lebih sehat.

Manfaatkanlah waktu konsultasi untuk menanyakan perkembangan janin dan segala hal yang perlu diketahui tentang masalah kandungan, termasuk makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari. Hal yang juga tak kalah pentingnya, lakukan konsultasi secara rutin agar seluruh fase perkembangan janin dapat diawasi.

2. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein memang dapat membuat tubuh yang lelah jadi lebih bugar, namun Ibu sebaiknya mengurangi zat ini di trimester pertama kehamilan. Selain minim kandungan gizi yang bermanfaat untuk perkembangan janin, kafein juga membuat ibu hamil mudah merasa gugup.

Sebagai gantinya, konsumsi banyak air putih karena tubuh membutuhkan lebih banyak air selama mengandung agar Ibu selalu bugar dan perkembangan janin di trimester pertamapun jadi lebih optimal.

3. Lancarkan Sirkulasi Darah

Saat mengandung, tubuh akan dialiri darah dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari sebelumnya karena harus disalurkan ke plasenta dan uterus tempat tumbuhnya janin. Agar proses ini berjalan lebih lancar dan mampu memberi dukungan optimal bagi perkembangan janin, Ibu perlu melakukan beberapa gerakan ringan yang memperlancar sirkulasi darah.

Mulailah hari dengan berjalan-jalan di sekitar rumah. Kemudian, lakukanlah senam ringan dengan menggerakkan kaki dan tangan untuk mencegah macetnya sirkulasi darah yang dapat membahayakan janin.

4. Konsumsi Vitamin C

Ketika hamil di 3 bulan pertama, Ibu membutuhkan 80 hingga 100 mg vitamin C setiap hari demi optimalnya perkembangan janin, terutama untuk memastikan pembentukan tulang dan gigi yang sempurna. Ibu bisa mendapat asupan ini melalui makanan dan minuman sehat yang dibuat dari buah jeruk, stroberi, dan juga brokoli.

Pada trimester pertama kehamilan, ada gejala yang disebut dengan craving atau “ngidam” yang membuat Ibu sangat menginginkan makanan tertentu. Memenuhi keinginan tersebut tak ada salahnya, namun pastikan juga makanan yang Ibu konsumsi tidak membahayakan perkembangan janin.

Saat trimester pertama, hindari juga terkena paparan sinar ultraviolet berlebih karena hal tersebut dapat menurunkan kadar folic acid dalam tubuh yang sangat diperlukan untuk perkembangan janin. Jadi, selalu utamakan gaya hidup sehat ya, Bu!