Ada beberapa ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang mungkin Ibu bisa rasakan di usia kehamilan ini. Untuk mengoptimalkannya, asupan bernutrisi harus dikonsumsi Ibu selama masa kehamilan. Salah satu asupannya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner AKP
Banner Register

Nah, sekarang mari cari tahu bersama ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan bersama-sama ya Bu.

Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Berikut adalah sejumlah ciri-ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan untuk menjadi gambaran bagi Ibu:

Baca juga: Begini Perubahan Perut Ibu Hamil dari Bulan ke Bulan

Nutrisi Selama Kehamilan untuk Bayi yang Sehat

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan bisa dioptimalkan dengan asupan nutrisi seperti:

  1. Protein

    Protein sangat penting untuk memastikan pertumbuhan yang tepat dari jaringan dan organ bayi, termasuk otak. Protein juga membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim selama kehamilan, juga meningkatkan suplai darah Ibu untuk dikirim ke bayi.

    Kebutuhan protein Ibu meningkat selama setiap trimester kehamilan. Ibu perlu makan sekitar 70 - 100 gram protein dalam sehari, tergantung pada berat badan dan fase trimester. 

    Ibu bisa konsultasikan kepada dokter mengenai kebutuhan protein yang tepat dengan kondisi Ibu. Sumber protein yang baik meliputi; daging sapi tanpa lemak, ayam, ikan salmon, selai kacang, kacang polong dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 gram protein.

  2. Kalsium 

    Kalsium membantu membangun tulang bayi dan mengatur penggunaan cairan tubuh Ibu. Wanita hamil membutuhkan 1.000 mg kalsium, idealnya dalam dua dosis 500 mg, per hari. 

    Sumber kalsium yang baik meliputi; susu, yogurt, keju, ikan dan makanan laut rendah merkuri, seperti salmon, udang, lele, dan tuna kalengan, juga sayuran berdaun hijau gelap dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang bisa memenuhi 20% kebutuhan harian kalsium Ibu hamil.

  3. Asam Folat

    Asam folat berperan penting dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi, seperti spina bifida dan anencephaly. 

    American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan 400 mcg folat dikonsumsi dalam sehari. Sumber asam folat yang baik meliputi; kacang-kacangan, telur, selai kacang, sayuran berdaun hijau gelap dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang bisa memenuhi 20% kebutuhan harian asam folat Ibu hamil.

  4. Zat besi 

    Zat besi bekerja dengan natrium, kalium, dan air untuk meningkatkan aliran darah. Selain itu, fungsinya juga memastikan bahwa oksigen yang cukup disuplai untuk Ibu dan bayi. Ibu hamil harus mendapatkan 27 mg zat besi per hari, yang dianjurkan diimbangi dengan konsumsi vitamin C untuk meningkatkan penyerapan. 

    Sumber zat besi yang baik meliputi; sayuran berdaun hijau, buah sitrus, daging sapi atau unggas tanpa lemak, telur dan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang bisa memenuhi 35% kebutuhan harian zat besi Ibu hamil.

Perubahan Fisik saat Ibu Hamil 8 Bulan

ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan - Ibudanbalita

Selain ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan, ada beberapa kondisi yang mungkin Ibu rasakan di usia kehamilan saat ini. Pada fase kehamilan ini mungkin Ibu sudah terbiasa dengan rasa sakit dan nyeri. Beberapa hal khusus yang harus diperhatikan selama bulan kedelapan meliputi:

  • Sesak napas 

    Semakin hari rahim Ibu akan semakin membesar sehingga ruang di perut Ibu semakin kencang. Saat tumbuh, rahim Ibu mungkin menekan perut ke paru-paru, yang bisa membuat Ibu sulit bernapas. Ibu bisa coba redakan dengan berdiri dan duduk tegak sambil menarik napas dalam-dalam.

  • Frekuensi buang air kecil yang lebih sering

    Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah posisi kepala mereka yang semakin dekat dengan panggul Ibu, sehingga mereka mungkin memberi lebih banyak tekanan pada kandung kemih. Sehingga jangan heran kalau Ibu jadi lebih sering ke toilet untuk buang air kecil ya.

  • Tekanan yang terasa di panggul

    Semakin posisi bayi turun lebih rendah, Ibu juga akan mulai merasakan tekanan di daerah panggul.

  • Peregangan kulit

    Semakin perut ibu membesar, Ibu mungkin juga akan mungkin akan menemukan stretch mark. Untuk mengatasinya penggunaan losion dan krim secara teratur dapat membantu.

  • Kontraksi

    Kontraksi sebenarnya sering kali sudah dirasakan Ibu sejak awal kehamilan, tetapi semakin mendekati tanggal persalinan, kontraksi menjadi lebih sering dirasakan dan kekuatannya semakin hebat.

  • Pembuluh darah yang mekar 

    Sirkulasi darah yang meningkat dapat menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga terasa gatal atau bahkan nyeri. Varises biasanya muncul di kaki. Ibu bisa mencoba menggunakan kaus kaki atau stoking untuk membantu mencegah varises.

  • Wasir

    Terkait pembuluh darh yang melebar dan terjadi di daerah dubur, dapat berujung pada kondisi wasir. Ibu bisa mencegahnya dengan makan banyak serat dan tetap terhidrasi. Jika memang muncul, Ibu bisa coba redakan dengan kompres es atau mandi air hangat untuk meredakannya.

  • Pusing

    Ibu bisa mencegah kondisi ini dengan berdiri dan bergerak secara berkala sehingga menjaga kadar gula darah. Jangan lupa untuk makan teratur juga ya, Bu!

  • Kelelahan

    Di fase ini sangat wajar Ibu mengalami kelelahan yang berlebih. Karena berat badan bayi akan semakin berat dan perut Ibu semakin membesar. Selain sulit bergerak Ibu akan semakin sulit menemukan posisi nyaman untuk tidur di malam hari. Gunakan bantal kehamilan untuk membantunya, ya.

Baca juga: 4 Cara Asyik Menikmati Kehamilan Trimester Ketiga

Itulah sejumlah informasi mengenai ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang perlu Ibu ketahui. Selain cara-cara di atas, untuk mengoptimalkan kondisi Ibu selama kehamilan, pastikan asupan bernutrisi selalu dikonsumsi. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Jangan lupa manfaatkan fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima untuk pertanyaan dan informasi seputar kehamilan yang lengkap dan tepat. Yuk Bu, coba fitunya sekarang!