Mengetahui kapan masa subur wanita setelah haid menjadi hal yang penting diketahui saat Ibu dan Ayah merencanakan kehamilan. Dengan mengetahui masa subur wanita, maka Ibu bisa memprediksi kapan saat tepat untuk berhubungan intim. Lalu, apa itu masa subur wanita dan pria? Sebelum membahasnya lebih lanjut, jika Ibu dinyatakan positif hamil, Ibu harus mulai memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Masa subur wanita adalah masa ketika indung telur (ovarium) melepaskan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma. Sementara masa subur pria dilihat dari bagaimana kuantitas dan kualitas dari sperma.

Selain untuk merencanakan kehamilan, mengetahui cara menghitung masa subur wanita juga dapat digunakan sebagai acuan untuk memahami siklus menstruasi dan memerhatikan ada tidaknya gangguan kesuburan.

Kapan Masa Subur Wanita?

Masa subur wanita setelah haid bisa dikenali dari beberapa tanda dan gejala yang sering muncul atau melalui alat tes khusus. Selain itu, Ibu juga bisa menggunakan metode kalender atau menandai waktu-waktu periode haid untuk mengetahui kapan masa subur dimulai.

Masa subur wanita dimulai ketika siklus haid atau menstruasi telah selesai. Wanita usia produktif umumnya memiliki siklus haid sekitar 28-32 hari dengan masa subur sekitar 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya. 

Artikel Sejenis

Baca juga: Menjalani Program Hamil yang Efektif untuk Mendapatkan Anak

5 Ciri-ciri Masa Subur Wanita

ciri-ciri masa subur wanita - ibudanbalita

Ciri-ciri masa subur pada setiap wanita berbeda-beda, sebagian wanita bahkan tidak merasakan ciri-ciri ini. Kapan masa subur wanita juga berbeda-beda, ada yang mengalami masa subur tepat di tanggal tertentu dan ada juga yang tanggal masa suburnya mengalami perubahan setiap bulan.

Berikut ciri-ciri masa subur untuk haid tidak teratur yang bisa Ibu kenali:

  1. Perubahan suhu tubuh

    Saat berada dalam masa subur, suhu basal tubuh wanita alias suhu saat tubuh istirahat mengalami perubahan. Suhu ini biasanya diukur ketika bangun tidur dan ketika mendekati masa subur suhu tubuh biasanya akan sedikit mengalami penurunan, lalu kembali naik saat masa subur berakhir atau saat ovulasi.

    Perubahan suhu tubuh ini terjadi karena hormon estrogen yang meningkat saat ovulasi. Suhu tubuh basal sebelum ovulasi berkisar antara 36,1-36,4ºC.

    Peningkatan suhu basal tubuh pada ovulasi biasanya sekitar 36,4-37ºC. Supaya kenaikan suhu tubuh rata-rata bisa terdeteksi, jangan lupa mengukur dan mencatat perubahan suhu tubuh Ibu di waktu ini secara teratur setiap bulannya.

  2. Nyeri payudara

    Beberapa gejala fisik juga bisa dirasakan oleh Ibu ketika dalam masa subur, salah satunya yaitu muncul rasa nyeri pada payudara. Nyeri yang Ibu rasakan merupakan dampak dari perubahan hormon yang terjadi sebelum dan sesudah masa ovulasi, sehingga sering membuat area payudara menjadi lebih mudah nyeri saat disentuh.

    Baca juga: 3 Tanda Kehamilan Lewat Perubahan Payudara

  3. Perubahan pada serviks dan cairan serviks

    Ketika sudah memasuki masa subur wanita, tubuh akan menghasilkan lebih banyak estrogen. Kondisi ini membuat lendir serviks menjadi lebih lentur dan bening seperti putih telur. Vagina juga akan mengeluarkan lendir lebih banyak dari biasanya.

  4. Sakit ovulasi

    Ciri-ciri masa subur wanita juga ditandai dengan rasa sakit yang amat kuat, seperti ditusuk pada bagian bawah perut. Kondisi ini disebut sakit ovulasi atau dalam dunia medis disebut mittelschmerz.

    Biasanya ciri-ciri masa subur wanita ini muncul tanpa sebab dan secara tiba-tiba yang dialami setiap bulannya. Namun, tidak semua wanita mengalami sakit ovulasi saat memasuki masa subur.

  5. Lebih bergairah 

    Memasuki masa subur wanita, Ibu akan mengalami dorongan seks yang semakin meningkat. Meski demikian, hal ini memang sulit jika hanya dijadikan satu-satunya ukuran, mengingat peningkatan hasrat seksual juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti suasana hati yang ceria.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara menghitung masa subur wanita - ibudanbalita

Setelah memahami ciri-cirinya, masa subur wanita juga bisa diketahui melalui perhitungan dengan cara sebagai berikut:

  • Catat jadwal haid atau menstruasi

    Untuk mengetahui waktu masa subur wanita, Ibu juga dapat mencatat kapan haid atau menstruasi dimulai dan berakhir selama beberapa bulan. Jika siklus haid normal dan teratur, Ibu akan mengalami ovulasi sekitar 14 hari sebelum haid selanjutnya. 

  • Perhatikan waktu perubahan emosi

    Bu, menjelang masa subur wanita biasanya tingkat emosi dapat meningkat dengan signifikan. Satu siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari.

    Masa subur wanita biasanya muncul saat emosi Ibu tiba-tiba melonjak di tengah dua siklus menstruasi berturut-turut. Peningkatan emosi Ibu disebabkan oleh peningkatan kadar hormon reproduksi di antara dua siklus tersebut.

  • Mengukur suhu tubuh tiap hari

    Memperkirakan masa subur wanita bisa dilakukan dengan cara mengukur suhu tubuh secara rutin dengan termometer. Idealnya, hal ini dilakukan pada pagi hari karena sore hari merupakan masa-masa tidak subur.

    Ibu dapat mencatat suhu tubuh pada 10 hari pertama, mulai dari hari pertama masa menstruasi, pada secarik kertas untuk membandingkan perubahan suhu tubuh setiap hari.

    Normalnya, suhu tubuh sebelum masa subur wanita adalah sekitar 35,6-36,7ºC, sedangkan saat masa subur suhu tubuh akan mengalami kenaikan menjadi 36,1-37,2ºC.

  • Alat prediksi kesuburan

    Alat prediksi kesuburan dapat mengukur tingkat hormon pelutein (luteinizing hormone) dalam urine. Umumnya, wanita akan mengalami ovulasi sekitar 10-12 jam setelah hormon pelutein meningkat.

    Jika siklus haid 28 hari, kemungkinan peningkatan hormon pelutein bisa terjadi 14-15 hari setelah haid. Alat ini juga mampu mendeteksi hari paling subur selama masa subur wanita.

Baca juga: 7 Makanan Penyubur Kandungan yang Sehat Bergizi

Masalah Seputar Masa Subur Wanita

Masalah seputar masa subur wanita - ibudanbalita

Ketika menjalani program hamil, Ibu tidak boleh melewatkan kemungkinan adanya masalah seputar masa subur wanita. Ibu perlu mewaspadai hal-hal berikut ini:

  1. Masalah berat badan

    Menurut American Society for Reproductive Medicine, wanita dengan berat badan rendah cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Wanita dengan berat badan berlebih juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal pada tubuh. Maka dari itu, Ibu perlu lebih memerhatikan berat badan agar tetap ideal.

  2. Disfungsi hipotalamus

    Disfungsi hipotalamus ini bisa terjadi ketika ada hormon yang merangsang gangguan masa subur dan ovulasi. Penyebabnya bisa diakibatkan oleh stres fisik atau emosional, serta berat badan yang rendah atau berlebihan.

  3. Kelebihan prolaktin

    Prolaktin merupakan hormon yang berperan penting dalam produksi ASI. Kelebihan hormon ini akan memengaruhi waktu subur wanita yang seharusnya dialami.

  4. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

    Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. PCOS adalah kondisi pembesaran ovarium yang disertai kista kecil berisi cairan yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan mengganggu kesuburan Ibu.

Tips Agar Cepat Hamil

tips agar cepat hamil - ibudanbalita

Sekarang Ibu sudah tahu kapan masa subur berlangsung beserta tanda-tandanya, bukan? Mengetahui kapan datangnya masa subur wanita saja tidak akan menjamin Ibu bisa cepat hamil.

Ibu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar bisa cepat hamil:

  • Mengonsumsi vitamin dan minum susu

    Mengonsumsi berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesuburan, termasuk vitamin, sangatlah penting bagi Ibu dan Ayah yang mendambakan buah hati. Selain itu, berbagai nutrisi dalam susu juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

  • Rutin berolahraga

    Berolahraga adalah kebiasaan sehat yang akan membantu Ibu menjaga kesehatan dan berat badan ideal. Melansir dari WebMD, rutin berolahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan peluang hamil sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan.

    Jika belum terbiasa berolahraga, Ibu bisa mencoba mulai melakukan olahraga yang ringan. Ibu bisa jalan setidaknya 5 menit setiap harinya atau 3,5 jam dalam seminggu.

  • Mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol

    Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menurunkan kesempatan wanita untuk bisa hamil secara normal. Selain itu, kebiasaan ini akan meningkatkan risiko kelainan pada sang calon janin.

  • Berkonsultasi dengan dokter

    Jika ingin cepat hamil, berkonsultasi dengan dokter menjadi langkah bijak dan tepat. Sebab, dokter akan memeriksa kesehatan kedua pasangan untuk memberikan anjuran agar cepat mendapatkan momongan sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Ketiga tips di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya tips agar cepat hamil. Baca lebih lanjut di sini untuk mengetahui apa saja tips cepat hamil yang bisa dilakukan. Penting untuk diingat bahwa selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Perkembangan si Kecil di dalam rahim agar Ibu juga perlu diperhatikan agar tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat. Untuk memudahkan Ibu, fitur Kamus Kehamilan bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba sekarang.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.